Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Profil Lajnah Bahtsul Masail MUDI Mesjid Raya Samalanga

Lajnah Bahtsul Masail MUDI Mesjid Raya Samalanga merupakan suatu lembaga resmi di LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga yang lahir sebagai tindakan lanjut dari pelaksanaan Mubahatsah ‘Ulama yang diikuti oleh para alumni dan para ‘ulama lain yang biasanya diadakan setiap tahun bertepatan dengan acara haul Tgk. H. ‘Abdul ‘Aziz (Abon MUDI / Pimpinan LPI MUDI periode 1958 M-1989 M).
Sebelum terbentuk sebagai satu lembaga di LPI MUDI, beberapa santri yang dinilai berbakat dalam penguasan kitab kuning mengadakan bedah masalah yang dipandu oleh beberapa guru yang biasanya dilakukan pada malam Jum`at. Hal ini dikarenakan pada malam Jum`at tidak ada kegiatan belajar di kelas dan sebagai gantinya, para santri bergabung dalam kabilahnya masing-masing sambil membaca dalail dan berlatih orasi/pidato.

Setahun setelah wafatnya Abon ‘Abdul ‘Aziz, tepatnya pada haul wafat beliau yang pertama para alumni yang telah menjadi ulama-ulama besar dalam kesempatan tersebut membahas beberapa masalah agama. Mubahatsah para alumni tersebut terus berlanjut setiap tahunnya pada setiap haul Abon.
Namun, mubahatsah ini belum menjadi agenda resmi yang dilaksanakan pada setiap Haul Abon sehingga kadang-kadang dalam beberapa kesempatan tidak diadakan mubahatsah.
Pada tahun 2005 kegiatan mubahatsah para alumni kembali digalakkan dan dijadwalkan sebagai agenda resmi pada setiap pelaksanaan Haul Abon.

Dalam hal persiapan bahan mubahatsah, para guru di LPI MUDI yang terlebih dahulu mempersiapkan, mengkaji dan meneliti bahan-bahan yang akan dimubahatsahkan nantinya. Dalam pengkajian tersebut tidak jarang para guru ini berkunjung ke beberapa ‘ulama pimpinan pondok pesantren lainnya untuk mencari pencerahan dari setiap kemusykilan ‘ibarat kitab kuning yang sedang dikaji.

Bertepatan dengan pelaksanaan Haul Abon ‘Abdul ‘Aziz yang ke-XXI tepatnya tahun 2010 M, Abu MUDI selaku pimpinan LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga dan Yayasan Al-Aziziyah meresmikan Lajnah Bahtsul Mastail LPI Mudi Mesra (LBM Mudi Mesra).
LBM Mudi Mesra merupakan LBM yang pertama di Aceh yang didirikan sebagai sebuah lembaga khusus. Lajnah Bahtsul Masail MUDI Mesjid Raya langsung berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al-aziziyah (YPIA) bertanggung jawab kepada pimpinan Yayasan Abu Mudi. Untuk mendukung kerja, untuk lembaga ini diberikan satu ruang khusus yang dilengkapi pustaka LPI Mudi dan perlengkapan kebutuhan lain.

Pada awal dibentuk para anggota LBM masuk melakukan aktifitas mereka bermusyawah membahas setiap masalah pada waktu setelah dhuhur. Namun karena dirasa waktu setelah dhuhur sangat singkat, sehingga sangat sering sekali masalah belum tuntas namun azan Ashar telah berkumandang, maka jadwal masuk musyawarah anggota LBM diganti dengan waktu pagi pukul 08.00-11.00

LBM Mudi juga dipercayakan oleh sebagian kalangan pesantren dan para ulama lain sehingga sering kali para pesantren yang ingin mengadakan bahtsul Mastail ataupun seminar maka LMB Mudi sering kali diminta bantu untuk mempersiapkan bahan baik pengumpulan nash kitab dan hal-hal lain. LBM Mudi juga dipercayakan untuk mengisi pengajian-pengajian tanya-jawab di sekitar Kab.Bireun. Biasanya setiap kemusykilan yang timbul dari kalangan dayah akan dilemparkan untuk di bahas oleh LBM.

Saat ini LBM juga mengasuk sebuah website dan fans page fb sebagai sarana nasyr `ilm bagi masyarakat luas. Website http://lbm.mudimesra.com, adalah web yang dikelola oleh anggota lbm Mudi, isi yang akan kami tampilkan sebagai posting di disini adalah mengenai masalah seputar agama baik fiqh, tauhid dan tasawuf, baik masalah hasil musyarawah anggota lbm, maupun masalah yang lain yang dianggap penting untuk dimasukkan dalam website ini. Selain masalah menyajikan hukum, website lbm juga menyajikan profil para ulama, doa-doa dan wirid dan download kitab-kitab dan hal-hal lain yang dirasa perlu.

Untuk masalah fiqh, lbm Mudi Mesra, pada dasarnya berpegang pada Mazhab Imam Syafii, sehingga semua hukum fiqh yang dibahas dan disebutkan adalah atas dasar Mazhab Syafii dan berdasarkan pendapat yang kuat dalam mazhab. Pengutipan pendapat dhaif dalam Mazhab akan kami sertai dengan pemberitahun bahwa pendapat tersebut adalah pendapat dhaif, yang biasanya masih dalam taraf bisa di amalkan untuk pribadi (amal binfasih). Sedangkan bila ada pendapat yang didasarkan Mazhab yang lain akan diberi tahu dan disebutkan bahwa pendapat tersebut berdasarkan Mazhab Maliki, Hanafi atau Hanbali.

Sebagai sebuah lembaga peneliti hukum agama, maka mutlak diperlukan referensi kitab mu`tabarah yang banyak untuk menjawab setiap permasalahan dan menemukan jawaban dari setiap kemusykilan. Kini pihak LBM masih berusaha menambah koleksi referensi kitab mu`tabarah baik dari kalangan mazhab Syafii maupun kitab-kitab diluar mazhab. Oleh karena itu bila ada pihak yang ingin memperkaya pustaka Lajnah Bahtsul Mastail LPI Mudi dengan pengadaan kitab mu`tabarah maka kami menerimanya

Jazakumullhu Khairal Jaza.

Lajnah Bahtsul Masail Lembaga Pendidikan Islam Mahadal Ulum Diniyah Islamiah.
Alamat: Jln. Iskandar Muda, Km 1,5 Desa Mediun Jok, Mesjid Raya, Kec. Samalanga, Kab.bireuen, Aceh.

URL:
http://lbm.mudimesra.com
http://fb.lbm.mudimesra.com
http://tw.lbm.mudimesra.com
http://gplus.lbm.mudimesra.com
Email: lbm@mudimesra.com

lbm MUDI mesra
Profil Lajnah Bahtsul Masail MUDI Mesjid Raya Samalanga Updated at :