Rukun Shalat Yang ke Empat: Membaca Surah Al-fatihah

Rukun Shalat Yang ke Empat: Membaca Surah Al-fatihah
Para pengunjung setia website lbm.mudimesra.com yang dirahmati ALLAH, Sebagai muslim, kita pasti tahu bahwa membaca surah al-fatihah merupakan salah satu rukun shalat yang wajib kita kerjakan. Namun kadang-kadang, ada hal-hal kecil yang belum kita ketahui secara detil tentang rukun shalat yang ke empat ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih detil tentang rukun shalat yang ke empat ini.

Membaca surah al-fatihah wajib dilakukan dalam shalat apa saja, baik shalat wajib, shalat sunat, shalat yang dilakukan secara jihar (mengeraskan suara), secara sir (mengecilkan suara), salat sambil berdiri atau sambil duduk. Baik dengan menghafalnya, mendengarnya dari orang lain, atau dengan cara melihat Al-Qur’an. Berdasarkan hadits rasulullah dalam shahih bukhari, jld. III, hal. 204 (maktabah syamilah) :


لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب
Artinya: “tidak ada (tidak sah –pen) shalat bagi orang yang tidak membaca surah al-fatihah

Sebelum membaca surat al-fatihah, disunnahkan membaca do’a iftitah. Kesunnahan ini berlaku secara umum, baik bagi orang yang shalat sendirian ataupun secara berjama’ah. Disunnahkan membaca do’a iftitah bagi makmum yang mendapati imam masih dalam posisi berdiri sebelum ruku’ dengan syarat si makmum masih sempat membacanya.

bagi orang yang mengerjakan shalat sendirian dan bagi imam yang mengetahui keridhaan makmum, dalam do’a iftitahnya disunnahkan melebihkan bacaan sebagai berikut:

اللهم أنت الملك لا إله إلا أنت سبحانك وبحمدك أنت ربي وأنا عبدك ظلمت نفسي واعترفت بذنبي فاغفر لي ذنوبي جميعا إنه لا يغفر الذنوب إلا أنت وأهدني لأحسن الأخلاق لا يهديني لأحسنها إلا أنت واصرف عني سيئها لا يصرف عني سيئها إلا أنت لبيك وسعديك والخير كله في يديك والشر ليس إليك أي لا يتقرب به إليك وقيل لا يفرد بالإضافة إليك وقيل لا يصعد وإنما يصعد الكلم الطيب والعمل الصالح وقيل ليس شرا بالنسبة إليك فإنك خلقته لحكمة بالغة وإنما هو شر بالنسبة إلى الخلق أنا بك وإليك تباركت وتعاليت أستغفرك وأتوب إليك
Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Raja. tiada tuhan (yang patut disembah -pen) kecuali Engkau. Maha suci Engkau dan terpujilah Engkau. Engkau adalah Tuhan ku dan aku adalah hamba-Mu. Aku telah mendzalimi diriku sendiri dan aku mengakui dosaku, maka ampunilah dosa-dosaku, semuanya. Tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau. Bimbinglah aku untuk menjadi pribadi yang terbaik. Tidak ada yang bisa menjadikan aku sebagai pribadi yang terbaik kecuali Engkau. Jagalah aku dari perbuatan buruk, tidak ada yang dapat menjagaku dari perbuatan buruk kecuali Engkau. Aku memenuhi panggilan-Mu. Seluruh kebaikan berada di tangan-Mu. Dan tidak ada suatu keburukan pun bagi-Mu. Engkau telah menciptakannya dengan hikmah yang besar. Dan hanyasanya, ianya itu merupakan suatu keburukan dalam pandangan makhluq. Aku telah Engkau ciptakan. Dan aku akan kembali kepada-Mu. Engkau maha berkah dan maha tinggi. Aku memho amun dan bertaubat kepada-Mu”.

