Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Saat Turun Ke Bumi Hari Kiamat Kelak, Syariat Apakah yang akan Dibawa Nabi Isa as?

Syariat Apakah yang Dibawa Nabi Isa as Hari Kiamat Kelak Saat Turun Ke Bumi
Deskripsi masalah
Nabi Isa as adalah salah seorang selain nabi Idris as, Khidir as dan Ilyas as yang masih hidup sampai sekarang. Perbedaannya, jika nabi Isa as dan nabi Idris as hidup di langit, maka nabi Idris dan nabi Ilyas Hidup di bumi. Pada saat dunia hampir kiamat nabi Isa akan turun ke bumi untuk membunuh Dajjal.

Pertanyaan
Saat turun ke bumi untuk membunuh Dajjal, apakah nabi Isa as akan menghukum dengan syariat nabi kita Muahmmad mengingat syariat nabi kekal hingga hari kimat atau syariat lainnya mengingat beliau adalah seorang nabi?

Jawaban
Telah sepakat ulama (Ijmak) bahwa saat nabi Isa as turun ke bumi beliau akan menghukum dan berfatwa dengan syariat nabi saw. Dalam satu riwayat dari Ibnu Asakir disebutkan bahwa nabi Isa as akan melaksanakan seluruh shalat lima waktu dan mendirikan shalat jumat, yang mana keduanya tidak ditemui pada selain umat ini (Syariat nabi saw)

Pertanyaan
Jika nabi Isa as akan beramal dengan syariat nabi Muhammad saw, apakah beliau akan Taklid kepada salah satu Imam mazhab yang empat atau berijtihad sendiri?

Jawaban
Nabi Isa as tidak akan Taklid kepada salah satu Imam Mazhab, karena dibandingkan dengan para Mujtahid beliau lebih Afdhal dengan Ijtihad karena status beliau sebagai nabi. Cara nabi Isa as belajar syariat kita adalah dengan berijtihad langsung dari Alquran karena tidak kurang suatu apapun darinya untuk berijtihad dari Alquran. Berbeda dengan kita yang membutuhkan disiplin Ilmu lain untuk bisa Berijtihad dari Alquran. Status beliau sama seperti nabi kita Muhammad saw yang sanggup dan langsung memahami seluruh  hukum dari Alquran. 

Imam Syafi'i pernah berkata:'' Setiap hukum yang diputuskan oleh nabi, maka semuanya adalah hasil yang beliau pahami dari Alquran". Maka sebagiamana nabi kita, begitu juga nabi Isa as yang langsung bisa memahami hukum dari Alquran atau bahkan merawi hadis dari nabi Muhammad saw, karena beliau pernah beberapa kali berjumpa dengan nabi Muhammad saw saat beliau (nabi saw) masih hidup. Karena pernah berjum dengan nabi saw, maka status nabi Isa as adalah salah seorang dari sahabat Rasululluah saw. Jadi selain dari Alquran, beliau juga berpedoman pada hadis nabi saw untuk memutuskan hukum, boleh jadi beliau akan belajar langsung kepada rasulullah saw .Wallahua'lam.

Sumber: Fatawa Hadisyah, Ibnu Hajar al-Haitami, hal. 128-129, cet. Darul Fikri, Lebanon.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Saat Turun Ke Bumi Hari Kiamat Kelak, Syariat Apakah yang akan Dibawa Nabi Isa as?