Zikir—Zikir Yang Mujarab Menghilangkan Kesusahan Dan Kesedihan


Sebagai insan biasa kita pasti pernah mengalami perasaan sedih dan susah. perasaan ini kadang-kadang disebabkan hal tertentu, bahkan kadang dia datang tanpa alasan. Pernah kadang kita merasa sedih dan susah namun kita tidak tau apa penyebabnya.

Ada banyak cara untuk menghilangkan perasaan ini, salah satunya adalah dengan memperbanyak zikir. Hal ini dapat kita pahami dari firman Allah dalam Al-Qur'an surah Arra'du ayat 28: 

‎الا بذكر الله تطمئن القلوب 

Artinya: "Ingatlah hanya dengan berzikir hati menjadi tentram’’.  

Di dalam kitab Azzaiq wa al-Hamm karangan Habib Muhammad bin Alwi al-Aydrus disebutkan beberapa zikir mujarab yang  dapat mengobati kesedihan. Zikir-zikir tersebut adalah sebagai berikut:


1. Membaca لا اله الا انت سبحانك اني كنت من الظالمين

Diriwayatkan dari sa’ ad bin Abi Waqas ra, dari Nabi SAW beliau bersabda: 

‎دعوة ذي النون في بطن الحوت ،لااله الاانت سبحانك اني كنت من الظالمين ، ما من عبد مسلم قط وهو مكروب الا استجاب الله دعاءه     

Artinya: Doa nabi Yunus di dalam perut ikan adalah lailahalilla anta subhanaka inni Kuntu minazzalimin, tidak seorang pun dari hamba yg muslim sedang didalam keadaan sumpek kecuali Allah penuhi semua permintaanya  (HR .Bukhari Muslim).

Sebagian yang mujarab untuk mengobati kesusahan dan kesedihan adalah istiqamah membaca zikir ini sebanyak 41 kali sesudah shalat subuh dengan tidak terputus.


2. Membaca لاحول ولا قوة الا بالله

Nabi Muhammad SAW bersabda : “ siapa saja yang membaca lahawla Walaquwwata illa Billah maka ia akan menjadi obat dari 99 penyakit,  yg paling ringan adalah hilangnya kesusahan” HR. Tabrani.


3. Memperbanyak Istigfar 

Sebagian dari sebab paling besar hilangya kesusahan adalah istigfar, banyak sekali Nash Berupa ayat dan hadis yang menjelaskan hal tersebut. Nabi SAW bersabda:

‎من لزم الاستغفار

‎جعل الله لكل هم فرجا ولكل ضيق مخرجا و يرزقه من حيث لايحتسب

Artinya :” Barang siapa melazimkan istigfar maka Allah akan menjadikan kelapangan bagi setiap kesedihan dan jalan keluar bagi setiap kesempitan dan Allah akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka sangka” HR.Abu Daud,imam nasai dan Ibnu Majah.


4. Berwuzuk

Al imam Al habib Umar bin saqqaf assaqqaf berkata:” ketahuilah bahwa sebagian daripada yg dapat menghilangkan susah dan sedih dan melapangkan dada dan menyehatkan badan adalah membersihkan badan dan berwuzuk dengan sempurna,yaitu wuzuk dengan mengikuti Sunnah nabi


5. Memperbanyak Shalawat kepada Nabi SAW

Sebagian yang paling utama untuk menghilangkan sedih dan susah adalah bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Ubai bin Ka’ab, “Aku bertanya: ‘Wahai Rasulullah, aku hendak memperbanyak shalawat kepadamu berapa banyakkah aku harus bershalawat kepadamu?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Berapa saja sekehendakmu.’ Aku katakan: ‘Seperempat?’ Maka Rasulullah SAW menjawab: ‘Terserah engkau, dan jika engkau menambahnya, maka itu adalah suatu kebaikan bagimu.’ Aku katakan: ‘Setengah?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Terserah engkau, dan jika engkau menambahnya, maka itu adalah sebuah kebaikan bagimu.’ Aku katakan: ‘Dua pertiga?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Terserah engkau, dan jika engkau menambahnya, maka itu adalah sebuah kebaikan bagimu.’ Aku katakan: ‘Aku akan menjadikan shalawat kepadamu seluruhnya.’ Rasulullah SAW bersabda: ‘Jika demikian, maka semua keinginanmu terpenuhi, dan dosamu akan diampuni." HR Tirmizi dan Hakim.

Selain dari zikir di atas juga banyak zikir- zikir lain yang ampuh untuk mengobati perasaan susah dan sedih, seperti yang dijelaskan oleh Habib Muhammad bin Alwy Al-Aydrus dalam kitabnya al-Dhaiq wa al-Hamm, seperti membaca:

‎فرج عني يا الله، فرج عني يا الله

Disebutkan bahwa barang siapa membaca ليس لها من دون الله كاشفة sebanyak 1153 kali dengan niat yang ikhlas karena Allah dan dengan bertawassul kepada ruh para guru- guru maka akan tercapai apa yang di harapkan, tertolong dari musuh dan terlepas dari kezaliman.


Rujukan:

Kitab al-Dhaiq wa al-Hamm, Karangan Habib Muhammad bin Alwy Al-Aydrus


Tonton Juga:

Abi Mudi : Hijrah Dari Lupa Kepada Zikir



Posting Komentar

0 Komentar