Download Kitab Syarah Minhaj ath-Thalibin

Minhaju ath-Thalibin
Salah satu kitab Mukhtashar fiqh dalam Mazhab Syafii yang sangat populer adalah Kitab Minhaju ath-Thalibin karangan Waliyullah Quthub Imam Nawawi, seorang ulama besar dalam mazhab Syafii yang mencapai derajat Mujtahid Tarjih. Kitab Minhaj merupakan ringkasan dari kitab al-Muharrar karangan Syaikhul Islam Imam Abdul Karim bin Muhammad al-Qazwaini ar-Rafii (wafat 623 H). Kitab Minhaj mendapat sambutan luar biasa dari para ulama sepanjang masa. Banyak para ulama menaruh perhatian terhadap kitab Minhaj ini, baik dengan mensyarahnya, meringkas, menggubahnya dalam bentuk nadham. Syarah-syarah atas kitab Minhaj kemudian di perluas oleh para ulama lain dengan memberikan komentar-komentar (hasyiah). Sampai sekarang, kitab Minhaj ath-Thalibin beserta syarah-syarahnya masih menjadi rujukan utama dalam Fiqh Syafi’iyah. Di antara sekian banyak syarah-syarah kitab Minhaj tersebut, sebagian besarnya sudah tidak di cetak dan bahkan banyak juga yang naskah-naskah saja sudah tidak di ketahui di mana ada.

Berikut ini beberapa link download file kitab syarah-syarah Minhaj ath-Thalibin yang kami ketahui linknya. Insya Allah bila kami temukan yang lain akan kami tambahkan kembali.

Tuhfatul Muhtaj beserta Hawasyi Syarwani dan Ubadi
1. Tuhfatul Muhtaj beserta Hawasyi Syarwani dan Ubadi. Kitab Tuhfah di karang oleh Syeikhul Islam Ibnu Hajar al-Haitami (wafat 974 H) Beliau menyelesaikan syarahan ini dalam waktu relatif cepat yaitu hanya 10 bulan. Kitab Tuhfah ini di sertai dengan hasyiah dari dua ulama besar; Syeikh Abdul Hamid asy-Syarwani (wafat 1301 H) dan Syeikh Ibnu Qasim al-‘Ubadi (wafat 994 H) sehingga di kenal dengan Hawasyi Syarwani wa ‘Ubadi (10 jilid cetakan Dar Fikr). Untuk mendownload file kitab ini silahkan ke:
Format pdf; https://archive.org/details/haasiyaH_Assyarwaniy cetakan Musthafa Mahmud /cetakan lama.


Nihayatul Muhtaj
2. Nihayatul Muhtaj karangan seorang Ulama besar Mazhab Syafii yang selevel dengan Imam Ibnu Hajar yaitu Syeikhul Islam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Ramli (wafat 1004 H) yang bergelar Imam Syafii shaghir, beliau anak dari Syeikh Islam Syihabuddin Ahmad Ramli yang di kenal sebagai Imam Ramli Kabir. Kitab Nihayah ini di sertai dengan Hasyiah karangan Syeikh Abi Dhiya` Nuruddin Ali bin Ali asy-Syabramallisi (wafat 1087 H) dan hasyiah Syeikh Ahmad Abdur Razaq ar-Rasyidi (wafat 1096 H) terdiri dari 8 jilid. Cet. Dar Kutub Ilmiyah
Format Syamela; http://shamela.ws/index.php/book/3565 (versi syamela ini sesuai halamannya dengan versi pdfnya)


Mughni Muhtaj
3. Mughni Muhtaj Karangan Syeikh Syamsuddin Muhammad bin Khatib asy-Syarbini (wafat 977 H). Beliau adalah murid dari Syaikhul Islam Syihab Ramli (Imam Ramli Kabir) ayahanda dari Imam Ramli Shaghir pengarang Kitab Nihayatul Muhtaj. Kitab Mughni Muhtaj ini sering di jadikan sebagai pembantu dalam mengkaji dan memahami kitab al-Mahalli syarah Minhaj, karena pembahasan kitab Mughni Muhtaj juga banyak membahas perbandingan pendapat dalam mazhab Syafii.




Kitab al-Mahalli
4. Kanzur Raghibin karangan Syaikhul Islam Imam Jalal al-Mahalli (wafat 864 H) yang lebih populer dengan kitab al-Mahalli. Kitab ini menjadi kitab pelajaran kurikulum di semua pesantren di Nusantara terutama di Aceh bagi para pelajar fiqh tingkat Aliyah. Kitab al-Mahalli banyak menguraikan perbedaan pendapat ulama mazhab Syafii, sehingga kitab ini bisa di katakan sebagai kitab perbandingan dalam mazhab. Kitab al-Mahalli ini di beri hasyiah oleh dua ulama besar; Syihabuddin Ahmad bin Ahmad bin Salamah al-Qalyubi (wafat 1069 H) dan Syihabuddin Ahmad Barlisi al-‘Umairah (wafat 957 H). Kitab ini terdiri dari 4 jilid
Format PDF; https://archive.org/details/WAQ60017 (cetakan al-Halabi, Mesir, tahun 1959)

Empat Kitab Syarah Minhaj di atas adalah merupakan syarah Minhaj yang terbaik dan yang lumrah di pakai sampai saat ini di seluruh lembaga pendidikan yang mengkaji kitab Minhaj dan Syarahnya.


