Mengapa disunatkan menanam pohon di atas kubur

Deskripsi masalah:

Kuburan merupakan tempat singgahan akhir setiap manusia, di setiap pemakaman orang islam khususnya banyak hal-hal yang dilakukan seperti halnya menanam pohon dikaki dan kepala simayit dan menanam tumbuhan-tumbuhan lainnya, yang katanya sunnah dan dapat memberi rahmat bagi simayit.

Pertanyaan:

Mengapa disunnahkan menanam pohon dikubur ?

Jawaban:

Karena Itba’ (mengikuti nabi Muhammad saw) berdasarkam hadis yang diriwayatkan Ibnu Hibban yang diambil dari Ibnu Hajar
Pada suatu hari Rasulullah saw berjalan dengan dua orang sahabat, mereka melewati dua kuburan, tiba-tiba dua kuburan tersebut mengeluarkan suara, kemudian dua orang sahabat tersebut bertanya pada Rasulullah ‘’Ya Rasulullah apakah engkau mendengar apa yang kami dengar’’? Rasul menjawab Ya, ‘’kenapa kuburan itu ya Rasul’’? Tanya sahabat, rasulullah bersabda ‘’kuburan ini yang satu adalah orang yang tidak menyucikan kencingnnya pada masa hidup di dunia dan satu lagi orang yang menyakiti manusia dengan lisannya.
Lalu Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk menaman dua pelepah kurma yang masih muda pada kuburan tersebut, ‘’Ya Rasulullah apakah ini akan bermamfaat’’?
Sabda Rasul saw :

نعم يخفف عنهما ما دامتا رطبتين
‘’Ya Ini akan meringankan bagi ahli kubur selama masih basah’’

Kitab Fathul Mu’in Juz II hal.119 ( Cet. Haramain)

(مهمة) يسن وضع جريدة خضراء على القبر للاتباع ولأنه يخفف عنه ببركة تسبيحها وقيس بها ما اعتيد من طرح نحو الريحان الرطب

Kitab Ianah al Thalibin Juz II hal.119 (Cet. Haramain)

(قوله للاتباع) هو ما رواه ابن حبان عن أبي هريرة رضي الله عنه قال كنا نمشي مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فمررنا على قبرين فقام فقمنا معه فجعل لونه يتغير حتى رعد كم قميصه فقلنا مالك يا رسول الله فقال أما تسمعون ما أسمع فقلنا وما ذاك يا نبي الله قال هذان رجلان يعذبان في قبورهما عذابا شديدا في ذنب هين أي في ظنهما أو هين عليهما اجتنابه قلنا فبم ذاك قال كان أحدهما لا يتنزه من البول وكان الآخر يؤذي الناس بلسانه ويمشي بينهم بالنميمة فدعا بجريدتين من جرائد النخل فجعل في كل قبر واحدة قلنا يا رسول الله وهل ينفعهم ذلك قال نعم يخفف عنهما ما دامتا رطبتين



Post a Comment

0 Comments