Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Hukum Memindahkan Tanah Haramain

Deskripsi Masalah
“Jejak Tsunami Aceh” adalah salah satu judul dari reality show “Mister Tukul Jalan-jalan” yang selalu ditayangkan setiap sabtu dan minggu pada jam 21:30 WIB. Dalam tayangan yang dipandu oleh Tukul sendiri dan turut hadir seorang paranormal yakni Ustaz Sholeh Pati dan bintang tamu Lilis Karlina ini pada salah satu sesion tayang dengan judul tersebut, mereka berada dalam Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Dalam perbincangan yang tak begitu lama kala itu tentang keajaiban Mesjid Raya saat Tsunami menerjang Aceh tahun 2004 silam, Ustadz Soleh Pati memberikan sebuah alasan berdasarkan analisa supranaturalnya bahwa saat awal mula mesjid ini didirikan ada seorang Ulama besar dari Makkah yang membawa Tanah dari Makkah dan meletakkan di kanan mesjid dan tanah dari Madinah disebelah kiri mesjid tersebut sehingga sangat wajar bila ada kekuatan-kekuatan besar dan ajaib kala Tsunami menghempas Aceh.

Pertanyaan
Terlepas dari benar atau tidaknya tentang penerawangan supranatural ustaz tersebut, bagaimanakah hukum memindahkan tanah dari tanah haram Makkah dan tanah haram Madinah ke tanah halal dalam pandangan islam???

Jawab
Kebanyakan Ulama Syafi’iyyah berpendapat makruh dan sebagian berpendapat haram memindahkan tanah dari haramain dan wajib mengembalikan ke tempat semula.

Referensi
Majmu’ Syarh Al Muhazzab 8 : 450 cet. DKI
قال المصنف لا يجوز إخراج تراب الحرم وإحجاره إلى الحل هذه عبارة المصنف وكذا قال المحاملى في كتابيه المجموع والتجريد لا يجوز إخراجهما وتابعهما صاحب البيان في هذه العبارة وقال صاحب الحاوى يمنع من إخراجهما وقال الدارمي لا يخرجهما وقال كثيرون أو الاكثرون من اصحابنا يكره إخراجهما فأطلقوا لفظ الكراهية
Asy Syarkawy ‘ala Al Tahriri 2 : 524 cet, haramain
  (قوله و لا ينقل شيئ من تراب الحرامين الخ) 
اي يحرم ذالك و لو الى الحرام الاخر


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Hukum Memindahkan Tanah Haramain