Shalat Jum`at Dari lantai Dua Mabna Al-Aziziyah

ketentuan shalat jamaahMesjid yang terletak dalam komplek Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga merupakan mesjid yang di bangun pada masa kerajaan Islam Aceh oleh Sulthan Iskandar Muda melalui Raja Samalanga, Tun Sri Lanang. Konon kemukiman mesjid ini sangat luas, luasnya sampai ke Peudada.
Dahulu, pada hari kamis orang-orang dari Peudada melakukan perjalanan untuk melaksanakan shalat jum`at dikeesokan harinya di Mesjid tersebut. Kini mesjid tersebut hanya mencakupi beberapa desa, namun ditambah dengan santri dari dua Dayah di kemukiman Mesjid Raya membuat masjid ini tidak sanggup untuk menampung semua jama`ah. Bahkan untuk menampung santri Dayah MUDI saja, mesjid ini tidak mampu.
Dalam kondisi demikian para jamaah jumat harus shalat diberbagai tempat. Diantara tempat yang digunakan untuk shalat adalah beberapa kamar para santri. Bahkan sebagian jamaah terpaksa harus shalat di Lantai dua Mabna Al-Aziziyah.

Pertanyaan:

  1. Bagaimanakah hukum shalat mengikuti imam dari lantai dua Mabna Al-Aziziyah ?
  2. Bagaimana pula hukum mengikuti Imam dari lantai tiga dan lantai empat Mabna Al-Aziziyah?

Jawaban:

  1. Sah mengikuti Imam di Mesjid dari Lantai dua Mabna Al-Aziziyah sebelah timur tangga. Sedangkan lantai 2 Mabna Al-Aziziyah sebelah barat tangga tidak sah.
  2. Tidak sah mengikuti Imam dari lantai tiga dan empat Mabna Al Aziziyah.

Penjabaran Masalah

Keadaan Imam dan makmum berdasarkan tempat ada 4 kemungkinan:
  1. Keduanya berada dalam mesjid.
  2. Keduanya berada diluar mesjid.Pada keadaan yang kedua ini, terdapat 4 macam kemungkinan:
    a) Keduanya berada dilapangan terbuka.
    b) Keduanya berada dalam satu ruangan.
    c) Imam berada dalam ruangan sedangkan makmum berada diluar bangunan.
    d) Imam berada diluar bangunan sedangkan makmum berada di dalam bangunan.
  3. Imam berada dalam mesjid sedangkan makmum berada diluar mesjid.
  4. imam berada diluar mesjid sedangkan makmum berada didalam mesjid
  1. Imam dan Makmum berada dalam satu mesjid.
    Apabila imam dan makmum berada dalam satu mesjid maka makmum sah saja mengikuti Imam walaupun jarak keduanya sangat jauh (lebih dari 300 hasta, ± 145 M), walaupun imam dan makmun berada dalam ruangan yang berbeda, asalkan makmum dapat menuju ke ruangan imam walaupun harus membelakangi kiblat(izwirar wa in`ithaf ). Pintu yang menghubungkan makmum ke tempat imam tersebut boleh terkunci, asalkan tidak dipaku.
    Maka shalat makmum yang berada dibelakang jendela mesjid, bila jendela tersebut berada pada dinding yang bersambung dengan pintu maka sah saja ia mengikuti imam walaupun untuk bisa sampai ketempat imam harus membelakangi arah kiblat (izwirar wa in`ithaf).
    Sedangkan bila dinding tempat jendela tersebut tidak bersambung dengan pintu mesjid dan baru bisa sampai ke tempat imam dengan membelakangi arah kiblat (izwirar wa in`ithaf), maka makmun yang berada dibelakang dinding tersebut tidak sah mengikuti imam yang berada didalam ruang lain.
    Berdasarkan pemahaman diatas, dapat dipahami bahwa makmum yang berada pada teras mesjid samping kiri dan kanan yang pintunya berada tepat ditengah, sah mengikuti imam didalam mesjid walaupun tidak ada pintu lain di bagian depan teras tersebut, karena jamaah pada teras tersebut masih dapat menuju ketempat imam walaupun harus berpaling dari arah kiblat.
  2. Imam dan Makmum berada diluar mesjid.
    Untuk kemungkinan pertama pada point ini (imam dan makmum berada dilapangan terbuka) disyaratkan untuk sah jamaah jarak antara imam dan makmum tidak boleh lebih dari lebih dari 300 hasta (±145 M).
  3. Imam berada dalam mesjid sedangkan makmum berada diluar mesjid.
  4. Imam berada diluar mesjid sedangkan makmum berada didalam mesjid.
Pada point no.2, pada kemungkinan “ b ” (Keduanya berada dalam satu ruangan), “ c “ (Imam berada dalam ruangan sedangkan makmum berada diluar bangunan), dan “ d “ (Imam berada diluar bangunan sedangkan makmum berada di dalam bangunan), point no. 3 dan no. 4, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi untuk sah jamaah, yaitu:
  • Jarak imam dan makmum tidak boleh lebih dari 300 hasta (± 145 M). Perhitungan jarak ini dimulai dari ujung mesjid sampai tempat pihak yang berdiri diluar mesjid, baik imam atau makmum.
  • Tidak ada penghalang antara imam dan makmum, baik penghalang yang menyebabkan makmum tidak bisa melihat imam, atau penghalang yang menyebabkan makmum tidak bisa menuju ke tempat imam.
  • Bila ada penghalang yang yang menyebabkan makmum tidak bisa melihat imam, maka disyaratkan harus ada pintu terbuka yang bisa menghubungkan imam dengan makmum. Selain itu harus ada salah seorang makmum yang berdiri dipintu tersebut untuk melihat imam atau jamaah yang lain.Makmum yang berdiri dipintu tersebut di ibaratkan bagai imam bagi jamaah dibelakangnya, sehingga jamaah dibelakang tidak boleh bertakbiratul ihram sebelum ia bertakbiratul ihram, dan juga jama’ah di belakang tidak boleh berdiri lebih ke depan dari pada makmum yang berdiri di pintu.Apabila pintu yang menghubungkan ke tempat imam tersebut tertutup walaupun tidak digembok maka terhadap makmum dibelakang pintu tersebut tidak boleh mengikuti imam yang ada diruang yang lain.Dalam hal ini dimaafkan apabila ketika shalat sedang berlangsung tiba-tiba pintu tersebut ditutup oleh angin misalnya.
  • Mungkin sampai ketempat imam dengan tidak dengan berpaling arah kiblat (izwirar wa in`ithaf).

