Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Dalil-Dalil Karamah Yang Terjadi Pada Para Aulia Allah

Karamah Aulia Allah
Aulia adalah jamak dari wali , pengertian dari wali Allah adalah manusia yang mengenal sifat kesempurnaan bagi Allah swt dan selalu mengerjakan taat kepada Allah dan menjauhkan dari maksiat atau segera bertaubat jika terlanjur dalam kesalahan, atau makna dari wali juga manusia yang menyerahkan urusannya kepada Allah swt. Maka bagi para wali tersebut diberikan oleh Allah tanda-tanda yang disebut dengan karamah ( ada yang menyebutnya keramat ) .

Sedangkan makna karamah adalah:

اَمْرٌ خَارِقٌ لِلعَادَة يَظْهَرُ عَلَى يَدِ عَبْدٍ ظَاهِرٍ الصَّلَاحِ مُلْتَزِمِ لِمُتَابعَة نَبِي بِشَرِيْعَتِهِ مَصْحُوب بِصَحِيْحِ الْاعْتِقَادِ

"Sesuatu yang menyalahi kebiasaan terjadi pada tangan hamba Allah yang shaleh yang selalu mengikuti syariat nabi saw dan mempunyai i’tiqat yang benar."

Adapun beberapa dalil-dalil tentang karamah yang dimiliki para aulia adalah :
  1. Dalam al-Quran surat al-Imran ayat 37 dikisahkan tentang Maryam yaitu Allah menciptakan Maryam dengan pertumbuhan yang baik dan cepat hingga Allah menjadikannya serolah-olah sudah berumur satu tahun padahal umaunya baru sehari. Dan Maryam tinggal bersama nabi Zakaria serta tiada orang lain bersamanya akan tetapi disana teredapat buah-buahan musim dingin pada musim panas dan buah-buahan musim panas pada musim dingin. Ini adalah karamah yang terjadi pada aulia Allah swt.
  2. Kisah Ashabul kahfi jumlah mereka tujuh yang bersembunyi di dalam gua untuk menyelamatkan imamnya sedangkan mereka tidur di dalamnya selama 369 tahun tidak makan dan minum ketika mereka bangun mereka tetap dalam keadaan sehat.
  3. Karamah yang ketiga kisah yang terdapat dalam al-Quran seorang aulia Allah bernama Asif al-Balqiya ia adalah salah satu mentri raja Sulaiman as, karamah yang beliau miliki adalah bisa memindahkan singgasana ratu Balqis dalam sekedip mata.
  4. Karamah yang terjadi pada sahabat rasul saw yaitu Umar bin Khatab ra beliau bisa melihat musuh dari jarak jauh ketika itu beliau berkata ‘’wahai tentara menujulah kalian kegunung !’’ maka ketika itu para tentara mendengar suara Umar dari jarak jauh kemudian mereka menuju ke gunung dan menyerang musuh serta mendapat kemenangan berkat pertolongan dari Allah swt.
  5. Pernah diriwayatkan juga bahwa Abdullah bin Syaqiq (tabi’in) , pada ketika beliau berjalan di bawah awan maka beliau berkata ‘’Aku bersumpah demi Allah sesungguhnya sekarang akan turun hujan! ‘’ niscaya pada waktu itupun akan turun hujan segera dengan izin Allah swt.
Maka inilah dalil-dalil karamah yang terdapat pada aulia Allah, maka dengan uraian singkat di atas mudah-mudahan bisa menghilangkan keraguan jika ada yang mengatakan bagi para aulia atau selain rasul saw tidak memilki karamah. Dari uraian di atas ada sebagian terdapat dalam al-Quran dan hadis yang intinya karamah adalah ada bagi hamba Allah yang terpilih.

Referensi kitab Tuhafatul Murid ala Jauharah Tauhid hal.95-96 Karangan Syaikh Islam Ibrahim bin Muhammad al-Bajuri .

Wallahu 'Alam Bisshawab.

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Dalil-Dalil Karamah Yang Terjadi Pada Para Aulia Allah