Obat Hati

Di dalam kehidupan manusia hati mempunyai peranan yang sangat penting, karena baik buruknya semua yang dilakukan oleh seorang hamba sangat dipengaruhi oleh hati. Jika hati seseorang itu baik maka baik pula akhlaknya, begitu pula sebaliknya, sebagaiman sabda Rasulullah SAW“ Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik makan seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati ( H.R. Bukhari dan Muslim )
Oleh karena itu sudah selayaknya bagi kita untuk selalu menjaga hati agar tetap bersih dan sehat sebagaimana kita berupaya untuk menjaga kebersihan jasmani/ fisik kita, yaitu dengan mengetahui kemudian menghilangkan berbagai kotoran serta penyakit yang terdapat di dalam hati, agar hati selalu bersih dan baik berikut ada 5 tips sebagai penawar hati Menurut Sayyid Al-Jaliil Ibrahiim al-Khawwash dalam kitab Al Azdkar:

1. Membaca al-Quran dengan merenunginya
2. Mengosongkan perut dengan berpuasa
3. Bangun malam dengan beridah kepada Allah
4. Merendahkan diri pada Sang Pencipta Alam disepertiga malam
5. Bergaul dengan orang-orang shalih dan pilihan

- Al-Adzkar juz 1 Hal 107 Maktabah Syamilah

السيد الجليل صاحب الكرامات والمعارف، والمواهب واللطائف، إبراهيم
الخوَّاص رضي الله عنه: دواء القلب خمسة أشياء: قراءة القرآن بالتدبر، وخلاء البطن، وقيام الليل، والتضرّع عند السحر، ومجالسة الصالحين.


Post a Comment

0 Comments