Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Doa-Doa Yang Dianjurkan Ketika Musibah Datang


Musibah adalah cobaan Allah kepada hamba-hamba-Nya dalam bentuk perkara yang tidak disukai hamba namun Rida terhadap keputusan Allah tersebut karena mereka yakin kalau apa yang Allah berikan adalah yang terbaik buat mereka.


Terlepas dari kepada siapa Allah memberikan musibah tersebut, tentu sebagai orang beriman yakin terhadap apa yang telah diajarkan Rasulullah kepada kita semua untuk bersabar terhadap musibah yang sedang menimpa. Berikut sedikit ulasan tentang anjuran do'a bagi orang-orang yang sedang tertimpa musibah berdasarkan hadits Rasulullah.

Dianjurkan bagi seseorang yang sedang ditimpa musibah, musibah pada dirinya sendiri, keluarga atau hartanya meskipun musibahnya ringan untuk memperbanyak membaca:

إنا لله وإنا إليه راجعون أللهم أجرني في مصيبتي واخلف علي خيرًا منها

Artinya : "sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kepada-Nyalah kami kembali. Ya Allah, berikanlah fahala (kesabaran) kepadaku terhadap musibah yang sedang menimpa diriku dan gantikanlah kebaikan kepadaku daripada musibah ini".

Karena Allah berjanji kepada siapa saja yang mau membaca do'a tersebut dikala musibah datang, bahwa rahmat dan kasih sayang senantiasa tercurah kepada mereka dan sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. Dan karena hadits riwayat Imam Muslim pun mengatakan bahwa siapa saja yang membaca do'a tersebut bahwa Allah pasti memberikan fahala dan menggantikannya dengan kebaikan.

Ibn Khubair berpendapat bahwa khusus kepada umat ini (umat Muhammad) diberikan sesuatu ketika musibah yang tak pernah diberikan kepada umat sebelumnya yaitu "Innalillah wa Inna Ilaihi raji'un". Bila memang do'a tersebut pernah diberikan kepada umat sebelumnya, sungguh Nabi Ya'qub AS akan mengucapkannya dan beliau tidak akan mengatakan:

يآسفى على يوسف

"Aduhai dukacitaku terhadap Yusuf". (QS 12: 84)


Semoga Allah senantiasa menjadikan kita dalam golongan orang-orang yang bersabar dalam keadaan sempit dan menjadi orang-orang yang bersyukur dalam kesenangan dan kebahagiaan. amin ya rabbal 'alamin.

Referensi: I'anah al Thalibin Juz 2, Hal 147

ويتأكد لمن ابتلي بمصيبة - بميت، أو في نفسه، أو أهله، أو ماله، وإن خفت  أن يكثر إنا لله وإنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي، واخلف علي خيرا منها


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Doa-Doa Yang Dianjurkan Ketika Musibah Datang