Kesimpulan permasalahan

Pada pertanyaan diatas, Imam berada di dalam Mesjid Raya Samalanga, sedangkan makmum berada di Mabna Al Aziziyah lantai 2, maka kasus ini termasuk dalam kategori Imam berada di dalam mesjid sedangkan makmum berada di bangunan lain. Tiga syarat yang harus dipenuhi :
  1. Jarak imam dan makmum tidak boleh lebih dari 300 hasta (± 145 M).
    Jarak Mesjid Raya Samalanga dengan Mabna Al-‘Aziziyah tidak mencapai 145 M.

  2. Tidak ada penghalang antara imam dan makmum yang bisa mencegah untuk melihat imam dan lalu menuju ketempat imam tanpa berpaling arah kiblat (izwirar wa in`ithaf).
    Dari Mabna Al-‘Aziziyah lantai 2 bagian tenggara ( selatan – timur ), jama’ah masih dapat melihat jama’ah lain dalam mesjid, dan dapat menuju ke Mesjid tanpa harus membelakangi kiblat.
    Adapun bagi jama’ah berdiri di lantai 2 Mabna Al-‘Aziziyah tepat di depan tangga, otomatis mereka tidak dapat melihat imam atau jama’ah yang berada di dalam mesjid. Meskipun demikian, mereka dapat menempatkan makmum lain yang berdiri di tangga sebagai penghubung dengan imam.

    Maka mengikuti imam dari lantai 2 Mabna Al-Aziziyah adalah sah, jika memenuhi kriteria di atas.
    Sedangkan lantai 3 dan 4 Mabna Al-‘Aziziyah, untuk turun ke lantai dua, jamaah harus berputar melalui tangga sehingga harus membelakangi kiblat, sehingga tidak sah dari lantai 3 dan 4 Mabna Aziziyah mengikuti imam dalam Mesjid.


Referensi:

1. Hasyiah Bujairimy `ala Manhaj, jilid. 1, hal. 423, cet. Dar Kutub Ilmiyah.

( قوله : نافذة ) أي بحيث يمكن الاستطراق من ذلك المنفذ عادة ولو لم يصل من ذلك المنفذ إلى ذلك البناء إلا بازورار وانعطاف بحيث يصير ظهره للقبلة والانعطاف تفسير للازورار ح ف ( قوله : أغلقت أبوابها ) أي ولو بقفل أو ضبة ليس لها مفتاح ما لم تسمر فيضر الشباك وكذا الباب المسمر بالأولى لأنه يمنع الاستطراق والرؤية قال شيخنا: وإن كان الاستطراق ممكنا من فرجة من أعلاه فيما يظهر لأن المدار على الاستطراق العادي وكذا السطح الذي لا مرقى له من المسجد بأن أزيل سلمه ومن هذا يعلم بطلان صلاة من يصلي بدكة المؤذنين وقد رفع ما يتوصل به منها إلى المسجد ولو كان الشباك في وسط جدار المسجد والمأموم خلفه لم يضر إذا كان متصلا ذلك الجدار بباب المسجد وإن كان لا يصل إلى باب المسجد إلا بازورار وانعطاف بخلاف ما إذا لم يمتد ذلك الجدار بأن كان لا يصل إلى باب المسجد إلا بعد مروره في غير الجدار فيضر حيث لا يصل إلى باب المسجد إلا بازورار وانعطاف ا هـ .ح ل
والذي في ز ي أنه يشترط في المأموم خلف الشباك المذكور وصوله للإمام من غير ازورار وانعطاف من غير تفصيل والفرض أنه خارج المسجد


