Mengenal Rukun Iman

Rukun Iman
Rukun Iman artinya pilar atau tiang iman seorang mukmin. Maka seseorang yang belum ada rukun iman tersebut pada dirinya maka ia tidak termasuk sebagai orang mukmin/muslim tetapi masih di golongkan sebagai kaum kafir yang kekal dalam neraka. Rukun iman ada 6. Ke enam rukun iman tersebut telah terangkum dalam jawaban Rasulullah dalam sebuah hadist ketika ditanyakan oleh malaikat Jibril:
فأخبرني عن الإيمان قال أن تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسله واليوم الآخر وتؤمن بالقدر خيره وشره
Maka khabarkan padaku tentang iman, Rasulullah berkata: Iman adalah bahwa kamu beriman kepada Allah dan malaikatNya, segala kitabNya, dan RasulNya dan hari akhirat serta kamu beriman dengan qadar baik dan buruk.(H.R. Imam Muslim)

Dalam hadits tersebut terkandung enam rukun iman. Yaitu :
  1. Beriman kepada Allah
  2. Beriman kepada MalaikatNya
  3. Berimat kepada KitabNya
  4. Beriman kepada RasulNya
  5. Beriman kepada Hari kiamat
  6. Beriman kepada Qadha dan Qadhar Allah, baik baik maupun buruk.

Pengertian iman secara harfiah adalah tasdiq (membenarkan). Sedangkan makna iman pada istilah syara` adalah tashdiq bil qalbi/membenarkan dengan hati seluruh hal yang diketahui berasal dari agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW dan juga mengakuinya dengan lisan.

Penjelasan lebih lanjut tentang setiap rukun Iman tersebut akan kami sajikan dalam postingan selanjutnya..Semoga Allah menyampaikan maksud kami. Amiin

Post a Comment

1 Comments

  1. Artikel yang bermafaat...
    Untuk bertambah ilmu.
    http://sunnatuna.blogspot.com/

    ReplyDelete