Dalam membaca surah al-fatihah, ada hal-hal yang wajib diperhatikan dengan seksama agar shalat yang dilakukan sah, mengingat surah al-fatihah merupakan rukun dalam shalat. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah: wajib membaca “basmalah”, karena basmalah merupakan salah satu ayat dari surah al-fatihah. wajib memelihara huruf-huruf dan tasydidnya. Adapun jumlah huruf dalam surah al-fatihah adalah 141 huruf ( jika kita membaca kalimat ملك tanpa Alif), dan jumlah tasydid dalam surah al-fatihah adalah 14. Jadi, bila dijumlahkan huruf dalam surah al-fatihah adalah 155 huruf. Karena tasydid borposisi pada tempat dua huruf.

Bagi orang yang tidak bisa membaca surah al-fatihah, misalnya bagi orang yang tidak punya guru atau tidak punya al-qur’an, maka wajib membaca 7 ayat lain dalam satu surat. Jika tidak mampu, maka wajib membaca 7 ayat lain walaupun tidak dalam satu surat. Jika tidak mampu, maka wajib menggantinya dengan 7 zikir. Sebagaimana pendapat kuat yang dinyatakan oleh Imam al-bughawy. Dan disyaratkan huruf-huruf dari ayat atau zikir pengganti al-fatihah tidak boleh kurang dari huruf-huruf yang terdapat dalam surah al-fatihah. Dan jika seseorang tidak mampu membaca ayat atau zikir sebagai pengganti fatihah, maka yang diwajibkan adalah berdiri sekadar lamanya bacaan surah al-fatihah.

Referensi :
1. Nihayah al-muhtaj ila syarh al-minhaj, jld. I, hal. 472 (dar al-fikr, Beirut)

(وَيُسَنُّ بَعْدَ التَّحَرُّمِ) أَيْ عَقِبَهُ وَلَوْ لِلنَّفْلِ (دُعَاءُ الِافْتِتَاحِ) لِمُنْفَرِدٍ وَإِمَامٍ وَمَأْمُومٍ تَمَكَّنَ مِنْهُ بِأَنْ أَدْرَكَ إمَامَهُ فِي الْقِيَامِ دُونَ الِاعْتِدَالِ وَأَمِنَ فَوْتَ الصَّلَاةِ أَوْ الْأَدَاءِ وَقَدْ شَرَعَ فِيهَا وَفِي وَقْتِهَا مَا يَسَعُ جَمِيعَهَا،

2. Mughni muhtaj ila ma’rifati alfadh al-minhaj, jld, I, hal. 155 (Dar al-fikri, Beirut)

ويزيد المنفرد وإمام علم رضا مقتد به اللهم أنت الملك لا إله إلا أنت سبحانك وبحمدك أنت ربي وأنا عبدك ظلمت نفسي واعترفت بذنبي فاغفر لي ذنوبي جميعا إنه لا يغفر الذنوب إلا أنت وأهدني لأحسن الأخلاق لا يهديني لأحسنها إلا أنت واصرف عني سيئها لا يصرف عني سيئها إلا أنت لبيك وسعديك والخير كله في يديك والشر ليس إليك أي لا يتقرب به إليك وقيل لا يفرد بالإضافة إليك وقيل لا يصعد وإنما يصعد الكلم الطيب والعمل الصالح وقيل ليس شرا بالنسبة إليك فإنك خلقته لحكمة بالغة وإنما هو شر بالنسبة إلى الخلق أنا بك وإليك تباركت وتعاليت أستغفرك وأتوب إليك

3. I’anah al-thalibin, jld. I, hal. 162 (dar al-fikr, Beirut)

(و) مع (تشديدات) فيها، وهي أربع عشرة، لان الحرف المشدد بحرفين.فإذا خفف بطل منها حرف.(و) مع (رعاية حروف) فيها، وهي على قراءة ملك - بلا ألف - مائة وواحد وأربعون حرفا، وهي مع تشديداتها مائة وخمسة وخمسون