2. Hasyiah I`anatuth Thalibin, jilid. 2, hal. 26, cet. Toha putra.

فإن كانا بمسجد ) ومنه جداره ورحبته وهي ما خرج عنه لكن حجر لأجله سواء أعلم وقفيتها مسجد أو جهل أمرها عملا بالظاهر وهو التحويط لكن ما لم يتيقن حدوثها بعده وأنها غير مسجد لا حريمه وهو موضع اتصل به وهيىء لمصلحته كانصباب ماء ووضع نعال ( صح الاقتداء ) وإن زادت المسافة بينهما على ثلثمائة ذراع أو اختلفت الأبنية بخلاف من ببناء فيه لا ينفذ بابه إليه سمر أو كان سطحا لا مرقى له منه فلا تصح القدوة إذ لا اجتماع حينئذ كما لو وقف من وراء شباك بجدار المسجد ولا يصل إليه إلا بازورار أو انعطاف بأن ينحرف عن جهة القبلة لو أراد الدخول إلى الإمام (ولو كان أحدهما فيه ) أي المسجد ( والآخر خارجه شرط ) مع قرب المسافة بأن لا يزيد ما بينهما على ثلثمائة ذراع تقريبا ( عدم حائل ) بينهما يمنع مرورا أو رؤية ( أو وقوف واحد ) من المأمومين ( حذاء منفذ ) في الحائل إن كان كما إذا كانا ببناءين كصحن وصفة من دار أو كان أحدهما ببناء والآخر بفضاء فيشترط أيضا هنا ما مر فإن حال ما يمنع مرورا كشباك أو رؤية كباب مردود وإن لم تغلق ضبته لمنعه المشاهدة وإن لم يمنع الاستطراق ومثله الستر المرخى أو لم يقف أحد حذاء منفذ لم يصح الاقتداء فيهماوإذا وقف واحد من المأمومين حذاء المنفذ حتى يرى الإمام أو بعض من معه في بنائه فحينئذ تصح صلاة من بالمكان الآخر تبعا لهذا المشاهد فهو في حقهم كالإمام حتى لا يجوز عليه في الموقف والإحرام ولا بأس بالتقدم عليه في الأفعال ولا يضرهم بطلان صلاته بعد إحرامهم على الأوجه كرد الريح الباب أثناءها لأنه يغتفر في الدوام ما لا يغتفر في الابتداء

حاشية اعانة الطالبين

(وقوله: اجتماعهما) حاصل الكلام على ما يتعلق بهذا الشرط، أن لاجتماعهما أربع حالات
الحالة الاولى: أن يجتمعا في مسجد
الحالة الثانية: أن يجتمعا في غيره، وهذه تحتها أربع صور، وذلك لانهما إما أن يجتمعا في فضاء، أو في بناء، أو يكون الامام في بناء والمأموم في فضاء، أو بالعكس
الحالة الثالثة: أن يكون الامام في المسجد، والمأموم خارجه
الحالة الرابعة: بعكس هذه
ففي الاولى يصح الاقتداء مطلقا وإن بعدت المسافة بينهما، وحالت أبنية واختلفت، كأن كان الامام في سطح أو بئر، والمأموم في غير ذلك.لكن يشترط فيها أن تكون نافذة إلى المسجد نفوذا لا يمنع الاستطراق عادة، كأن كان في البئر مرقى يتوصل به إلى الامام من غير مشقة. ولا يشترط هنا عدم الازورار والانعطاف، ولا يكفي الاستطراق من فرجة في أعلى البناء، لان المدار على الاستطراق العادي.ولا يضر غلق أبوابها، ولو ضاع مفتاح الغلق، بخلاف التسمير، فيضر.وعلم أنه يضر الشباك الكائن في جدار المسجد، فلا تصح الصلاة من خلفه، لانه يمنع الاستطراق عادة.وخالف الاسنوي فقال: لا يضر، لان جدار المسجد منه. وهو ضعيف، لكن محل الضرر في الشباك إذا لم يكن الجدار الذي هو فيه متصلا بباب المسجد، ويمكن الوصول منه إلى الامام من غير ازورار وانعطاف.
فإن كان كذلك فلا يضر.وقال ح ل: متى كان متصلا بما ذكر لا يضر، سواء وجد ازورار وانعطاف أو لا.وفي الصورة الاولى من الحالة الثانية يشترط لصحة القدوة قرب المسافة بأن لا يزيد ما بينهما على ثلاثمائة ذراع.وفي الصور الثلاث منها يشترط - زيادة على ذلك - عدم حائل يمنع مرورا أو رؤية أو وقوف واحد حذاء منفذ في الحائل إن وجد.ويشترط - في الواقف - أن يرى الامام أو بعض من يقتدي به.وحكم هذا الوقف حكم الامام بالنسبة لمن خلفه، فلا يحرمون قبله، ولا يسلمون قبله. وعند م ر: يشترط أن يكون ممن يصح الاقتداء به، فإن حال ما يمنع ذلك أو لم يقف واحد حذاء منفذ فيه بطلت القدوة.وفي الحالة الثالثة والرابعة يشترط فيهما أيضا ما ذكر، من قرب المسافة، وعدم الحائل، أو وقوف واحد حذاء المنفذ


