Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Pembagian Hadits Dari Aspek Penyandaran Berita





Yang di maksud dengan penyandaran berita adalah berita yg ada di dalam hadis itu disandarkan kepada siapa saja, apakah kepada nabi atau kepada Allah swt. Dari sisi ini maka Hadis terbagi kepada Nabawi dan Qudsi.

1. Hadis nabawi.

Hadits Nabawi adalah ucapan nabi, perbuatan, persetujuan, ataupun sifatnya. Pada hadis Nabawi, sumber berita adalah nabi, maka disebut hadis Nabawi. Beliau tidak menyandarkan pemberitaan itu kepada Allah, walaupun hakikatnya Nabi tidak pernah mengucapkan sesuatu atau melakukannya kecuali bersumber dari wahyu yang di datang dari Allah. Fungsi wahyu yang ada pada hadis Nabawi umumnya adalah memberikan penjelasan terhadap wahyu yang lain yaitu kandungan Al-Qur an. Penjelasan tersebut bisa merupakan wahyu yang langsung diterima oleh Nabi, dan bisa juga hasil ijtihad Nabi yang selalu dikawal oleh wahyu, karena ijtihad Nabi tidak pernah salah.

2. Hadis Qudsi

Hadis Qudsi adalah ucapan Nabi yang di sandarkan kepada Allah swt. dari segi yang ucapan tersebut berasal dari nabi maka dinamakan hadis, namun karena ucapan itu disandarkan  Nabi kepada Allah maka dinamakan Qudsi, karena makna Qudus Zat yang Maha Suci.

Demikianlah, pembahagian Hadis berdasarkan penisbatan sacara itlaq, maksudnya tanpa melihat kepada  sumber keluarnya Hadis tersebut, apakah dari Rasulullah SAW. atau Allah SWT. wallahua'lam.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Pembagian Hadits Dari Aspek Penyandaran Berita