Download Sullam al-Muta`allim Muhtaj ila Ma`rifat Rumuz al-Minhaj

Kitab Sullam al-Muta`allim al-Muhtaj ila Ma`rifat Rumuz al-Minhaj.Kitab Minhajuth Thalibin karangan Imam Nawawi (631 H - 676 H) merupakan sebuah kitab mukhtashar dalam ilmu fiqh Mazhab Syafii yang penting. Menurut mayoritas ulama kitab ini merupakan ringkasan dari kitab al-Muharrar karangan Imam Rafii. Kitab ini mendapat perhatian besar dari para ulama, sehingga banyak ulama yang mencurahkan perhatian mereka terhadap kitab ini, baik dengan dihafal, mensyarahnya ataupun meringkasnya dan menjadikannya sebagai nadham. Kitab besar dalam bidang fiqh Mazhab Syafii pada masa selanjutnya tidak terlepas dari kitab Minhaj ini. Diantara syarah kitab Minhaj yang terkenal adalah kitab Tuhfatul Muhtaj karangan Imam Ibnu Hajar al-Haitamy (909 H/1504 M - 973 H /1567 M) dan Nihayatul Muhtaj karangan Imam Syihab ar-Ramly (919 H/1513M-1004 H/1596 M), Kanz al-Raghibin karangan Imam Jalal al-Mahally (791 H/1389 M-864 H/1459 M) dan Mughny Muhtaj karangan Imam Khatib Syarbainy (w. 977 H/1570 M).

Imam Nawawi, dalam kitab Minhaj menggunakan beberapa istilah khusus untuk membedakan pendapat yang kuat dan dhaif menurut kekuatan khilafnya. Istilah-istilah tersebut Imam Nawawy sebutkan dalam muqaddimah kitab Minhaj. Untuk mempelajari kitab Minhaj dan syarahnya maka mutlak harus dipahami istilah-istilah yang dipakai oleh Imam Nawawy tersebut.

Para ulama juga menaruh perhatian besar terhadap istilah Imam Nawawi tersebut, sehingga beberapa ulama menulis pengertian dan uraian dari istilah tersebut dalam kitab-kitab mereka. Bahkan ada yang mengarang kitab khusus membahas istilah tersebut. Salah satu kitab yang khusus membahas istilah tersebut adalah kitab Sullam al-Muta`allim ila Ma`rifat Rumuz al-Minhaj karangan al-allamah Sayyid Ahmad Syamilah al-Ahdal (w. 1390 H).

Kitab ini terdiri dari empat fashal. Pada fashal pertama beliau menerangkan tentang kitab Minhaj, sedikit biografi dan silsilah keilmuan pengarangnya (Imam Nawawy) dan perhatian ulama terhadap kitab Minhaj yang berupa menghafalnya, mengsyarahnya, meringkasnya dan menjadikan kitan Minhaj sebagai nadham.

Selanjutnya pada fashal kedua, beliau menerangkan asal usul kitab. Beliau juga menerangkan siapa saja para ulama yang ikut meringkas atau mensyarah kitab al-Muharrar dan bahkan beliau juga menerangkan silsilah kitab fiqh mazhab Syafii hingga sampai kitab Imam Syafii sendiri.

Dalam fashal yang ketiga barulah pengarang menerangkan maksud istililah Imam Nawawy dalam kitab-kitab beliau, serta urutan kitab Imam Nawawi yang didahuluan ketika ta`arudh. Dalam menerangkan istilah Imam Nawawi, beliau juga meyebutkan jumlah istilah tersebut didalam kitab al-Minhaj. Misalnya lafahd al-Azhar, ashah, kazda, masyahur mazhab dll berapa ditemukan didalam kitab al-Minhaj

Pada fashal yang keempat, mushanif menyebutkan meneragkan maksud istilah kitab TuhfatulMuhtaj dan Nihayah Muhtaj, Mughny dan kitan yang lainnya.

Kitab ini telah dicetak beberapa kali. Salah satunya di cetak oleh Dar Minhaj, arab Saudy pada muqaddimah kitab Najmul Wahhaj karangan Imam Kamaluddin ad-Damiri (724 H/1341 M-808 H/1405 M) yang di tahqiq oleh ulama mazhab Syafii negri Makkah, syeikh Ismail Usman Zain (1352 H-1414 H)

Siapa yang berminat memiliki kitab tersebut dalam format file pdf dan box, silahkan download di disini



Post a Comment

1 Comments