Beberapa Perkara yang Menyalahi Adat


Salah satu perkara yang menyalahi adat disebut Mu’jizat, sebenarnya perkara yang menyalahi adat bukan hanya Mu’jizat,tapi banyak perkara-perkara lain yang menyalahi adat, baik menyalahi adat dengan untuk memuliakan atau bukan, beberapa perkara tersebut yaitu:
1. Mu’jizat : adalah sesuatu yang menyalahi kebiasaan dan disertai dengan dakwaan kerasulan ditambah tidak ada yang menandingannya. Seperti keluarnya air dari jari-jari Nabi Saw.
2. Karamah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan dan terdapat pada orang shalih. Seperti banyak kejadian menyalahi adat yang masyhur terjadi pada waliyullah.
3. Ma'unah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan yang terjadi pada orang awam sebagai pertolongan Allah baginya untuk terlepas dari kemudharatan.
4. Istijraj : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan bagi orang fasik karena tipuan bagi mereka. Seperti orang yang bertambah kekayaannya dengan selalu berbuat maksiat.
5. Ihanah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan untuk menampakkan kebohongan seseorang. Seperti Musailamah Al-kazzab yang meludah untuk menyembuhkan sebelah mata yang buta, tetapi menyebabkan buta mata yang masih sehat (menyebabkan buta kedua matanya).Wallahua'lam.

Sumber : Tuhfatul Murid Syarah Jauharah Tauhid hal.83

Post a Comment

0 Comments