Ciri-Ciri Haji Mabrur

Deskripsi Masalah

Haji salah rukun islam yang pelaksanaannya membutuhkan energi, harta yang banyak dan kesabaran yang tinggi karena dilakukan di sebuah lokasi yang telah ditentukan yaitu Mekkah Al-Mukarramah dengan suhu puluhan derajat celcius. Walaupun tantangan dan modal besar tidak mengurangi minat kaum muslimin di seluruh dunia untuk melengkapi rukun Islam kelima itu. Bahkan yang sudah berhaji satu kali ingin menambah kali yang kedua dan yang sudah dua kali ingin ketiga kali begitu seterusnya. Akan tetapi tidak semua haji itu mabrur berdasarkan hadits nabi SAW yang diriwayat oleh Khatib Al-Baghdadi dari Anas berkata:

يأتي على الناس زمان يحج أغنياءهم للنزهة وأوساطهم للتجارة وقراؤهم للرياء والسمعة وفقراؤهم للمسئلة.ولذا كان عمر يقول الوفد كثير والحج قليل

"Akan datang satu masa dimana orang-orang kaya berhaji tujuan mereka piknik dan orang sederhana untuk berniaga, para qari buat riya dan sum’ah (memperdengar), orang-orang fakir karena ada masalah. Oleh karena itu Sayyidina Umar berkata: kloter itu banyak dan haji itu sedikit.

Pertanyaan

Bagaimakah Ciri-ciri Haji Mabrur ?

Jawaban

Ciri-ciri Haji Mabrur:

  1. Pulang dari haji ia bertingkah laku dengan akhlak terpuji dan tidak terjerumus ke dalam dosa.
  2. Tidak menilai dirinya melebihi atas orang lain.
  3. Tidak berlomba-lomba pada perkara dunia hingga wafat.

Ciri-ciri haji tidak mabrur:

  1. Kembali kepada perilaku seperti sebelum haji .
  2. Melihat hajinya lebih diterima dari haji orang lain karena dia sempurna menunaikan manasik dan keluarnya dalam manasik dari khilaf ulama.
Referensi

Bughyatul Mustarsyidin, Cet. Darul Fikri, Hal 73

Syarkawi ‘ala Tahrir, Cet. Haramain, Hal 459

فائدة : قال الخوّاص رحمه الله : من علامات قبول حج العبد وأنه خلع عليه خلعة الرضا عنه أنه يرجع من الحج وهو متخلق بالأخلاق المحمدية ، لا يكاد يقع في ذنب ، ولا يرى نفسه على أحد من خلق الله ، ولا يزاحم على شيء من أمور الدنيا حتى يموت ، وعلامة عدم قبول حجه أن يرجع على ما كان عليه قبل الحج ، كما أن من علامات مقته أن يرجع وهو يرى أن مثل حجه أولى بالقبول من حج غيره ، لما وقع فيه من الكمال في تأديه المناسك وخروجه فيها من خلاف العلماء ، لكن لا يدرك هذا المقت إلا أهل الكشف اهـ من خاتمة الميزان للشعراني


Post a Comment

0 Comments