Sebab Membaca Tasmi'

Deskripsi masalah:

Di dalam sholat kita kenal adanya rukun dan sunnah, sunnah juga berbagai macam ragamnya yang seandainya kita lakukan akan mendapat nilai plus di sisi Allah SWT, salah satu kesunnahan di dalam shalat adalah membaca takbir intiqalat pada setiap perpindahan satu aktivitas kepada aktivitas yang lain,ucapannya jelas yakni lafad Allahuakbar kecuali pada saat bangun dari ruku' .

Pertanyaan:

Apa sebabnya sehingga pada saat bangun dari ruku' bacaannya berbeda dengan perpindahan di tempat lain ?

Jawaban:

Pada ketika bangun dari rukuk memiliki perbedaan lafadh yang di ucapkan seseorang ini bermula pada satu kejadian pada masa Rasulullah dan Abu Bakar RA. Perlu diketahui bahwa Abu Bakar tidak pernah sekali kali uzur  jamaah beserta Rasulullah SAW, namun pada suatu hari Abu Bakar datang agak terlambat ia menyangka tidak akan sempat ruku' bersama Rasul,seketika itu pula Abu Bakar terus bergegas dan terburu-buru akhirnya ia mendapatkan rakaat beserta Rasul pada ruku' ,maka Abu Bakar berkata "Alhamdulillah" dan Abu Bakar takbir di belakang imam.

Maka turunlah Jibril AS disaat Nabi dalam keadaan ruku' seraya berkata "سمع الله لمن حمده" yang artinya semoga Allah mendengar bagi orang yang memujinya, يalam riwayat hadits yang lain Jibril menyeru dengan kata "jadikanlah kata سمع الله لمن حمده dalam shalat kalian"

ٌReferensi: Ianatuttalibin Hal 180 juz 1

والسبب في سن سمع الله لمن حمده: أن الصديق رضي الله عنه ما فاتته صلاة خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم قط، فجاء يوما وقت صلاة العصر فظن أنه فاتته مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فاغتم بذلك وهرول ودخل المسجد فوجده صلى الله عليه وسلم مكبرا في الركوع، فقال: الحمد لله. وكبر خلفه صلى الله عليه وسلم فنزل جبريل والنبي صلى الله عليه وسلم في الركوع، فقال يا محمد، سمع الله لمن حمده. وفي رواية: اجعلوها في صلاتكم. فقال: عند الرفع من الركوع، وكان قبل ذلك يركع بالتكبير ويرفع به فصارت سنة من ذلك الوقت ببركة الصديق رضي الله عنه اه بجيرمي.

Jika Kepentingan Pribadi Merajalela [Tgk H Sulaiman Bin Hasan]



Post a Comment

0 Comments