Hukum Makmum Yang Ketinggalan Bacaan Al-Fatihah Karena Bacaan Sunat

Deskripsi Masalah:

Seorang terlambat datang shalat jama'ah, kebetulan terhubung dengan imam disaat imam membaca surat. Saat imam rukuk orang terlambat ini belum sempurna membaca fatihah disebabkan pertama kali ia terhubung dengan Imam sibuk dan fokus dengan bacaan sunat (doa iftitah)

Pertanyaan :

Bagaimana hukum masbuk yang menyibukkan dirinya dengan sunnah ketika berdiri padahal imam hampir ruku'?

Jawaban:

Hukum masbuq yang menyibukkan dirinya dengan sunnah ketika berdiri ialah wajib baginya untuk membaca alfatihah dengan ukuran yang dibaca terhadap sunnah tersebut, kalau telah membaca alfatihah dan sempat mengejar imam pada ruku', maka ia mendapatkan rakaat tersebut. kalau tidak memperdapatkan imam pada ruku', maka rakaat tersebut tidak dihitung sebagai satu rakaat, serta jangan ruku' lagi tetapi langsung mengikuti imam untuk sujud, kalau tidak, maka batal shalatnya.

Not: Masbuq adalah orang yang tidak memperdapatkan beserta imam zaman yang muat membaca alfatihah pada rakaat pertama atau menurut definisi yang lain pada setiap rakaat.

I'anah al-Thalibin, Juz 1 hal 139 Cet, Haramain

(قوله: ولو تأخر مسبوق ولم يشتغل بسنة) أي كدعاء الافتتاح، فإن اشتغل بها فسيأتي للشارح بيان حكمه في باب صلاة الجماعة. وحاصله أنه يجب عليه أن يقرأ من الفاتحة بقدر ما قرأه من السنة، فإن قرأه وأدرك الإمام في الركوع فقد أدرك الركعة، فإن لم يدركه فيه فاتته الركعة ولا يركع، لأنه لا يحسب له بل يتابعه في هويه للسجود وإلا بطلت صلاته.

 



Posting Komentar

0 Komentar