Bahaya Narkotika Bagi Kehidupan

Dewasa ini, penggunaan narkotika sudah sangat marak di tengah-tengah masyarakat khususnya anak muda. Narkotika bukan merupakan barang baru, tapi sudah dikenal dan digunakan sejak zaman dahulu kala. Baik sebagai obat-obatan atau pelengkap dalam ritual pemujaan.
Di samping mempunyai manfaat untuk pengobatan, narkotika seperti ganja, opium, dan kokain juga berbahaya bagi tubuh manusia apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.
Para ulama menyebutkan, Narkotika seperti ganja mempunyai 120 bahaya yang mengancam kehidupan dan agama. Seperti menyebabkan kelupaan, pusing, merusak akal, TBC, muntah, kusta dan banyak penyakit lain. Juga dapat menyebabkan terbuka rahasia, menimbulkan perbuatan keji, berkurang rasa malu, dan hilang kewibawaan.
Di antara bahaya yang paling dahsyat adalah dapat menyebabkan seseorang lupa mengucapkan syahadah ketika sakaratul maut. Padahal hal tersebut merupakan tujuan akhir dari seorang mukmin yang sangat mendambakan akhir dari kehidupannya dalam keadaan beriman kepada Allah SWT.

Referensi : Hasyiah I’anatutthalibin Juz 4 Hal 156 Cet, haramain

(قوله: والحشيشة) أي وككثير الحشيشة.واعلم: أن العلماء قد ذكروا في مضار الحشيشة نحو مائة وعشرين مضرة دينية ودنيوية: منها أنها تورث النسيان والصداع وفساد العقل والسل والاستسقاء والجذام والبرص وسائر الامراض وإفشاء السر وإنشاء الشر وذهاب الحياء وعدم المروءة وغير ذلك، ومن أعظم قبائحها أنها تنسي الشهادة عند الموت، وجميع قبائحها موجود في الافيون والبنج ونحوهما


Simak juga : 

https://www.youtube.com/watch?v=MBGivBGfvak

Post a Comment

2 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb
    Mohon maaf sebelumnya Tgk, Ganja juga banyak manfaatnya jika kita gunakan ke hal yang positif, seperti Medis,Industri,Kosmetik dll. Pertanyaannya apakah jika kita gunakan ke hal tersebut juga haram tgk?
    Dan apakah 'in nya ganja Haram?

    ReplyDelete