Amalan Sunah Setelah Shalat Jumat

Amalan Sunah Setelah Shalat Jumat

 

Di antara deretan hari dalam seminggu, Jumat merupakan hari yang paling baik. Karena pada hari Jumat terdapat banyak kelebihan-kelebihan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh hari-hari yang lain. Di antaranya seperti Allah memerdekakan 600.000 budak dari api neraka, memberikan pahala syahid serta meringankan fitnah kubur kepada siapa saja yang meninggal pada hari Jumat.


Ada beberapa alasan menarik di balik penamaan hari Jumat. Ada pendapat yang mengatakan hari Jumat merupakan hari berkumpulnya  para manusia. Ada yang mengatakan karena berkumpulnya seluruh kebaikan pada hari Jumat, dan juga ada pendapat yang mengatakan karena Jumat merupakan hari perjumpaan kembali Nabi Adam dengan Siti Hawa di Arafah.


Pada hari Jumat ada banyak sekali amalan-amalan sunah yang dapat dilakukan. Salah satu amalan sunah yang dapat dilakukan dan memiliki keutamaan yang luar biasa adalah zikir dan doa setelah shalat Jumat.


Berikut amalan zikir dan doa setelah shalat Jumat (dilakukan setelah salam sebelum melipat kaki untuk duduk bersila):

1.     Membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 7 kali.

2.     Membaca doa ini sebanyak 4 kali, yaitu :

 

اَللّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

 

Artinya: "Ya Allah, Wahai Dzat yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha penuh Cinta,  berikanlah kepadaku apa yang telah Kau halalkan dari yang Kau haramkan, dan berikanlah kepadaku karunia-Mu daripada selain diri-Mu."


Barang siapa yang selalu membacanya, maka Allah akan memberikan rezeki dan kekayaan kepadanya dari tempat yang tidak ia sangka, diampunkan segala dosa-dosa yang terdahulu dan kemudian, serta Allah akan menjaga agama, dunia, keluarga dan anak-anaknya.

 

Wallahu a’lam.

 

Sumber:

Kitab Asy-Syarkawi ‘ala Tuhfah At-Thullab Juz 1, hal 258 cet. Dar Al-Fikr.

Posting Komentar

0 Komentar