Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

SUBHANALLAH... Ternyata Jumlah Para Rasul Terkandung dalam Lafadh Muhammad


Nabi Muhammad SAW adalah Rasul terakhir yang diutus Allah sebagai Rahmatan lil’alamin. Keistimewaan yang Allah anugerahkan kepada Beliau tidak akan pernah habis kita ungkapkan lewat tulisan maupun kata-kata. Beliau adalah figur yang patut diteladani oleh segenap umat manusia sebagai jalan menuju kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Ternyata keistimewaan bukan hanya terdapat pada diri Beliau semata. Bahkan nama beliau yaitu “Muhammad” juga tersimpan rahasia tersendiri seperti yang telah diuraikan di dalam beberapa kitab mu’tabarah yaitu jumlah para rasul yang diutuskan Allah yang berjumlah 314 orang terkandung dalam lafadh “Muhammad” tersebut.
Namun sebelum kita menghitung jumlahnya, terlebih dahulu kita harus mempelajari tentang simbol-simbol angka dari abjad arab. Sebelum ada angka-angka 1,2,3,4 dan seterusnya, manusia kala itu menggunakan simbol untuk jumlah tertentu. Seperti angka Romawi V untuk melambangkan angka 5, atau X untuk melambangkan 10. Begitu pula dengan huruf-huruf arab juga mempunyai simbol dari angka tertentu. Berikut daftar dari simbol-simbol angka tersebut :


ﺃ = 1     ح = 8   س = 60     ت= 400


ب= 2    ط= 9      ع=  70     ث = 500

ج = 3   ي = 10    ف = 80    خ = 600

د = 4    ك = 20     ص = 90    ذ = 700

ﻫ = 5    ل = 30    ق = 100    ض = 800

و = 6    م = 40    ر = 200    ظ = 900

ز = 7    ن = 50    ش = 300    غ = 1000



Selanjutnya mari kita hitung jumlah angka yang terkandung dalam lafadh Muhamad (محمد).
Huruf Mim bila diuraikan maka terdapat tiga huruf yaitu huruf Mim,Yaa dan Mim (ميم) sehingga bila dijumlahkan berdasarkan simbol diatas maka jumlahnya 90 karena huruf Mim = 40 dan huruf Yaa = 10. Pada lafadh Muhammad terdapat tiga huruf Mim sehingga jumlah keseluruhan dari semua huruf Mim adalah 90x3= 270.
Huruf Ha’ bila diuraikan akan tersusun dari huruf Ha’ dan Alif (حأ) , maka dalam huruf Ha’ bernilai 8+1=9.
Dan huruf “Dal” bila diuraikan maka tersusun dari huruf Dal, Alif dan Lam (دال), maka jumlahnya 4+1+30=35. Sehingga jumlah keseluruhan dari susunan lafadh Muhammad tersebut adalah 270+9+35=314. Sesuai dengan jumlah para rasul yaitu 314 orang. Maka pada nama Beliau tersebut punya isyarat bahwa kesempurnaan yang terdapat pada para rasul, semuanya terdapat pada diri beliau.

Referensi
Hasyiyah Syarwani ‘ala Tuhfatul Muhtaj 1 : 29 cet. Darl Fikr

استنبط بعض العلماء من محمد ثلثمائة وأربعة عشر رسولا فقال فيه ثلاث ميمات وإذا بسطت كلا منها قلت فيه م ي م وعدتها بحساب الجمل الكبير تسعون فيحصل منها مائتان وسبعون وإذا بسطت الحاء والدال قلت دال بخمسة وثلاثين وحاء بتسعة فالجملة ما ذكر

Hasyiyah Bujairimi ‘ala Syarh Manhaj 1 : 19 Cet. Darl Kutub Ilmiyyah

استنبط بعض العلماء من محمد ثلاثمائة وأربعة عشر رسولا فقال: فيه ثلاث ميمات وإذا بسطت كلا منها قلت م وم وم عدتها بحساب الجمل الكبير تسعون فيحصل منها مائتان وسبعون وإذا بسطت الحاء والدال قلت دال بخمسة وثلاثين وحاء بتسعة فالجملة ما ذكر ففي اسمه الكريم إشارة إلى أن جميع الكمالات الموجودة في المرسلين موجودة فيه شيخنا ملوي

Kifayatul ‘awam hal. 17
ﺇن شئت عدة رسل كلها جمعا *
محمد سيد الكونين من فضلا
خذ لفظ ميم ثلاثا ثم حا و كذا *
دال تجد عددا للمرسلين علا

Tuhfatul Muhtaj bi syarh Al Minhaj 1 : 29 cet. Darl Fikr

وصح خبر أن عدد الأنبياء مائة وألف وأربعة وعشرون ألفا وخبر أن عدد الرسل ثلثمائة وخمسة عشر
قوله وخمسة عشر) أو وأربعة عشر أو وثلاثة عشر أقوال شيخنا)

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk SUBHANALLAH... Ternyata Jumlah Para Rasul Terkandung dalam Lafadh Muhammad