Hukum puasa setelah Nisfu Sya`ban

Hukum puasa setelah Nisfu Sya`ban
Pertanyaan:
Bagaimanakah hukumnya berpuasa setelah nisfu Sya`ban.

Jawab:
Bulan Sya`ban merupakan bulan yang penuh barakah, Rasulullah paling banyak berpuasa selain dalam bulan Ramadhan adalah dalam bulan Sya`ban.

Namun perlu digaris bahawi bahwa dalam bulan Sya`ban ada waktu-waktu yang dilarang berpuasa, yaitu seletah nisfu Sya`ban. Dalam satu hadits Shahih Rasulullah bersabda:

إذا بَقِىَ نِصْفٌ من شعبان فلا تصوموا

“Apabila tinggal setengah dari Sya`ban maka janganlah kamu berpuasa”. (H.R Imam Turmuzi)

Namun keharaman ini tidak berlaku mutlak. Keharaman ini dikecualikan bagi :

Puasanya disambung dengan puasa sebelum nisfu sya`ban, artinya ia juga berpuasa pada 15 sya`ban maka pada 16 sya`ban dibolehkan baginya untuk berpuasa.

Bertepatan dengan adatnya berpuasa, misalnya ia telah terbiasa puasa senin kamis, maka dibolehkan baginya pada hari senin kamis setelah nisfu sya`ban untuk berpuasa senin kamis.

Puasa lain yang memiliki sebab lain tersendiri seperti Puasa qadha (walaupun qadha puasa sunat), Puasa nazar, Puasa kafarah, puasa yang diperintahkan oleh Imam ketika akan shalat istisqa` (shalat meminta hujan) maka dibolehkan untuk berpuasa bahkan pada kasus puasa qadha wajib dan nazar wajib baginya untuk berpausa.

Pengecualian bagi kalangan yang telah terbiasa untuk berpuasa diatas adalah berdasarkan kepada hadits Rasulullah:

لا يتقدمن أحدكم رمضان بصوم يوم أو يومين إلا أن يكون رجل كان يصوم صومه فليصم ذلك اليوم (متفق عليه

“jangan kamu dahulukan puasa Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari kecuali bagi seseorang yang selalu berpuasa, maka hendaklah Ia berpuasa pada waktu tersebut” (H.R. Bukhari Muslim)

Sedangkan pengecualian untuk puasa nazar, kafarah dan qadha adalah berdasarkan qiyas kepada puasa adat yang tersebut dalam hadits.

Selain itu setelah nisfu sya`ban ada hari lain yang diharamkan juga berpausa dengan sebab yang lain yaitu hari syak (Yaum Syak). Yang dimaksud dengan hari Syak adalah hari ke 30 Sya`ban dan masyarakat ramai membicarakan isu terlihat hilal namun hal tersebut belum ada ketetapan dari hakim karena tidak ada yang bersaksi atau yang bersaksi adalah orang-orang yang tidak cukup syarat sebagai saksi hilal Ramadhan.

Keharaman puasa pada hari Syak sebenarnya sudah masuk dalam hari setelah nisfu Sya`ban. Namun para ulama juga menyebutkannya keran keharamannya memiliki dua sebab, sehingga keharamannya lebih besar dari puasa setelah nisfu sya`ban yang lain.

Dalil yang menerangkan keharaman puasa hari syak adalah hadits riwayat Imam Turmuzi:

من صام يوم الشك فقد عصى أبا القاسم صلى الله عليه وسلم رواه الترمذي وغيره

“Barang siapa berpuasa pada hari Syak maka ia sungguh telah berbuat maksiat terhadap Aba Qasim SAW” (H.R Imam Turmuzi)

Referensi:
Fathul Mu`in dan Hasyiah I`anatuth Thalibin jilid 2 hal 273 Cet. Toha Putra
Hasyiah Qalyuby `ala Mahally jilid 1 hal 366 Cet. Dar Fikr
Syarah Tahrir dan Hasyiah Syarqawi `ala Syarah Tahrir jilid 1 hal 416 Cet. Dar Firk
Nash Kitab Mu`tabarah.

Fathul Mu`in dan Hasyiah I`anatuth Thalibin jilid 2 hal 273 Cet. Toha Putra

(تتمة) يحرم الصوم في أيام التشريق والعيدين وكذا يوم الشك لغير ورد وهو يوم ثلاثي شعبان وقد شاع الخبر بين الناس برؤية الهلال ولم يثبت وكذ بعد نصف شعبان ما لم يصله بما قبله أو لم يوافق عادته أو لم يكن عن نذر أو قضاء ولو عن نفل

(قوله: وكذا بعد نصف شعبان) أي وكذلك يحرم الصوم بعد نصف شعبان لما صح من قوله (ص): إذا انتصف شعبان فلا تصوموا

(قوله: ما لم يصله بما قبله) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما قبله، فإن وصله به ولو بيوم النصف، بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر، فلا حرمة

(قوله: أو لم يوافق عادته) أي ومحل الحرمة أيضا ما لم يوافق صومه عادة له في الصوم، فإن وافقها - كأن كان يعتاد صوم يوم معين كالاثنين والخميس - فلا حرمة

(قوله: أو لم يكن عن نذر إلخ) أي: ومحل الحرمة أيضا: ما لم يكن صومه عن نذر مستقر في ذمته، أو قضاء، ولو كان القضاء لنفل، أو كفارة، فإن كان كذلك، فلا حرمة، وذلك لخبر الصحيحين: لا تقدموا - أي لا تتقدموا - رمضان بصوم يوم أو يومين إلا رجل كان يصوم يوما ويفطر يوما فليصمه. وقيس بما في الحديث من العادة: النذر، والقضاء، والكفارة - بجامع السبب -. والله سبحانه وتعالى أعلم

Hasyiah Qalyuby `ala Mahlly jilid 1 hal 366 Cet. Dar Fikr

ثلاثة أيام بل أربعة بيوم الخروج فإنه من جملة الأمر ويجوز صومها ولو من نصف شعبان الثاني لأنه لسبب

Post a Comment

1 Comments

  1. Assalamu'alaikum tgk , izin saya bertanya
    Bagaimana cara membayar puasa yg lampau , yang tinggal disebabkan kelalaian masa muda dulu , karena tidak tau lagi berapa puasa yg tinggal ?

    ReplyDelete