Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

‘idul Asbu’, 'idul Adha dan 'Idul Fitri di Dunia (Part 1)

Kelebihan Hari Jumat

Umat islam punya Dua hari lebaran, yaitu hari lebaran di dunia dan akhirat, Hari lebaran umat islam di dunia terbagi lagi kepada tiga hari, yaitu Satu hari yang berulang-ulang dalam seminggu dan dua hari lagi hanya ada sekali dalam setahun. Adapun hari lebaran umat islam yang berulang-ulang dalam seminggu adalah hari Jumat. Hari jumat adalah hari kemenangan dan penyempurnaan bagi oarng yang mengerjakan shalat lima waktu dalam seminggu tersebut. hal ini terjadi karena Allah Swt mewajibkan shalat lima waktu sehari dan semalam dalam tujuh hari tujuh malam, di saat perputaran hari tersebut telah sampai kepada bilangan tujuh, maka Allah menyempurnakannya dengan hari jumat. Kenapa disempurnakan dengan hari jumat? Karena hari jumat adalah hari kesempurnaan bagi makhluk ciptaan Allah, pada hari tersebut Allah menciptakan Nabi Adam, memasukkannya ke surga dan bahkan pada hari jumat pula Allah mengeluarkan nabi Adam dari surga. Hari jumat juga merupakan hari datangnya kiamat dan hari umat islam berkumpul untuk mendengar nasihat, berzikir bahkan untuk shalat jumat. Karena itulah Allah memilih hari jumat sebagai hari lebaran bagi umat islam dalam seminggu, karena itulah pula Allah Melarang untuk berpuasa hanya pada hari jumat tanpa bersambung dengan hari lain. Dalam satu riwayat juga disebutkan kalau hari shalat jumat merupakan haji bagi orang miskin.

Sa’id Bin Musayyab pernah mengatakan:” menghadiri sjalat jumat lebih aku sukai dari haji yang sunat. Bersegera pergi shalat jumat sama pahalanya seperti memberikan hadiah, orang yang paling duluan mengahdiri jumat sama seperti memberi hadiah Unta, kemudian kerbau, dan berturut-turut kambing, ayam dan terakhir telur. Orang yang yang mengahadiri jumat akan terhapus dari dosa hingga jumat yang akan datang dengan catatan tidak melakukan dosa besar. Seperti haji yang mabrur akan membersihkan segala dosa pada tahun tersebut hingga haji yang akan datang.

Dalam satu riwayat disebutkan:’’apabila selamatlah hari jumat, maka selamatlah hari-hari yang lain”. Dalam hadis lain juga disebutkan kalau pada hari jumat Allah akan mengampuni dosa hambanya yang islam. Dalam hadis sahih juga disebutkan, kalau nabi Saw, pernah bersabda:” matahari tidak akan pernah terbit dan terbenam pada hari yang lebih baik dari hari jumat”. Nabi saw juga pernah bersabda :” Di sisi Allah, hari jumat lebih baik dari hari idul fitri dan idul adha”.

Inilah Hari jumat, hari ‘idul Asbu’ bagi orang-orang yang menyempurnakan shalat lima waktu. Shalat lima waktu merupakan rukun islam terbaik sesudah dua kalimah syahadat. Karena demianlah, sangat dianjurkan untuk memperbnayak amlan apa saja pada hari jumat, karena kelebihan dan berlipat gandanya pahala. Wallahua’lam.


Al Imam Al hafidh Zainuddin Abi Faraj, Abdurrahman Bin Ahmad Bin Rajab Al Hanbali Ad-Damsyiq, Lataiful Ma’arif, Hal 480-481.



Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk ‘idul Asbu’, 'idul Adha dan 'Idul Fitri di Dunia (Part 1)