Najmul Wahhaj fi Syarh Minhaj
5. Najmul Wahhaj fi Syarh Minhaj karangan Imam Kamaluddin Abi baqa` Muhammad bin Musa ad-Damiri (wafat 808 H) terdiri dari 8 jilid cetakan Dar Minhaj. Pada awal jilid 1 cetakan ini juga di sertakan kitab al-Ibtihaj Fi Bayan Ishtilah Minhaj karangan Sayyid Ahmad bin Abi Bakar Smith al-Alawi al-Hadhrami (wafat 1343 H) dan Kitab Sullam Muta’allim al- Muhtaj ila Ma’rifah Rumuz al-Minhaj karangan Sayyid Ahmad al-Maiqiry al-Ahdal (wafat 1390 H) keduanya merupakan kitab yang menerangkan tentang istilah-istilah kitab Minhaj Imam Nawawi.

عجلة المحتاج
6. ‘Ujalah al-Muhtaj karangan Imam Sirajuddin Abi Hafash Umar bin Ali bin Ahmad yang lebih di kenal dengan nama Ibnu Mulaqqin (wafat 804 H) cetakan dar Kitab, Jordan, tahun 2001. terdiri dari 4 jilid. Sebenarnya Imam Ibnu Mulaqqin juga mengarang beberapa kitab yang merupakan syarah bagi kitab Minhaj, antara lain sebuah kitab syarah Minhaj yang beliau namai dengan ‘Umdah al-Muhtaj ila Kitab al-Minhaj. Namun sampai sekarang kami belum menemukan kitabnya baik asli maun dalam bentuk digital. 
Untuk Kitab ‘Ujalah al-Muhtaj Bisa di download di link di bawah ini
Format PDF; https://archive.org/details/zad35   (4 jilid) cetakan Dar Kitab, Jordan Cet. Tahun 2001
Format Syamela; belum kami temukan. 


سراج الموهاج

7. Siraj al-Wahhaj karangan Syeikh Muhammad Zuhri al-Ghamrawi (wafat 1337 H). Kitab ini adalah Syarah Minhaj yang ukurannya lumayan kecil di bandingkan dengan syarah-syarah yang lain (hanya satu jilid). Mushannifnya memang sengaja mengarangnya di karenakan syarah kitab Minhaj yang telah ada sebelumnya merupakan syarah-syarah yang besar dan tebal. Maka beliau mencoba mengarang sebuah syarah Kitab Minhaj yang lebih ringkas. 




زاد المحتاج بشرح المنهاج

8. Zad al-Muhtaj bi Syarh Minhaj karangan ulama zaman ini Syeikh Abdullah bin Syeikh Hasan al-Kuhaji (lahir 1318 H). Beliau berasal dari Propinsi Kuhaji, Iran, pada usia ke 35 tahun beliau adalah menetap di Makkad dan mengambil ilmu dari para ulama Makkah seperti Syeikh Ali al-Maliky, Syeikh Abbas al-Maliky, kakek dari Sayyid Muhammad Alawi al-Maliky. pada akhirnya beliau kembali ke kampung halamannya dan mengajar di sana. Kitab Zad Muhtaj terdiri dari 4 jilid sebagian besarnya beliau kutip dari kitab Mughni Muhtaj karangan Khatib Syarbini.
Format Syamela; belum kami temukan.


Selain di syarah, kitab Minhaj juga di ringkas. Diantara ringkasan kitab Minhaj yang terkenal adalah Kitab Manhaj karangan Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari (wafat 926 H). Selanjutnya Kitab Manhaj tersebut beliau syarah sendiri dengan nama Fathul Wahab bi Syarh Manhaj Thulab. Selanjutnya kitab fathul Wahab ini di beri hasyiah oleh beberapa ulama, yang terkenal adalah Hasyiah Bujairimi dan Hasyiah Jamal. Berikut link Download kedua kitab tersebut. 

  1. Hasyiah Bujairimi `ala Syarah Manhaj karangan Syeikh Sulaiman bin Muhammad al-Bujairimi al-Mishri asy-Syafii (wafat 1221 H) terdiri dari 4 jilid. Kitab ini juga sering di pakai untuk memahami kitab Fathul Wahab. Format PDF; https://archive.org/details/madhab_001_201312  Format Syamela; http://shamela.ws/index.php/book/21603 
  2. Fithuhul Wahhab bi Taudhih Syarah Manhaj yang lebih di kenal dengan nama Hasyiah Jamal. Kitab ini di karang oleh Syeikh Sulaiman bin Umar al-Manshur al-Ujaili al-Azhary (wafat 1204 H). terdiri dari 5 jilid. Sistem penulisan kedua kitab ini hampir sama. Format PDF; https://archive.org/details/futuhat_alwahhab  . Format Syamela; http://shamela.ws/index.php/book/21598
selain itu para ada juga para ulama yang mengarang kitab khusus untuk memahami istilah-istilah Imam Nawawi dalam Kitab Minhaj ath-Thalibin antara lain kitab Sullam Muta'allim dan Kitab al-Ibtihaj.

Post a Comment

5 Comments

  1. Izin Download ustazuna..
    Mantap..
    http://sunnatuna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Ustaz tolong dimuat kitab tasauf karangan imam ghazali...yaitu kitab sirajutthalibin.... agar bisa di donwload....
    Syukran jazila....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini kami belum menenukan link untuk download kitab Sirajud Thalibin..

      Delete
  3. Mobile app development company in udaipur
    Android smartphones dominate the market around the world.

    Unlike iOS, the Android ecosystem is a highly fragmented environment, with many different flavours and versions of devices and operating systems created by many different hardware providers.

    AppSenor Corp has an in-depth understanding of the unique requirements and conventions of this platform, and our team is experienced in delivering Android apps that are used by millions of people. The apps we produce are designed specifically to have flexible user interfaces that can accommodate the wide variety of devices, screen sizes and resolutions, which is essential to the Android platform.
    http://appsenor.com

    ReplyDelete