Hal-Hal Yang Membatalkan Shalat (Bagian 1)

  • Berbicara
Berbicara yang dimaksud dalam bab ini bukan dalam arti berdialog dengan orang lain, melainkan mengucapkan satu huruf yang memiliki makna atau dua huruf walaupun tidak mempunyai makna. Menurut pendapat yang kuat, berdehem, menangis, ketawa, merintih dan meniup juga termasuk dalam ucapan yang dapat membatalkan shalat jika menimbulkan dua huruf meskipun suara tersebut disebabkan karena seseorang sedang dalam kesakitan atau karena takut kepada Allah atau karena kemaslahatan shalatnya. Namun demikian, dimaafkan pada ucapan yang sedikit jika hal itu dilakukan karena terlanjur lidah atau lupa sedang shalat atau ia tidak tahu adanya larangan berkata-kata di dalam shalat dengan ketentuan orang tersebut baru masuk Islam atau jauh dari orang alim.

Hasyiah Qalyuby wa Amirah Juz I Hal. 213.

(فصل: تبطل) الصلاة (بالنطق) عمدا من غير القرآن، والذكر والدعاء على ما سيأتي. (بحرفين) أفهما أو لا نحو قم وعن (أو حرف مفهم) نحو ق من الوقاية. (وكذا مدة بعد حرف في الأصح) لأنها ألف أو واو أو ياء، والثاني قال إنها لا تعد حرفا، وهذا كله يسير فبالكثير من باب أولى. والأصل في ذلك حديث مسلم «إن هذه الصلاة لا يصلح فيها شيء من كلام الناس» ، والكلام يقع على المفهم وغيره الذي هو حرفان وتخصيصه بالمفهم اصطلاح للنحاة. (والأصح أن التنحنح والضحك والبكاء والأنين والنفخ إن ظهر به) أي بكل مما ذكر (حرفان بطلت وإلا فلا) تبطل به، والثاني لا تبطل به مطلقا لأنه ليس من جنس الكلام.

(ويعذر في يسير الكلام إن سبق لسانه) إليه (أو نسي الصلاة) أي نسي أنه فيها. (أو جهل تحريمه) فيها (إن قرب عهده بالإسلام) بخلاف بعيد العهد به لتقصيره بترك التعلم، (لا كثيره)

Post a Comment

3 Comments