Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Download Kitab ittihaf al-Kainat bi Bayan Mazhab as-Salaf wa al-Khalaf fi al-Mutasyabihat

ittihaf al-Kainat bi Bayan Mazhab as-Salaf wa al-Khalaf fi al-MutasyabihatSalah satu permasalahan aqidah yang gencar di bicarakan saat ini adalah masalah sifat-sifat allah pada nash-nash mutasyabihat. Kaum mujassimah sangat gencar
mengkampanyekan supaya nash-nash tersebut tetap di artikan secara dhahirnya walaupun melazimi kepada tasbih dan tajsim (keyakinan Allah berjisim). Dalam hal ini keyakinan Ahlus sunnah wal Jamaah sangat jelas yaitu tafwidh setelah tafsir ijmali dan takwil sebagaimana yang telah kami uraikan dalam tulisan kami sebelumnya.
Untuk menanggapi masalah pemahaman tentang nash mutasyabihat ini para ulama telah banyak memberikan penjelasan dalam kitab-kitab mereka, baik kitab yang di karang khusus membicarakan masalah mutasyabihat maupun kitab yang pembahasannya lebih umum.
Syeikh Mahmud Khatab
Syeikh Mahmud Khatab

Salah satu kitab yang khusus membahas seputar tentang takwil dan tafwidh nash mutasybihat adalah kitab ittihaf al-Kainat bi Bayan Mazhab as-Salaf wa al-Khalaf fi al-Mutasyabihat karangan seorang ulama besar Ustad Kabir Syeikh Mahmud Muhammad Khatab as-Subki (w. 1352 H). Dalam kitab ini Syeikh Mahmud Khatab menolak pemahaman kaum mujassimah yang mengatakan Allah di berada di atas langit duduk di atas Arasy. Pada pembahasan istiwa’ dan yad tidak kurang dari dua puluh penjelasan ulama besar yang beliau bawakan. Demikian juga pada masalah fauqiyah (Allah di atas) tak kurang dari 30 penjelasan para ulama terdahulu yang beliau bawakan.

Nah bagi yang ingin mendownload kitab ini silahkan, KLIK DI SINI dalam format pdf.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

1 komentar untuk Download Kitab ittihaf al-Kainat bi Bayan Mazhab as-Salaf wa al-Khalaf fi al-Mutasyabihat

wa`alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh.

Untuk saat ini kami belum menemukan terjemahan kitab ini, baik dalam bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa Inggris, Insya Allah kalau kami temukan akan kami infokan.