Baca juga:

Post a Comment

5 Comments

  1. Assalamu'alaikum, syukron ada uraian ttg masalah ini tgk. Berdasarkan uraian di atas ada beberapa pertanyaan terkait yg ingin kami tanyakan?
    1. Bagaimana dengan makmum yg salat di lantai yg berbeda dengan imam namun masih bagian daripada masjid? Untuk menuju ke tempat imam makmum harus membelakangi kiblat
    2. Bagaimana dengan makmum yg berbeda lantai dengan imam namun salah satu lantai dianggap bukan masjid? Misal di beberapa masjid hanya lantai 1 atau 2 saja yg dihitung masjid, sedangkan lantai yg lain dianggap bukan masjid sehingga orang haid atau junub bisa dan sering berdiam lama disana, dan ketika makmum ingin menuju ke tempat imam juga harus membelakangi kiblat
    3. Bagaimana dengan makmum yg salat diluar masjid, sedangkan imam berada di lantai 2 ? Untuk menuju ke lantai 2 makmum harus membelakangi kiblat
    4. Apakah sah menjadikan televisi sebagai alat untuk melihat imam? Di beberapa masjid yg berbeda lantai mereka menggunakan tv sebagai alat untuk melihat imam karena saf pertama ditiap lantai dibuat sejajar dan tidak berlubang.
    Mungkin sekian tgk, hal ini kami dasarkan atas pengalaman kami salat di beberapa masjid. Kebetulan di tempat kami hal demikian adalah lazim berhubung perumahan yg sangat rapat bahkan menempel dengan dinding masjid jadi keterbatasan lahan adalah masalah utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam

      1. Bila masih dalam satu mesjid maka boleh mengikuti imam dalam ruangan yang berbeda dengan syarat masih bisa sampai ke tempat imam walaupun untuk sampai ke sana harus dengan membelakangi kiblat.

      2. Bila Imam atau makmum berada dalam ruangan lain baik berbeda lantai atau tidak, maka syarat untuk sah mengikuti imam adalah harus bisa sampai ke tempat imam dengan tidak membelakangi kiblat dan juga harus terlihat imam atau salah satu makmum yang lain.

      3. Bila makmum di luar mesjid maka baru sah mengikuti imam apabila bisa sampai ke tempat imam tanpa membelakangi kiblat saat masih di luar mesjid. Sedangkan bila berpaling dari kiblat terjadi saat di dalam mesjid (misalnya pada tangga dalam mesjid saat menuju tk 2) maka masih boleh mengikuti imam.

      4. Televisi tidak sah menjadi imam. menggunakan televisi di depan sah saja namun patokan sah ikutnya bukan pada televisi tersebut, syaratnya tetap apabila bisa sampai ke tempat imam walaupun harus dengan membelakangi kiblat maka sah ikut imam sedangkan bila tidak sampai ke tempat imam maka tidak sah.

      Delete
  2. Sedikit lagi tgk, dari penjelasan di atas yang dimaksud dengan "berpaling dari kiblat" sehingga menyebabkan tidak sah salat, apakah hanya membelakangi/mempunggungi kiblat atau termasuk juga dengan merubah arah hadap dada dari kiblat walau hanya sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud berpaling di sini adalah membelakangi kiblat ; arah punggung ke kiblat, dalam kitab di ibaratkan dengan izwirar wa in'ithaf. Sedangkan menyamping kiblat tidak di katakan sebagai izwirar.

      Kejadian izwirar yg di bicarakan di sini bukan di dalam shalat tetapi maksudnya bila seandainya pergi ke tempat makmum di luar shalat maka bisa sampai dengan berjalan secara adat dan tidak sampai harus membelakangi kiblat..

      Delete
  3. Alhamdulillah, teurimong gaseh kpd beurayeuk gure dan tgk2 lbm mudimesra

    ReplyDelete