Tiket Untuk Membeli Surga


Surga adalah salah satu dari karunia dan nikmat terbesar yang Allah SWT ciptakan untuk hamba-hamba yang taat kepadaNya.

Setiap manusia yang beriman dan bertakwa, tentunya menginginkan surga yang menjadi tempat kebahagiaan dan limpahan kenikmatan yang dinanti-nantikan setelah melewati perjalanan panjang semasa hidup di dunia. Dan tempat yang abadi yang menjadi tempat kembali bagi hamba-hamba yang taat kepada Allah dan menjauhi segala laranganNya.

Sebagaimana firman Allah SWT. Dalam Al-Qur'an :

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ {٤٠} فَإنَّ الجَنَّةَ هِيَ المَأْوى {٤١}.

Artinya : "Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya. Maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya)."  (QS. An-Nazi'at : 40-41 )


Namun, untuk mendapatkan tiket masuk surga pastinya bukanlah hal yang sangat sukar dan rumit untuk didapatkan. Islam adalah agama yang sempurna sudah menetapkan batasan-batasan dan beberapa aturan bagi pemeluknya, supaya mendapatkan kebahagiaan baik di dunia dan di akhirat. Sebagai umat Islam yang taat, tentunya akan melakukan semua aturan-aturan tersebut dengan penuh kegembiraan dan keikhlasan dengan maksud dan tujuan untuk memperoleh keridhaan Allah SWT. Dan dengan itulah surga akan mudah untuk di dapatkan.


Di dalam kitab Nashaihul 'Ibad disebutkan bahwa :

وعن علي (رضي الله عنه) أنه قال : من جمع ستة خصال لم يدع للجنة مطلبا ولا عن النار مهربا : أولها عرف الله تعالى وأطاعه، وعرف الشيطان فعصاه، وعرف الآخرة فطلبها، وعرف الدنيا فرفضها، وعرف الحق فاتبعه، وعرف الباطل فاجتنبه.

Artinya : Diriwayatkan dari Saiyidina Ali R.A beliau berkata : Barangsiapa yang menghimpun 6 perkara berarti dia tidak membiarkan surga untuk dicari¹ dan neraka untuk di jauhi. Pertama, mengenali Allah SWT dan menta'atiNya. Kedua, mengenali setan dan mengingkarinya. Ketiga, mengenali akhirat dan mempersiapkan bekal (untuk menuju kesana). Keempat, mengenali dunia kemudian meninggalkannya. Kelima, mengetahui haq (kebenaran) kemudian mengikutinya. Keenam, mengenali kebatilan kemudian menjauhkan diri darinya.


Enam perkara untuk mendapatkan surga dan dijauhkan dari neraka:

1. Mengenali bahwa Allah SWT yang memberikan segala kenikmatan, berupa rezeki, jodoh, dan lainnya, juga memberikan balasan-balasan terhadap amalan-amalan kepada semua makhlukNya. Serta mentaati semua perintah-perintahNya

2. Mengenali bahwa setan adalah musuh Allah SWT dan musuh kita sendiri yang selalu menyesatkan umat manusia ke jalan yang buruk dan dibenci oleh Allah SWT, serta berusaha untuk mengingkari semua godaan-godaannya.

3. Mengenali akhirat yang menjadi tempat kekal setelah melewati kehidupan di dunia dan selalu mempersiapkan bekal untuk menuju ke sana.

4. Mengenali bahwa Dunia merupakan segala hal yang menyebabkan kita lupa kepada Allah SWT. Dan bukanlah sesuatu yang bisa memberikan manfaat kepada kita sendiri mulai dari alam kubur hingga akhirat. Serta berupaya untuk meninggalkan segala kenikmatannya.

5. Mengenal haq atau kebenaran sebagai aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam agama Islam kemudian mengamalkannya.

6. Mengenal kebathilan, yakni segala hal yang berbentuk keburukan yang bertentangan dengan syariat Islam dan berupaya menjaukan diri dari semua itu.

Itulah enam tiket untuk mendapatkan surga yang hanya didapatkan oleh orang-orang yang mau menaati semua perintah Allah SWT, dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, serta berupaya untuk menjauhi segala bentuk larangan-laranganNya yang menyebabkan kemurkaan dan jauh dari rahmat Allah SWT. Sehingga menyebabkan masuk ke dalam Neraka.

Posting Komentar

0 Komentar