Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Azab Dan Nikmat Kubur Bagi Jenazah Yang Tenggelam Di Laut.

Deskripsi masalah:

Nikmat kubur merupakan karunia yang diberikan Allah bagi hamba-hambanya yang patuh terhadapNya, begitu juga dengan azab yang akan diberikan Allah bagi hamba-hamba yang melanggar perintah-Nya.

Pertanyaan:

Bagaimanakah Allah menyiksa atau memberi nikmat jenazah yang tidak dimakamkan..?

Nikmat dan azab kubur akan Allah berikan kepada roh namun demikian Allah akan memberi nikmat kepada si mayit walau badannya telah hancur lebur atau tenggelam dalam laut, juga Allah akan memberi nikmat kepada si manyit walau tubuhnya telah hancur atau dimakan serigala karna hal tersebut secara logika merupakan sesuatu yang mungkin dan wajib dipercaya dan dipatuhi.
Adapun yang sering kita dengar-dengar ‘’azab kubur dan nikmat kubur’’ itu karena dilihat kebiasaan, namun secara hakikat setiap manyit yang disiksa oleh Allah atau yang diberikan nikmat maka dimanapun mayit itu berada tetap akan tersiksa atau mendapatkan nikmat walau tidak dimakamkan.

و عذاب القبر للروح والبدن ولا يمنع من ذالك كون الميت قد تفرقت أجزاؤه أو أكلته السباع أو حيتان البحر أو نحو ذالك، فإن ذلك أمر ممكن عقلا وقد ورد به الشرع فوجب إعتقاده وقبوله—-(تنبيه) إنما أضيف العذاب والنعيم إلى القبر لأنه الغالب وإلا فكل ميت أراد الله تعالى عذابه أو نعيمه ناله ما أراده له قبر أو لم يقبر أو يقال قبر كل ميت بحسبه.

Tanwirul Qulub, hal 59 Cet Al-hidayah.

Tuhfatul Murid (syarah jauharah tauhid), hal 100 cet Toha Putra.


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Azab Dan Nikmat Kubur Bagi Jenazah Yang Tenggelam Di Laut.