4. Hasyiah qulyubi wa ‘umayrah, jld. I, hal. 171 (dar al-fikr, Beirut)

(فَإِنْ جَهِلَ الْفَاتِحَةَ) أَيْ لَمْ يَعْرِفْهَا وَقْتَ الصَّلَاةِ بِطَرِيقٍ، أَيْ تَعَذَّرَتْ عَلَيْهِ لِعَدَمِ الْمُعَلِّمِ أَوْ الْمُصْحَفِ أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ (فَسَبْعُ آيَاتٍ مُتَوَالِيَةٍ) يَأْتِي بِهَا بَدَلَ الْفَاتِحَةِ الَّتِي هِيَ سَبْعُ آيَاتٍ بِالْبَسْمَلَةِ. (فَإِنْ عَجَزَ) عَنْ الْمُتَوَالِيَةِ فَمُتَفَرِّقَةٌ. قُلْت: الْأَصَحُّ الْمَنْصُوصُ جَوَازُ الْمُتَفَرِّقَةِ مَعَ حِفْظِهِ مُتَوَالِيَةً، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ. (فَإِنْ عَجَزَ) عَنْ الْقُرْآنِ (أَتَى بِذِكْرٍ) غَيْرِهِ كَتَسْبِيحٍ وَتَهْلِيلٍ. قَالَ الْبَغَوِيّ: يَجِبُ سَبْعَةُ أَنْوَاعٍ مِنْ الذِّكْرِ، وَقَالَ الْإِمَامُ: لَا. قَالَ فِي الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا: وَالْأَوَّلُ أَقْرَبُ. (وَلَا يَجُوزُ نَقْصُ حُرُوفِ الْبَدَلِ) مِنْ قُرْآنٍ أَوْ ذِكْرٍ (عَنْ الْفَاتِحَةِ فِي الْأَصَحِّ) وَحُرُوفُهَا مِائَةٌ وَسِتَّةٌ وَخَمْسُونَ حَرْفًا بِقِرَاءَةِ مَالِكٍ بِالْأَلِفِ وَالثَّانِي يَجُوزُ سَبْعُ آيَاتٍ أَوْ سَبْعَةُ أَذْكَارٍ أَقَلُّ مِنْ حُرُوفِ الْفَاتِحَةِ، كَمَا يَجُوزُ صَوْمُ يَوْمٍ قَصِيرٍ قَضَاءً عَنْ يَوْمٍ طَوِيلٍ، وَدَفَعَ بِأَنَّ الصَّوْمَ يَخْتَلِفُ زَمَانُهُ طُولًا وَقِصَرًا فَلَمْ يُعْتَبَرْ فِي قَضَائِهِ مُسَاوَاةً، بِخِلَافِ الْفَاتِحَةِ لَا تَخْتَلِفُ فَاعْتُبِرَ فِي بَدَلِهَا الْمُسَاوَاةُ. (فَإِنْ لَمْ يُحْسِنْ شَيْئًا) مِنْ قُرْآنٍ وَلَا ذِكْرٍ (وَقَفَ قَدْرَ الْفَاتِحَةِ) فِي (ظَنِّهِ) وَلَا يُتَرْجِمُ عَنْهَا بِخِلَافِ التَّكْبِيرِ لِفَوَاتِ الْإِعْجَازِ فِيهَا دُونَهُ.

Post a Comment

5 Comments

  1. Assalamualaikum...
    saya mau tanya, apakah boleh membaca surah fatihah dlm hati ?

    dan bagaimana jika seorang makmum mengikuti imam yg tdk membaca basmallah dlm fatihah ?
    apakah boleh niat faraq lgsg, ataupun si makmum sebaiknya berfikir mgkin imam itu membaca basmallah scra sir kmudian di lnjutkan alhamdulillah smpai habis dgn jihar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh

      semua zikir dan doa dalam shalat wajib di baca dengan lisan, membacanya dalam hati saja hukumnya tidak boleh dalam arti bacaan tersebut tidak sah.

      Mengikuti imam yang tidak membaca basmalah, bagi makmum yang bermazhab Syafii tidak sah mengikuti imam yang tidak membaca basmalah ketika membaca fatihah, maka wajib di niat faraq dengan imam tersebut. Bila ada kemungkinan imam tersebut telah membaca basmalah secara sir maka boleh saja mengikutinya karena husnud dhan dengan imam.

      Delete
    2. Assalamualaikum
      Tgk, Gimana Surah Dalam fathu mu'in halaman 138-139 juz 1 tetang rukun yg ke 4 ?
      :)

      Delete
  2. kenapa di mesjidil haram kalau membaca fatihah langsung alhamdulillah bukan basmallah dulu mazhab imam apa itu.

    ReplyDelete