Waktu Pelaksanaan Walimah

Deskripsi Masalah:

Setelah akad nikah dilaksanakan, hampir semua manusia mengadakan pesta atau yang dikenal dengan walimatul 'Ursy, disamping ini memiliki kesunnahan dalam kacamata agama walimah juga sangat memberi pengaruh dalam adat satu-satu daerah dalam ajang saling kenal sesama famili dan silaturrahim. Mengenai waktu pelasanaannya, terdapat perbedaan antara satu walimah dengan lainnya hal ini karena pengaruh situasi dan kondisi.

Pertanyaan:

Kapan waktu pelaksanaan walimah yang baik?

Jawaban:

Para ulama tidak menjelaskan mengenai waktu walimah, namun Imam Subki dari ungkapan Imam Al-Baghawi menjelaskan yang bahwa waktu untuk melaksanakan walimah itu waktunya luas mulai dari setelah proses akad nikah dan tidak ada batas akhirnya. Dan yang lebih utama dilaksanakannya setelah dukhul (hubungan badan suami istri) karena nabi Muhammad SAW melakukan walimah setelah melakukan hubungan biologis dengan istrinya.

- Muhammad Bin Abi 'Abbas Syihabuddin Ramli, Nihayah al-Muhtaj Juz 6 Hal 370

ولم يتعرضوا لوقت الوليمة، واستنبط السبكي من كلام البغوي أن وقتها موسع من حين العقد ولا آخر لوقتها فيدخل وقتها به، والأفضل فعلها بعد الدخول: أي عقبه «لأنه - صلى الله عليه وسلم - لم يولم على نسائه إلا بعد الدخول» فتجب الإجابة إليها من حين 
العقد وإن خالف الأفضل خلافا لما بحثه ابن السبكي في التوشيح، ولا تفوت بطلاق ولا موت ولا بطول الزمن فيما يظهر كالعقيقة

Simak penjelasan Abi MUDI
Memegang Al Quran digital di Hp tanpa Wudhu' :

Post a Comment

0 Comments