Hikmah Ziarah ke Makam Rasulullah SAW

 


Setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti suatu saat nanti akan meninggalkan dunia ini. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengatakan bahwa “tidak ada yang kekal di dunia ini kecuali kematian”. Ketika manusia meninggal maka akan dimakamkan ditempat pemakaman yang telah ditentukan. Sementara itu, bagi keluarga yang ditinggalkan pasti akan merasakan kesedihan yang mendalam karena kehilangan anggota keluarganya. Kemudian beberapa bulan atau satu tahun sekali, keluarga yang telah ditinggalkan akan melakukan ziarah kubur. Ketika akan melakukan ziarah kubur, maka kita berdoa agar senantiasa almarhum dan almarhumah mendapat tempat terbaik disisi Allah SWT.


Maka Pengertian dari ziarah ialah kunjungan ketempat yang yang dianggap mulia dan lain sebagainya. Disaat kita menziarahi makam seseorang, kita pun akan teringat pada kematian dan juga akan Nampak kekuasaan Allah SWT. 

Namun, bagaimana keutamaannya kalau yang kita ziarahi itu makam manusia yang paling mulia dimuka bumi ini ? apa-apa saja hikmah menziarahi makam Rasulullah SAW ? tentu sangatlah banyak,  karena Rasulullah merupakan manusia yang sangat mulia dan petunjuk bagi jalan yang benar.


Maka dengan menjaga kemuliaannya yang dimiliki oleh Rasulullah, dalam agama diperintahkan untuk ziarah makamnya Rasulullah dan Raudhah, karena Raudhah merupakan salah satu dari kebun syurga. Maka kita tidak boleh mengatakan bahwa ziarah itu tidak ada keutamaanya, karena ziarah pada masa hidup dan waktu meninggal sangat lah besar mamfaatnya.


Rasulullah bersabda dalam satu hadis:

مَنْ زارني بعد موتي فكأنّما زارني في حياتي

siapa saja yang menziarah makamku, maka seolah-olah dia menziarah aku pada masa hidupku.


Dari hadis ini terpahami bahwa sangatlah besar mamfaat atau hikmah menziarahi makam Rasulullah SAW. 


Dalam hadis yang lain rasul SAW juga pernah bersabda :

مَنْ جَاءَنِي زَائِرَاً لَا يهمه إِلَّا زِيَارَتِي، كَانَ حَقَّاً عَلَيَّ الله سبحانه أَنْ أَكُون لَهُ شَفِيعَاً 

Siapa saja yang menziarahiku dengan tujuan baik, maka nanti dihari kiamat aku pasti akan memberi syafa’at kepada dia.


Maka Sebagian dari kemulian dan kehormatan orang menunaikan haji ialah sesudah melakukan segala kewajiban-kewajibannya, lalu mereka menziarahi makam Rasulullah lalu berdo’a dengan harapan semoga segala dosanya diampuni oleh Allah serta selamat bisa pulang lagi ke tempat tinggalnya.


Maka inilah sedikit uraian bagaimana hikmah menziarahi makam manusia yang paling mulia dimuka bumi ini yaitu Rasulullah SAW.


Semoga kita yang membaca tulisan ini bisa menziarahi ke makam Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam. AMIN …



REF: HIKMATU AT-TASYRIK, HAL 112. CET: DKI.


Posting Komentar

1 Komentar