Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Kelebihan Shalat Thajjud

Deskripsi Masalah
Kemalasan dalam melakukan ibadah kepada Allah SWT kerap kali menyapa kita dalam hal ini mungkin sebagian kita kurang mengetahui apa fadhilah atau kelebihan dalam ibadah tersebut, terkadang dengan mengetahui kelebihan itu bisa termotivasi untuk kuat dan istiqamah dalam beribadah.
Petanyaan
Teungku, kalau boleh saya tanya, apa saja kelebihan dari shalat tahajjud ?
Jawaban
Shalat tahajjud merupakan shalat sunat yang dilakukan pada waktu malam sesudah terbangun dari tidur, shalat sunat yang satu ini juga memiliki berbagai kelebihannya namun di sini kami akan mengutarakan kelebihan–kelebihan yang tersebut dalam I'anatuttalibin karangan Sayyid Abi Bakr Syatta diantaranya:
- Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW bersabda “Seafdhal-afdhal shalat sesudah salat wajib adalah shalat malam “
- Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda “Selalulah kalian dengan dengan shalat malam karena itu merupakan adab orang-orang salih sebelum kalian dan menjadi dekat kalian dengan Allah dan dapat menghapus segala keburukan ,menegah dari dosa, dapat menjadi obat untuk badan “
- Dalam hadist yang lain rasul SAW bersabda “Wahai manusia!! berilah salam, dan berikanlah makanan, bersilaturrahmilah kalian, dan shalatlah kalian disaat manusia sedang tertidur niscaya engkau akan masuk surga”
- Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda “Disaat berkumpul manusia di hari kiamat, maka menyeru oleh yang menyeru: Dimana orang-orang yang selalu merenggangkan lambungnya dari tempat beringan (bangun tidur) maka berdiri mereka itu dalam kondisi yang sedikit, maka masuk mereka kedalam surga dengan tanpa hisab.
Referensi
Hasyiah I'anatuttalibin juz 1 hal 267 Cet Al-Haramain



 قوله:  وورد في فضله اي التحجد
(وقوله: أحاديث كثيرة)، منها: قوله عليه الصلاة والسلام: أفضل الصلاة بعد المكتوبة صلاة الليل.
وقوله عليه الصلاة والسلام: عليكم بقيام الليل فإنه دأب الصالحين قبلكم، وقربة لكم، ومكفرة للسيئات، ومنهاة عن الإثم، ومطردة للداء عن الجسد ومنها قوله عليه الصلاة والسلام: أيها الناس أفشوا السلام، وأطعموا الطعام، وصلوا الأرحام، وصلوا بالليل والناس نيام، تدخلوا الجنة بسلام.
ومنها قوله عليه الصلاة والسلام: يحشر الناس في صعيد واحد، فينادي مناد: أين الذين كانت تتجافى جنوبهم عن المضاجع؟ فيقومون - وهم قليل - فيدخلون الجنة بغير حساب.
وروي أن الجنيد رؤي في النوم، فقيل له: ما فعل الله بك فقال: طاحت تلك الإشارات وغابت تلك العبارات، وفنيت تلك العلوم ونفدت تلك الرسوم، وما نفعنا إلا ركيعات كنا نركعها عند السحر.


Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Kelebihan Shalat Thajjud