Asal Mula Disyariatkan Membaca سمع الله لمن حمده pada Ruku'


Shalat adalah sebuah ibadah yang sangat agung dan mempunyai kedudukan yang sangat tinggi disisi Allah. Dalam Ibadah shalat terdapat beberapa syarat dan rukun yang harus dikerjakan supaya shalat yang kita kerjakan diterima oleh Allah SWT. Salah satu rukun shalat adalah i'tidal ( bangun dari ruku' ), ketika bangun dari ruku' disunnahkan untuk membaca سمع الله لمن حمده  baik itu bagi imam, makmum ataupum bagi yang shalat sendirian.

Al-Muhaqqiq Al-'Allamah Syekh Al-Syarqawi meriwayatkan sebuah kisah di dalam kitabnya Hasyiah Asy-Syarqawi 'ala Syarh At-Tahrir mengenai hikmah membaca سمع الله لمن حمده  sebagai berikut .

والحكمة في مشروعية ذلك ان الصديق رضي الله تعالى عنه لم تفته صلاة خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم قط فجاء يوما وقت صلاة العصر وظن انها فاتته معه فاغتنم ذلك وهرول وكان ذلك قبل النهي عن الهرولة لها ودخل المسجد فوجده صلى الله عليه وسلم مكبرا في الركوع فقال الحمد لله وكبر خلفه صلى الله عليه وسلم فنزل جبريل والنبي صلى الله عليه وسلم في الركوع فقال يامحمد سمع الله لمن حمده فقل سمع الله لمن حمده فقالها عند الرفع من الركوع وكان قبل ذلك يركع بالتكبير ويرفع به فصارت سنة من ذلك الوقت ببركة ابي بكر رضي الله عنه

Artinya : Alasan disyariatkan membaca سمع الله لمن حمده adalah bahwasanya Abu Bakar Ash-Shiddiq RA sama sekali tidak pernah tertinggal shalat berjama'ah di belakang Rasulullah SAW. Hingga pada suatu hari pada saat shalat Ashar, Abu Bakar Ash-Shiddiq  RA menyangka sudah tertinggal shalat berjamaah bersama Rasulullah SAW sehingga Abu bakar RA sangat bersedih dan segera bergegas masuk masjid sebelum ada larangan demikian. 

Kemudian sampai di mesjid, beliau mendapati Rasulullah SAW sedang ruku’ , lalu beliau mengucap: "Alhamdulillah" kemudian langsung takbiratul ihram dan shalat di belakang Rasulullah SAW. lalu turun Malaikat Jibril saat Nabi sedang ruku' seraya berkata: "Allah mendengar orang yang memujinya. Ucaplah سمع الله لمن حمده  lalu Nabi mengucapkannya ketika bangun dari ruku'.

Sebelum kejadian ini, setiap bangun dari ruku' disunnahkan untuk membaca takbir juga. Dengan sebab kejadian pada Abu Bakar RA, mulai dari hari itu disunnahkan untuk membaca سمع الله لمن حمده ketika bangun dari ruku'.


Referensi : 

Hasyiah Asy-Syarqawi 'ala Syarh At-Tahrir, Juz 1 hal 205

Cet. Haramain


Lihat juga :

Abina Abdul Muhaimin

Keindahan Dibalik Takdir Allah



Posting Komentar

0 Komentar