Waktu-Waktu Membayar Zakat Fitrah

Deskripsi Masalah

Zakat Fitrah merupakan salah satu kewajiban yang mesti ditunaikan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan setelah melalui bulan yang penuh berkah yaitu Ramadhan Mubarak dengan menahan segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Dinamakan dengan zakat fitrah karena zakat ini wajib ditunaikan pada hari terakhir berbuka puasa di bulan Ramadhan atau yang biasa di sebut dengan malam hari raya fitri.

Zakat fitrah merupakan penempel bagi kekurangan puasa, sama halnya dengan sujud sahwi yang ada dalam shalat yaitu sebagai penempel sesuatu yang lupa. Demikian yang telah di jelaskan oleh guru dari imam Syafi’i’ Syaikh Waqi’ .

Pertanyaan

Kapankah Zakat Fitrah ini ditunaikan ?

Jawaban
  1. Boleh ditunaikan di hari pertama Ramadhan
  2. Wajib menunaikan zakat fitrah setelah terbenam matahari akhir bulan Ramadhan hingga sebelum terbenam matahari esoknya (hari raya pertama)
  3. Adapun yang lebih baik ditunaikan sebelum keluar untuk melaksanakan shalat 'ied
  4. Makruh bila ditunaikan setelah shalat 'ied, kecuali karena ozor seperti menunggu kerabat yang berhak menerima zakat atau seseorang yang lebih membutuhkan
  5. Haram jika menunda zakat fitrah melewati hari raya pertama.

Referensi

Kitab I’anatuth Thalibin, Cetakan Haramain, Juzuk 2, Halaman 174

(قوله: نعم، يسن الخ) استدراك على كراهة التأخير (والحاصل) أن للفطرة خمسة أوقات: وقت جواز، ووقت وجوب، ووقت فضيلة، ووقت كراهة، ووقت حرمة.
فوقت الجواز أول الشهر.
ووقت الوجوب إذا غربت الشمس.
ووقت فضيلة قبل الخروج إلى الصلاة.
ووقت كراهة إذا أخرها عن صلاة العيد إلا لعذر من انتظار قريب،
أو أحوج ووقت حرمة إذا أخرها عن يوم العيد بلا عذ

Post a Comment

0 Comments