Perbedaan Akad Ijarah dan Ju'alah


Ilmu fiqh merupakan salah satu ilmu dari tiga ilmu yang wajib dipelajari selain dari ilmu tasawuf dan tauhid supaya kita tahu bagaimana cara beribadah yang benar kepada Allah Swt dan bagaimana kita bermuamalah dengan sesama manusia.

 Di dalam pondok pesantren ilmu fiqh adalah ilmu yang sering didalami oleh penuntut-penuntut ilmu karena permasalahan dalam ilmu fiqh cukup banyak dan sering berubah-ubah dengan sebab berubahnya masa. Oleh sebab itu dengan kita mengetahui tentang ilmu fiqh insya Allah kita bisa menjawab persoalan-persoalan yang terjadi di kalangan masyarakat.

Dalam pembahasan ilmu fiqh tentang mu’alamat adanya sedikit perbedaan antara akad ijarah dan akad ju’alah. Ijarah secara etimologi adalah upah atau ongkos, dan secara terminologi adalah transaksi memberikan kepemilikan manfaat dengan adanya ongkos dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Sedangkan jualah secara etimologi adalah sesuatu yang diberikan kepada seseorang karena telah mengerjakan sesuatu pekerjaan dan secara terminologi ju'alah adalah tetapnya ongkos atau upah yang diketahui diatas orang yang mutlaq tasharruf bagi orang tertentu atau tidak karena mengerjakan pekerjaan yang tertentu atau yang tidak diketahui.

Di dalam kitab bujairimi terdapat beberapa perbedaan antara ijarah dan ju'alah :

1. Akad ju'alah boleh dilakukan di atas pekerjaan yang tidak diketahui ,akad ijarah tidak boleh

2. Sah ju'alah bagi orang yang tidak ditentukan

3. Tidak mensyaratkan qabul amil pada ju’alah

4. Ijarah adalah akad lazim sedangkan ju'alah adalah akad yang jaiz 

5. Bagi amil yang melakukan akad ju'alah tidak boleh mengambil upah atau ongkos kecuali sesudah selesai melakukan pekerjaan 

Referensi : 

Hasyiah Al-Bujairimi Ala Syarhi Al-Manhaj, Juz 3 Hal 240 Cet. Dar Al-Fikri

قوله ( وعلم عامل ولو مبهما إلخ ) فالجعالة تفارق الإجارة من أوجه جوازها على عمل مجهول وصحتها مع غير معين وعدم اشتراط قبول العامل وكونها جائزة لا لازمة وعدم استحقاق العامل الجعل إلا بالفراغ من العمل فلو شرط تعجيل الجعل فسد العقد واستحق أجرة المثل، فَإن سلمه بلا شرط امتنع تصرفه فيه قبل الفراغ من العمل فيما يظهر ويفرق بينه وبين الإجارة بأنه ثم ملكه بالعقد وهنا لا يملكه إلا بالعمل ولو قال من رد عبدي فله درهم قبله بطل العقد قاله الغزالي اه من كتاب الدرراه شرح م ر.و تفارقها ايضا في اشتراط عدم الوقت 

Posting Komentar

0 Komentar