Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Syarat Sah Shalat

Syarat Sah Shalat
Shalat merupakan rukun islam yang kedua. Shalat adalah ibadah yang paling sakral bagi umat islam. Sejarah mencatat bahwa shalat adalah ibadah yang langsung diterima oleh Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa mi’raj Nabi dari Baitul Maqdis ke Sidratul Muntaha, tanpa perantara apapun atau siapapun. Sedangkan ibadah-ibadah yang lain Allah perintahkan kepada nabi Muhammad dan Ummatnya melalui malaikat Jibril.

Dalam pelaksanaan ibadah shalat, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh setiap ummat islam, karena apabila syarat tersebut tidak terpenuhi akan menyebabkan shalat tidak sah, karna definisi dari syarat shalat adalah sesuatu hal yang dapat meyebabkan sah atau tidaknya shalat, tetapi ia bukan bahagian dari pada shalat”.

Adapun syarat-syarat tersebut adalah:
  1. Suci badan dan pakaian dari pada hadats dan najis
  2. Menutup aurat dengan pakaian yang suci
  3. Berdiri pada tempat yang suci
  4. Meyakini masuknya waktu shalat
  5. Menghadap qiblat

Referensi:
Kitab fathul qarib, juz.1, hal. 72 (dar ibnu hazm, beirut)


شروط الصلاة
{فصل} (وشرائط الصلاة قبل الدخول فيها خمسة أشياء): والشروط جمع شرط، وهو لغةً العلامةُ، وشرعًا ما تتوقف صحة الصلاة عليه وليس جزأ منها. وخرج بهذا القيد الركن، فإنه جزء من الصلاة.
الشرط الأول (طهارة الأعضاء من الحدث) الأصغر والأكبر عند القدرة؛ أما فاقد الطهورين فصلاته صحيحة مع وجوب الإعادة عليه؛ (و) طهارة (النجس) الذي لا يعفى عنه في ثوب وبدن ومكان. وسيذكر المصنف هذا الأخير قريبا. (و) الثاني (ستر) لون (العورة) عند القدرة ولو كان الشخص خاليا أو في ظلمة. فإن عجز عن سترها صلى عاريا، ولا يومئ بالركوع والسجود، بل يتمهما، ولا إعادة عليه. ويكون ستر العورة (بلباس طاهر). ويجب سترها أيضا في غير الصلاة عن الناس وفي الخلوة إلا لحاجة من اغتسال ونحوه. وأما سترها عن نفسه فلا يجب لكنه يكره نظره إليها. وعورة الذكر ما بين سرته وركبته، وكذا الأَمة؛ وعورة الحُرَّة في الصلاة ما سوى وجهها وكفيها ظهرا وبطنا إلى الكوعين؛ أما عورة الحُرَّة خارجَ الصلاة فجميع بدنها، وعورتها في الخلوة كالذكر. والعورة لغةً النقص، وتطلق شرعا على ما يجب ستره، وهو المراد هنا وعلى ما يحرم نظره. وذكره الأصحاب في كتاب النكاح. (و) الثالث (الوقوف على مكان طاهر)؛ فلا تصح صلاة شخص يلاقي بعضُ بدنه أو لباسه نجاسةً في قيام أو قعود أو ركوع أو سجود. (و) الرابع (العلم بدخول الوقت) أو ظن دخوله بالاجتهاد؛ فلو صلى بغير ذلك لم تصح صلاته وإن صادف الوقت. (و) الخامس (استقبال القبلة) أي الكعبة. سميت قبلةً لأن المصلي يقابلها، وكعبةً لارتفاعها. واستقبالها بالصدر شرط لمن قدر عليه


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Syarat Sah Shalat