Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Beberapa Perkara yang Menyalahi Adat


Salah satu perkara yang menyalahi adat disebut Mu’jizat, sebenarnya perkara yang menyalahi adat bukan hanya Mu’jizat,tapi banyak perkara-perkara lain yang menyalahi adat, baik menyalahi adat dengan untuk memuliakan atau bukan, beberapa perkara tersebut yaitu:
1. Mu’jizat : adalah sesuatu yang menyalahi kebiasaan dan disertai dengan dakwaan kerasulan ditambah tidak ada yang menandingannya. Seperti keluarnya air dari jari-jari Nabi Saw.
2. Karamah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan dan terdapat pada orang shalih. Seperti banyak kejadian menyalahi adat yang masyhur terjadi pada waliyullah.
3. Ma'unah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan yang terjadi pada orang awam sebagai pertolongan Allah baginya untuk terlepas dari kemudharatan.
4. Istijraj : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan bagi orang fasik karena tipuan bagi mereka. Seperti orang yang bertambah kekayaannya dengan selalu berbuat maksiat.
5. Ihanah : adalah suatu yang menyalahi kebiasaan untuk menampakkan kebohongan seseorang. Seperti Musailamah Al-kazzab yang meludah untuk menyembuhkan sebelah mata yang buta, tetapi menyebabkan buta mata yang masih sehat (menyebabkan buta kedua matanya).Wallahua'lam.

Sumber : Tuhfatul Murid Syarah Jauharah Tauhid hal.83

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Beberapa Perkara yang Menyalahi Adat