Kenapa Didahulukan Imam Nawawi daripada Imam Rafi’i dalam Fiqh ?


Sosok Imam Nawawi dan Imam Rafi’i tentunya tidak asing lagi bagi kalangan para pelajar Fiqh mazhab Syafi’i, apalagi pelajar yang telah menapaki jenjang Fiqh perbandingan dalam mazhab Syafi’i. Namun, sebuah hal yang sangat disayangkan adalah para pelajar masih banyak yang belum tahu alasan di balik didahulukannya Imam Nawawi dibandingkan Imam Rafi'i. Ada juga yang menganggap perkara karamah adalah yang melatar belakangi pendahuluan tersebut. Salah kaprah ! Bagaimana tidak, hal yang bersifat ilmiah dijawab dengan hal yang tidak ilmiah sama sekali. Ya, karena karamah adalah karunia Tuhan , tidak ada sangkut paut dengan penjelasan berbasis ilmiah.

Memang, ramai sekali ulama yang mengatakan bahwa di saat ada persoalan ikhtilaf maka yang didahulukan adalah Imam Nawawi ketimbang Imam Rafi’i, akan tetapi tidak disertai sebabnya, melainkan hanya mengatakan bahwa ini adalah kesepakatan para ahli fiqh atau Ulama Muta’akhirin , sebagaimana kata Imam Ibnu Hajar dalam Tuhfah Al-Muhtaj :

والا فالذي اطبق عليه محققون المتأخرون ، ولم تزل مشايخنا يوصون به وينقلونه عن مشيخهم وهم عمن قبلهم وهكذا ان المعتمد : ما اتفق عليه –[ أي: النووي و الرافعي]-  ...

Di saat menelisik kitab karya Syekh Muhammmad bin Umar bin Ahmad Al-Kaf “Al-Mu’tamad” kita dapat menjumpai alasan/penyebab didahulukan Imam Nawawi. Setidaknya ada enam penyebab didahulukan Imam Nawawi dari Imam Rafi’i :

تأخر الامام النووي عن الرافعي و استدراكه وتصحيحه عليه

1. Karena Imam Nawawi hidup di masa sesudah Imam Rafi'i, jadi beliau juga telah merevisi dan mentashih pendapat Imam Rafi'i

اجتهاده في خدمة المذهب و اعتناؤه بالترجيح اكثر

2. Usaha Imam Nawawi dalam mengkhidmah dan kepeduliannya dalam mentarjih mazhab lebih banyak dari pada Imam Rafi'i

 سعة اطلاعه ، و توافر مصادر لم يطلع عليها الرافعي

3. Luas pengetahuan Imam Nawawi dan kelengkapan referensi yang tidak dimiliki oleh Imam Rafi'i

كثرة تصانيفه الفقهية وانتشارها و اعتناء الناس بها

4. Imam nawawi memiliki karya dalam ilmu fiqh yang lebih banyak dari pada Imam Rafi'i

وضع النووي اصطلاحات محددة دقيقة للخلاف و مراتبه قوة و ضعفا

5. Imam Nawawi mencetuskan beberapa istilah yang pasti untuk menerangkan perkara khilaf dan kekuatan khilaf dari segi kuat atau dhaif 

كون النووي نشأ في ظل الدولة الابوية و الملوكية المحتضنة للمذهب الشافعي

6. Imam Nawawi hidup pada masa Daulah Ayyubiyyah dan Mamlukiyyah yang memeluk erat mazhab Syafi'i 

Ada juga alasan lain yang masyhur di kalangan para ahli Fiqh mengapa Imam Nawawi lebih didahulukan, yaitu karena keikhlasan beliau dan juga karena kezuhudannya sebagaimana dalam Fatawa Syihabuddin Ramli :

 “ فاذ انفرد احدهما فالعمل بما عليه الامام النووي ، و ما ذاك إلا لحسن النية و اخلاص الطوية”

Namun alasan tersebut kurang tepat karena perkara keikhlasan dan bagus niat adalah hal-hal yang bersifat batin, dan tidak dapat diketahui secara konkrit.

Inilah beberapa penyebab didahulukan Imam Nawawi berdasarkan kitab Al-Mu’tamad Inda Syafi’iyah.

 

Referensi : 

Al-Mu’tamad Inda Syafi’iyah, Karya Syekh Muhammmad bin Umar bin Ahmad Al-Kaf 
halaman 248-251, Cet : Darul Qalam Damaskus.

Post a Comment

0 Comments