Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Asal-usul Tashwib Saat Azan

Deskripsi Masalah:

Pada saat azan subuh terdengar ada penambahan dalam azan yaitu tambahan Tahwib (الصلاة خير من النوم) penambahan itu ada sampai hari ini bukan karena tidak ada asal usul sunnah yang nabi lakukan beserta sahabat beberapa abad yang lalu.

Petanyaan:

Dimanakan asal usul pembacaat Tashwib (الصلاة خير من النوم) ?

Jawaban:

Ketika waktu shalat tiba Rasullah SAW dan sahabat telah menyepakati dengan mengumandangkan azan sebagai penanda bahwa waktu telah shalat tiba. Susunan kalimat yang dikumandangkan ketika azan adalah takbir 4 kali, shahadat tauhid 2 kali, syahadat Rasul 2 kali, hayya’alataini 4 kali, takbir 2 kali, dan disudahi dengan tahlil 1 kali. Namun terjadi sedikit perbedaan pada azan yang dikumandangkan diketika waktu shalat subuh tiba, yaitu adanya penambahan bacaan taswib (الصلاة خير من النوم) pada shalat subuh setelah hayya’alatain. Penambahahan bacaan tashwib ini bermula ketika Bilal bin Rabah berencana untuk mengumandangkan azan shalat shubuh, tiba-tiba ada orang yang memberi tahu bahwa Rasullullah sedang tidur Maka Bilal berkata:

عليك السلام يايها النبى ورحمة االه وبركاته
الصلاة خير من النوم السلام

sebanyak dua kali. Kemudian Rasullah berkata “ bacalah bacaan tersebut ketika engkau mengumandangkan azan diwaktu shalat subuh”.

Tahrir asy-Syarqawi-1 hal.255 Cet, Darl kutub ilmiyyah








Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Asal-usul Tashwib Saat Azan