puasa yang dapat menjadi adat sehingga dibolehkan berpuasa setelah nisfu kedua bulan Sya`ban

Salah satu puasa yang diharamkan adalah puasa setelah nisfu Sya`ban, kecuali bila telah menjadi adatnya untuk berpuasa.

Bagaimanakah standar puasa seseorang yang dapat menjadi adat baginya sehingga dibolehkan untuk berpuasa setelah nisfu yang kedua pada bulan Sya`ban?

Jawab:
Seseorang dapat dikatakan telah beradat puasa dengan sebab telah berpuasa satu kali sebelum datang nisfu Sya`ban dengan syarat ia tidak berbuka pada hari yang sama sebelum datang Nisfu. Maka seseorang yang baru berpuasa sunat pada hari senin dua minggu sebelum nisfu Sya`ban kemudian pada minggu selanjutnya ia tidak berpuasa maka pada setelah nisfu Sya`ban ia tidak dibolehkan untuk berpuasa pada hari senin, karena adatnya telah batal dengan sebab ia tidak berpuasa pada hari senin sebelum nisfu. Adapun bila ia memulai puasa sunat senin satu minggu sebelum nisfu maka ia dibolehkan untuk berpuasa pada hari senin selanjutnya yang jatuh setelah nisfu Sya`ban.
Bila ia telah berpuasa dalam beberapa minggu sebelum nisfu Sya`ban maka dibolehkan terhadapnya untuk tetap berpuasa dalam nisfu yang kedua walaupun ia sempat tidak berpuasa pada hari yang serupa sebelum nisfu.

Referensi
Fatawi Fiqhiyyah Kubra, Ibnu Hajar Al Haitamy jilid 2 hal 76 cet.Dar Fikr
( وسئل ) فسح الله في مدته بما لفظه يحرم الصوم بعد نصف شعبان إن لم يعتده أو يصله بما قبله ما ضابط العادة هنا ويوم الشك ؟

( فأجاب ) بقوله : الذي يظهر أنه يكتفى في العادة بمرة إن لم يتخلل فطر مثل ذلك اليوم الذي اعتاده فإذا اعتاد صوم الاثنين في أكثر أسابيعه جاز له صومه بعد النصف ويوم الشك ، وإن كان أفطره قبل ذلك ؛ لأن هذا يصدق عليه عرفا أنه معتاده ، وإن تخلل بين عادته وصومه بعد النصف فطره ، وأما إذا اعتاده مرة قبل النصف ثم أفطره من الأسبوع الذي بعده ثم دخل النصف فالظاهر أنه لا يجوز له صومه ؛ لأن العادة حينئذ بطلت بفطر اليوم الثاني بخلاف ما إذا صام الاثنين الذي قبل النصف ثم دخل النصف من غير تخلل يوم اثنين آخر بينهما فإنه يجوز صوم الاثنين الواقع بعد النصف ؛ لأنه اعتاده ولم يتخلل ما يبطل العادة فإذا صامه ثم أفطره من أسبوع ثان ثم صادف الاثنين الثالث يوم الشك فالظاهر أنه يجوز له صومه ولا يضر حينئذ تخلل فطره ؛ لأنه سبق له صومه بعد النصف وذلك كاف . هذا ما ظهر الآن ولعلنا نزداد فيه علما أو نشهد نقلا .

Post a Comment

0 Comments