Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Download Kitab Idhah Dalil fi Qath’i Hujaj Ahli at-Ta’thil karangan Ibnu Jamaah

Kitab Idhah Dalil fi Qath’i Hujaj Ahli at-Ta’thil karangan Ibnu Jamaahكتاب إيضاح الدليل في قطع حجج أهل التعطيل
Salah satu topik pembicaan dengan kaum wahabi adalah pembahasan tentang nash-nash mutasyabihat. Para ulama Ahlussunnah sepakat ada dua metode yang ditempuh oleh ulama dalam memahami nash mutasyabihat. Ulama salaf mentafwidhkannya; yaitu menyerahkan pemahamannya kepada Allah setelah memalingkannya dari makna dhahir (takwil ijmali). Sedangkan ulama khalaf, setelah memalingkan nash tersebut dari makna dhahir, mereka menentukan salah satu makna yang cocok dengan kecusian Allah sebagai tuhan (takwil tafshili).

Sedikit tulisan kami tentang topik ini bisa di baca di Takwil dan Tafwidh menurut Ulama Salaf dan Khalaf dan  Mengapa ulama Khalaf melakukan takwil?
 Sedangkan kaum wahabi, mereka bersikeras memaknai nash tersebut secara dhahir dan hakikat tidak boleh ditakwil sama sekali, kemudian untuk menghindari diri terjatuh dalam kaum mujassimah secara shareh, mereka mengatakan tanpa mengetahui tamsil dan kaifiyat. Namun mereka juga tak dapat menghindar harus mentakwil beberapa nash mutasyabihat seperti surat al-Hadid ayat 4, Thaha ayat 46, surat Qaf ayat 16, al-Baqarah ayat 19 dll. Inilah kebingungan kaum wahabi dalam memahami nash mutasyabihat. Menolak takwil secara mutlak pada sebagian nash dan terpaksa menerapkan takwil pada sebagian nash yang lain.

Kitab Idhah Dalil merupakan salah satu kitab yang bagus untuk memahami nash mutasyabihat tersebut. Kitab ini dikarang oleh Syaikhul Islam Muhammad bin Ibrahim bin Sa’dullah bin Jamaah yang lebih dikenal dengan Ibnu Jamaah (639 H- 728 H)
Dalam kitab ini Imam Ibnu Jamaah menjelaskan bagaimana pemahaman ulama salaf dan khalaf. Selanjutnya beliau menerangkan satu persatu nash-nash mutasyabihat dalam al-quran dan hadits disertai takwilnya berdasarkan ulama khalaf.

Kitab ini ditahqiq oleh seorang ulama Suria, Syeikh Wahbi Sulaiman Ghawaji al-Bani (bukan al-Bani salafi/wahabi). Pentahqiq juga menguraikan dengan panjang lebar dalam muqaddimahnya tentang topik ini.
Bagi yang ingin memiliki file pdf kitab ini silahkan di download di SINI , atau langsung ke Archive sedangkan file syamelanya (box) bisa di download di SINI, atau langsung ke web syamela

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Download Kitab Idhah Dalil fi Qath’i Hujaj Ahli at-Ta’thil karangan Ibnu Jamaah