Download Kitab Tuhfatul Ikhwan Fi Qiraah al-mi'ad Rajab wa Sya'ban

Salah satu kitab yang menjadi rujukan para ulama ketika membahasa seputar bulan Rajab dan Sya'ban adalah kitab Tuhfatul Ikhwan Fi Qiraah al-mi'ad Rajab wa Sya'ban karangan Imam Syihabuddin Ahmad al-Hijazi al-Fasyani (wafat 987 H). Abuya Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliky dalam kitab beliau Maza fi Sya'ban juga mengutip dari kitab ini.
Isi kitab ini antara lain menerangkan Kelibahan Basmalah, kelebihan bulan Rajab, isra` dan mi`raj, kelebihan shalat fardhu, kelebihan shalat jamaah, kelebihan bulan Sya'ban, Fadhilah Nisfu Sya'ban, Fadhilah Taqwa, kelebihan bulan Ramadhan, kelebihan malam Qadar, kelebihan zakat fithrah, hakikat kematian, tanda-tanda kiamat, dan beberapa masalah sekitar hari kebangkitan.

Sedikit tentang biografi pengarang.
Nama beliau Imam Syihabuddin Ahmad al-Hijazi al-Fasyani. Beliau sempat berguru kepada Imam Syamsu Ramli, pengarang Nihayatul Muhtaj, Imam Khatib Syarbaini pengarang kitab Mughni Muhtaj.

Karangan beliau yang lain adalah :
  1. Kitab Majalis Sunniyah, syarah Arba'in Nawawiyah. Kitab ini merupakan salah satu kitab kurikulum di dayah-dayah di Aceh.
  2. Tuhfatul Habib Fi Syarh Ghayah Taqrib
  3. Tuhfatul Ikhawan fi ilm al-Farh wa al-Ahzan
  4. Qaladah Jauhariyah fi Syarh Nadham Ajurrumiyah
  5. al-Ibtihaj fi Syarh Nadham Faraidh al-Minhaj
  6. Ghayah Muram fi Bayan al-Mukaffirat
  7. Mawahib ash-Shamad fi Hall al-fadh az-Zubad
Sebelumnya kami pernah mencari file kitab ini di internet, namun yang kami dapatkan hanyalah file naskah tua yang banyak tulisannya sudah kabur. Alhamdulillah, sekarang sudah ada file pdfnya yang lumanyan bagus.

Bagi yang menginginkan file kitab ini silahkan di DOWNLOAD DI SINI

Post a Comment

6 Comments

  1. Assalamualaikum..
    Alhamdulillah yg tiada terhingga saya merasa sengat terbantu dengan adanya aplksi android dn web dari lbm mudi mesra, tmpat bertanya dan menuntut ilmu, trutama bagi saya yg sekarang berada diluar aceh..
    Mudah2an ALLAH SWT selalu melimpahkan rahmat dn kesehatan kepada Abu Mudi dan guru2 serta pengurus2 lembaga ini,,dan kepada semua umat islam...

    Oa mudah2an lbm ini lebih ditingkatkan lagi,,terutama untuk kitab2 yang disajikan,,
    Krna untuk kitab2 yg disajikan masih belum bisa dibaca di hp android,,
    Untuk link downloadnya juga kadang2 masih error..
    Mungkin ini cman saran saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikum salam

      Terima kasih atas masukannya..Insya Allah akan kamu usahakan..kebanyakan kitab yang kami upload dalam dalam format pdf, kalau hp

      untuk link kitab di atas coba di coba klik ini Download kitab Tuhfatul Ikhwan

      Delete
  2. Saya ingin menanyakan tentang hukum salat,,..
    1.bgaimanakah hukumnya shalat bermakmum pada imam yg bacaannya tidak fasih..??
    2.bolehkah kita bermakmum pada imam yg muhammaddiyah, bgaimna hukum salat kita sah dan mandapat phala jamaah,,atau tidak..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Kalau sampai bacaan fatihahnya cedera yang di sebut dengan ummi, maka bagi orang yang bacaannya benar tidak boleh mengikuti imam tersebut, kecuali imam dan makmum sama cedera fatihahnya pada huruf yang sama, misalnya sama tidak bisa mengucapkan huruf Ra.
      Sedangkan bila tidak fasih dengan pengertian, bacaannya tidak seberapa tepat makhraj dan sifat hurufnya namun tidak sampai merusak fatihah maka masih sah mengikutinya...

      2. Masalah mengikuti imam yang berpaham muhammadiyah atau wahabi, bisa bapak baca dalam postingan kami di Mengikuti Imam yang ahli bid'ah

      Delete
  3. Iya alhdllh udah bisa,,,
    Terimakasih...
    Oa untk pertnyaan saya mhon pencerahannya...!!

    ReplyDelete