Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Menerima Lebih Saat Pembayaran Hutang, Apakah Dikategorikan Kepada Riba?

Menerima Lebih Saat Pembayaran Hutang, Apakah Dikategorikan Kepada Riba
Deskripsi masalah.
Riba secara bahasa bermakna: ziyadah (tambahan). Dalam pengertian lainjuga bermakna tumbuh dan membesar. Sedangkan menurut istilah Syari’ adalah pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara bathil.

Pertanyaan.
Bagaimana hukumnya bila seseorang menerima pembayaran hutang yang  dilebihkan dari hutang asal, apakah hal seperti ini termasuk Riba ?

Jawaban
Berikut rincian hukumnya:

  1. Haram, bila bayaran lebih tersebut  dijanjikan dalam akad, seperti memberi pinjaman kepada seseorang dengan syarat dia mau membayar lebih, maka ini termasuk dalam Riba
  2. Boleh, bila tidak ada persyaratan dalam akad, bahkan dari pihak orang yang menerima pinjaman, disunatkan untuk membayar lebih, dan bagi orang yang memberi pinjaman boleh/sah memiliki bayaran lebih tersebut  dengan tanpa lafadh karena itu sama dengan hadiah yang mana boleh dimiliki tanpa akad.


وجاز لمقرض نفع يصل له من مقترض كرد الزائد قدرا أو صفة والأجود في الرديء بلا شرط في العقد بل يسن ذلك لمقترض لقوله صلى الله عليه وسلم: "إن خياركم: أحسنكم قضاء" [البخاري رقم: 2305, مسلم رقم: 1601] , ولا يكره للمقرض أخذه كقبول هديته ولو في الربوي.
والأوجه أن المقرض يملك الزائد من غير لفظ لأنه وقع تبعا وأيضا فهو يشبه الهدية وأن المقترض إذا دفع أكثر مما عليه وادعى أنه إنما دفع ذلك ظنا أنه الذي عليه: حلف ورجع فيه.
وأما القرض بشرط جر نفع لمقرض ففاسد لخبر: "كل قرض جر منفعة فهو ربا" [رواه الحارث ابن أبي أسامة في مسنده عن علي كرم الله وجهه الجامع الصغير رقم: 6336] وجبر ضعفه: مجيء معناه عن جمع من الصحابة.

Referinsi : Fathul Mu’in ‘Ala Qurratul ‘an jld 3, hal 53, cet haramain


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

13 komentar untuk Menerima Lebih Saat Pembayaran Hutang, Apakah Dikategorikan Kepada Riba?

Asalamualaikum tgk..

Lon kenek temanyong beok masalah kredit honda..

Sidrou ureng kenek blou honda..menyo geblou kess harga 15 juta menyo kredit harga katakan lah 20juta..
Jinou geblou secara kredit gekhen lam akad
Ka lon blou honda bak drouneh dengan harga 20 juta dengan syarat lon bayeu tip bulen 1juta..

Yang kenek lon tanyong bak gurei lon...

Aqad lagei nyan na fased tgk??
Dan blou honda kredit lagei nyan na harem..dan ureng yang blou pon rela dengan harga kredit 20 juta..

Ateuh jawaban gurei lon ucapkan ribuan trimong genaseh.

assalamualikum gurei lon.

Tgk akha,,, adak jeut gambar disesuaikan dengan pembahasan

asalamualikum gurei...
ka dua urou lon preh jawaban...namun hana respon...peu tengoh sibok syaikuna..

wa'alaikum salam

Bila dalam akad di ucapakan "Ka lon blou honda bak drouneh dengan harga 20 juta dengan syarat lon bayeu tip bulen 1juta" maka jual beli tersebut sah. Dalam jual beli ada yang pembayarannya tunai dan boleh juga dengan tempo (muajjal).

wa'alaikum salam

Mohon maaf, menye telat mejaweb, karena ureng posting tulisan dan yang brie jawaban terhadap komentar nyan laen-laen admidnya. Yang jaweb komentar nyan lam padum uroe sige baroe gejaweb

get gurei hana peu peu..yang penteng na mejaweb alhamdulillah that...

jazakumullah gurei...trimong geunaseh berayeuk that..assalamualaikum gurei yang mulia.

wa'alaikum salam . Sama sama tgk

Assalamualaikum.
Tgk sya mau brtnya, ttpi tdak sesuai dg topik d ats. Harta yg seprti ap yg hrus kta byar ntuk zakat mal. Apkah dh harta lebih dri kbtuhan kita atau bgaimma Tgk.

Assalamualaikum Guree
long neuk Tanyong bacut gure,kbn hukum ta meu hutang peng bak Bank dgn Kondisi ka sangat mendesak,dgn kata laen hana pat le geu me hutang bak ureung,memang beutoy2 mekarat that,ibarat jih menyo hana geu me hutang bak Bank hutang han ek geu bayeu bak gop dan gop yg po hutang nyan akan karu ngon syedara laen nyo hana geu bayeu peng le ureung yg rencana meu hutang bak Bank.
wassalam Terimong Geunaseh

Assalamualaikum Tgk
Keuneuk tnyg PU hukum pinjam Bank Syariah Tgk, trmg gnseh

Assalamualaikum Guree
Ka si thon ka Long preh preh hana jawaban lagoe ata long Tanyoeng?
Pertanyaan long selanjut jih,kbn cara Ta taubat atau ta peu suci Harta teuh dari Riba,Contoh : na Tablo Tanoh yum 30 jt,yg na peng 20 jt,10 jt teuk ta Meu Utang bak Bank,pue keuh hasil dari Tanoh tablo nyan termasuk riba? Sedangkan yg pajoh Riba adalah Bank karwna tabayeu leubeh dari 10 Jt,
Terimong Geunaseh Guree,Mohon Pencerahan
Saleum...

wa'alaikum salam wr wb
terimakasih telah mengunjungi blog kami dan bertanya kepada kami
sebelumnya kami meminta maaf kepada saudara atas keterlambatan tanggapan kami terhadap pertanyaan saudara kepada kami dikarenakan kekurangan kami dari berbagai hal
hutang dengan pihak Bank tidak ada larangan dan riba baru terjadi jika memang ketika berhutang dengan pihak bank mensyaratkan bayar lebih dalam akad, maka akad yang seperti itu fasid dan syarat tidak berlaku. jika memang hanya itu satu-satunya jalan maka niatkan saja uang yang lebih dari kadar utang tersebut sebagai sedekah anda bagi pihak bank bukan sebagai tunjakan iuran hutang saudara.
lebih dan kurang kami ucapkan terimakasih

wa'alaikum salam wr wb
terimakasih sudah kembali bertanya kepada kami
hutang anda di bank baru termasuk riba jika dalam akad disyaratkan bayar lebih seperti jawaban kami diatas
namun jika anda ikhlas membayar hutang anda kepada pihak bank lebih dari utang anda maka itu tidak termasuk riba baik bagi anda maupn pihak bank, karena nabi juga menganjurkan kita untuk membayar hutang lebih sebagai wujud terimakasih kita kepada pihak yang memberi pertolongan kepada kita dalam bentuk menghutangkan hartanya pada kita.
lebih dan kurang kami ucapkan terimaksih