Perbedaan Antara Talaq dan Fasakh

Bila kita tinjau dari makna yang terkandung secara bahasa, maka kita akan mendapati adanya persamaan antara fasakh dan talaq, yaitu sama-sama berfungsi untuk memutuskan hubungan suami istri. Namun, perlu kita ketahui bahwa terdapat beberapa hal yang membedakan keduanya. Bila kita tinjau dari segi kepemilikan, maka talak dimiiki oleh suami, sementara fasakh dimiliki oleh keduanya. Artinya, talak hanya sah dilakukan oleh suami, sementara fasakh boleh dilakukan oleh keduanya.
Di sisi lain, juga terdapat empat perbedaan yang membedakan keduanya, yaitu:
1. Fasakh tidak mengurangi bilangan talaq, sementara talaq mengurangi bilangannya.
2. Fasakh sebelum bersetubuh (karena aib), tidak mewajibkan mahar, sementara talak sebelum bersetubuh mewajibkan setengah mahar.
3. Fasakh sesudah bersetubuh mewajibkan mahar misil, sementara talak sesudah bersetubuh mewajibkan mahar musamma ( mahar yang disebutkan dalam aqad nikah).
4. Fasakh yang terjadi disebabkan karena aib yang beriringan dengan aqad nikah tidak mewajibkan nafakah, walaupun istri hamil. Sementara talak yang terjadi disebabkan karena aib yang beriringan dengan aqad, maka mewajibkan nafakah.

Referensi:
1. I’anatut thalibin, juz. 3, hal. 383 (darul fikri)
(اعلم) أن الفسخ يفارق الطلاق في أربعة أمور:
الأول أنه لا ينقص عدد الطلاق فلو فسخ مرة ثم جدد العقد ثم فسخ ثانيا وهكذا لم تحرم عليه الحرمة الكبرى، بخلاف ما إذا طلق ثلاثا فإنها تحرم عليه الحرمة المذكورة ولا تحل له إلا بمحلل.
الثاني إذا فسخ قبل الدخول فلا شئ عليه، بخلاف ما إذا طلق فإن عليه نصف المهر.
الثالث إذا فسخ لتبين العيب بعد الوطئ لزمه مهر المثل، بخلاف ما إذا طلق حينئذ فإن عليه المسمى.
الرابع إذا فسخ بمقارن للعقد فلا نفقه لها وإن كانت حاملا، بخلاف ما إذا طلق في الحالة المذكورة فتجب النفقة.

Post a Comment

2 Comments

  1. Assalamu'alaikum tgk neu tulong per jelas secara detail poin 2,3,4 di long kurung Meu Phom tgk, Terimong Geunaseh

    ReplyDelete
  2. 2. menye tapasah nikah segalom watak, maka hana payah bayeu jeulame, pasah bisa gara2 na aib.
    sedangkan menye ta taleuk segalom watak, wajeb bayeu seteungoh jelame.
    3. menye ta pasah leuh watak, wajeb bayeu jeulame misil, yaitu jeulame pasaran geukalen keu saudara jih atau mak jih. sedangkan taleuk leuh watak wajeb bayeu bandum jeulame yang geuseubut lam akad nikah.
    4. pasah leih akad nikah hana payah bayeu nafakah, walaupun ineng hamil, tapi menye taleuk wajeb nafakah leuh ta taleuk, yaitu dalam masa iddah ineng,

    ReplyDelete