Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Mengenang Mukjizat Nabi Saw Sebelum dan Sesudah Hari Kelahirannya

mukjizat nabi saat dilahirkan
LbmMudi- Nabi Muhammad diutus ke dunia ini karena menjadi rahmat bagi semesta alam. Ini dibuktikan dengan tanda atau kelebihan beliau yang terlihat sebelum dan sesudah beliau dilahirkan ke dunia ini. 

Syaikh Muhammad bin Abdurrahman dalam kitab beliau Sabu’iyyat fi Mawa’izil Bariiyat mengingatkan kembali umat islam agar senantiasa menyambut bulan kelahiran beliau dimulai dari bulan rabiu’ul awwal hingga jumadil akhir. Karena dengan perayaan tersebut kita akan mengenang kembali apa saja yang berhubungan dengan baginda saw.

Salah satu hal yang berkaitan dengan kelahiran baginda saw pada saat kelahirannya adalah mukjizat, maka di bulan kelahiran beliau yang mulia ini kami ingin sedikit berbagi tentang mukjizat-mukzijat yang berkaitan dengan kelahiran beliau. Berikut rinciannya:
  1. Setiap ibu hamil pasti merasa kepayahan dalam mengandung. Akan tetapi ibu nabi (Aminah) tidak mengalaminya.
  2. Ibu hamil merasa kesakitan ketika melahirkan, tapi Ibu nabi saw tidak merasakan demikian.
  3. Nabi lahir dalam posisi telungkup, wajahnya sujud kepada Allah seraya berkata أمتي- أمتي (ummatku-ummatku) sebanyak dua kali.
  4. Lahir nabi dalam keadaan sudah dikhatan(sunat).
  5. Ketika lahir nabi, Para setan tidak bisa naik ke langit seperti hari-hari biasanya. Kemudian mereka menemui iblis dan melapor perihal tersebut, setan berkata “wahai iblis, kami sudah naik ke langit kecuali hari ini, kami terhalang dan tidak bisa ke sana.” Iblis berkata: “kalian berkelilinglah timur dan barat, dan lihatlah apa yang terjadi di muka bumi.” lalu mereka berkeliling sehingga mendatangi Mekkah, di Mekkah mereka melihat seorang nabi yang sedang dikelilingi para malaikat dan bersinar cahayanya sampai terpancar kelangit. Lalu para setan kembali dan melapor kepada iblis perihal kejadian yang mereka lihat. Sesudah itu iblis menangis histeris sambil berkata: “aduh… kebesaran alam dan nikmat anak adam sudah keluar, itulah sebab kalian terhalangi untuk naik ke langit.”
  6. Halimah, seorang wanita yang menyusui nabi, tetapi satu payudaranya tidak mengeluarkan susu, tatkala beliau memasukkan payudaranya tersebut (yang tidak mengeluarkan susu) ke dalam mulut nabi saw, maka mengalirlah susu dari payudara tersebut.
  7. Pada saat nabi lahir, maka sudut-sudut ka’bah bersuara: 
  • Suara Sudut pertama berbunyi: ُقُلْ جَاءَ اْلحَّقُ وَمَا يَبْدِئُ اْلبَاطُِل وَمَا يُعِيْد
  • Suara Sudut kedua berbunyi: لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَاعَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
  • Suara sudut ketiga berbunyi: ٍقَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللهِ نُوْرٌ هُوَ النَّبِيْ وَكِتَابُ قُرْآنٍ مُبَيْن
  • Suara sudut ke empat berbunyi: يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ شَاهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا
Ada satu riwayat yang menceritakan bahwa Abdul Muthallib berada dalam ka’bah saat itu, beliau berkata: “saya dalam ka’bah saat itu, dalam ka’bah banyak berhala lalu berhala-hala itu jatuh dari tempatnya dan roboh dalam posisi sujud kepada Allah dan saya mendengar dinding ka’bah yang bersuara:

ولذالنبي المختار الذي يهلك بيده الكفار ويطهرني من هذه الآصنام ويأمر بعبادة الملك العلام

Demikianlah beberapa mukjizat yang ada pada baginda saw se-saat dan sesudah beliau dilahirkan. Sungguh beliau adalah anugrah bagi sekalian alam, karenanya lah kita ada di dunia ini. Dengan segala kelebihannya, masih adakah keraguan dalam jiwa dan raga yang hina ini dalam mengagungkan beliau saw, dengan memperingati hari lahirnya? Wallahua’lam.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Mengenang Mukjizat Nabi Saw Sebelum dan Sesudah Hari Kelahirannya