Download Kitab Karya Syaikh Ali ash-Shabuni

Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ali bin Jamil Ali Ash-Shabuni, atau lebih dikenal dengan sebuan Ash-Shabuni. Beliau lahir di kota Helb Syiria pada tahun 1928 M. Setelah sekian lama mendalami ilmu pengetahuan di Syiria, beliau melanjutkan perjalanan intelektualnya ke Mesir, dan merampungkan program magisternya di universitas Al-Azhar mengambil tesis khusus tentang perundang-undangan dalam Islam pada tahun 1954 M. Saat ini bermukim di Mekkah dan tercatat sebagai salah seorang staf pengajar tafsir dan ulumul Qur‟an di fakultas Syari‟ah dan Dirasat Islamiyah universitas Malik Abdul Aziz Makkah.

Ali ash-Shabuni memperoleh pendidikan dasar dan formal mengenai bahasa Arab, ilmu waris, dan ilmu-ilmu agama di bawah bimbingan langsung sang ayah syaikh Jamil ash-Shabuni. Sejak usia kanak-kanak, ia sudah memperlihatkan bakat dan kecerdasan dalam menyerap berbagai ilmu agama. Di usianya yang masih belia, Ash Shabuni sudah hafal Al Quran. Ia juga berguru pada ulama terkemuka di Aleppo, seperti Syaikh Muhammad Najib Sirajuddin, Syaikh Ahmad Al Shama, Syaikh Muhammad Said Al Idlibi, Syaikh Muhammad Raghib Al Tabbakh, dan Syaikh Muhammad Najib Khayatah. Ash Shabuni juga kerap mengikuti kajian-kajian para ulama lainnya yang biasa diselenggarakan di berbagai masjid.Setelah menamatkan pendidikan dasar, Ash Shabuni melanjutkan pendidikan formalnya di sekolah milik pemerintah, Madrasah Al Tijariyyah. Di sini, ia hanya mengenyam pendidikan selama satu tahun. Kemudian, ia meneruskan pendidikan di sekolah khusus syariah, Khasrawiyya, yang berada di Aleppo. Ia berhasil menyelesaikan pendidikan di Khasrawiyya dan lulus tahun 1949.Atas beasiswa dari Departemen Wakaf Suriah, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Al Azhar, Mesir, hingga selesai strata satu dari Fakultas Syariah pada tahun 1952. Dua tahun berikutnya, di universitas yang sama, ia memperoleh gelar magister pada konsentrasi peradilan Syariah (Qudha Asy Syariyyah).

Banyak karya-karya nya yang sangat luar biasa baik dari segi kualitas ataupun kuantitasnya. Sangat tidak melebih-lebihkan jika kita katakana bahwa ash-Shabuni adalah ulama yang sangat  produktif sampai usia senja nya. Di antara karya-karya beliau yang terkenal yaitu:

Download beberapa kitab Imam Ali as-Shabuni

 1. Rawai'ul Bayan Fi Tafsir ayatil ahlkam

2. Shafwatut Tafasir 

3. An-nubuwwah Wal Anbiya 

4. Al Mawarist fi Syari'atil Islamiyyah 

5.Syarah Riyaddhusshalihin  

 

 

 



Post a Comment

0 Comments