Fenomena Yang Banyak Terjadi Zaman Ini

Salah satu diantara macam-macam riya' adalah seseorang mengaku-ngaku berteman dengan orang-orang mulia, ia mengadakan walimah dan jamuan-jamuan untuk mereka dan ia juga mengunjungi rumah-rumah mereka dan memberi mereka banyak hadiah.

Ia melakukan hal itu semua agar ia dikenal akrab dengan mereka, bukan agar ia memperoleh manfaat dari mereka. Akan tetapi agar ia ikut dimuliakan oleh orang banyak dibalik kemuliaan orang-orang mulia yang diakrabinya itu, dan iapun memperoleh keuntungan lebih dan bertambah.
Dan simpelnya ia bilang: "Saya duduk bersama dengan 'alim Fulan", atau "Saya makan bersama ulama Fulan". Maka orang yang mendengarnya akan berkomentar: "Maasyaallah" dan mengira bahwa ia termasuk bagian dari orang-orang mulia itu, dan itulah yang sebenarnya diinginkan olehnya.

(فرحة النفوس بشرح تاج العروس الحاوي لتهذيب النفوس للإمام عطاء الله السكندري ص ١٧٤)

من أنواع الرياء أن يدَّعي الرجل صحبةَ الأفاضل، ويُقيم الولائم والحضرات لهم ويزورهم في بيوتهم ويُغدق عليهم، يفعل كل ذلك ليُعرف بهم، لا لينتفع بهم، بل ليكسب احترام الناس من وراء احترامهم لهم، وتزداد مصالِحُه وتنمو،
ومجمل حديثه؛ "جلستُ مع العالم الفلاني"، "تَعَشَّيتُ مع العارف الفلاني"، فمن يسمع ذلك يقول؛ "ما شاء الله"، ويظن أنه منهم، وهذا 'الذي يريده الرجل


Adab Seorang Guru Terhadap Murid, Abi MUDI






Post a Comment

0 Comments