Kisah Imam Sa'ad At-taftazani dan Rasulullah

 

Kisah Imam Sa'ad At-taftazani Dan Rasulullah

Imam Mas'ud Bin Umar bin Abdullah At-Taftazani yang terkenal dengan panggilan Imam Sa'ad At-Taftazani, Seorang pakar ilmu lughah, yang bergelar امام البيانيين dan حجة البلاغيين Dilahirkan pada tahun 722 H Di negeri Taftazan yang sekarang berada sebelah timur negeri Iran. Ada satu kisah menarik tentang perjalanan beliau menuntut ilmu agama yang disebutkan dalam kitab  Syazarat Adz-dzahab juz. 8, hal. 548

 

Ahli sejarah, Ibnu al-'Imad, di dalam kitabnya Syazarat adz-Zahab menukilkan satu kisah tentang imam Sa'ad at-Taftazani belajar kepada imam 'Adhud. Beliau berkata: "Sebagian dari ulama-ulama yang mulia pernah bercerita": Bahwa Syaikh Sa'du ad-Din di saat beliau pertama belajar ilmu agama beliau merupakan orang yang paling sulit dalam memahami ilmu, dan di antara murid-murid imam 'Adhud tidak ada yang lebih bodoh dari imam Sa'ad. Walaupun demikian, imam Sa'ad Merupakan orang yang paling sungguh-sungguh dalam belajar dan kesulitannya dalam belajarnya tidak mempengaruhi semangat beliau dalam belajar ilmu agama.

 

Kemudian, pada suatu hari beliau pergi ke tempat ibadah beliau seperti biasanya. Tiba-tiba datang seorang laki-laki kepada beliau dan berkata: "Bangunlah wahai Sa'ad, Sekarang Kita pergi ke sairi (ujian)." Beliau menjawab: "Aku tidak bisa, Aku tidak paham apa-apa. Nanti, bagaimana jika aku pergi kepada ujian sedangkan aku belum belajar, belum bisa apa-apa." Maka laki-laki itu pun pergi dan datang kembali, dan laki-laki itu berkata lagi: "Bangunlah Wahai Sa'ad, Ayo kita pergi kepada sairi." Dan beliau menjawab seperti jawaban pertama dan beliau tidak pergi bersama laki-laki itu. Kemudian laki-laki itu pergi lagi dan datang kembali ketiga kalinya, dan berkata seperti pada kali pertama dan kedua. Dan beliau pun menjawab seperti jawaban sebelumnya.

Kemudian laki-laki itu pun berkata, "Aku tidak pernah melihat orang yang lebih bodoh darimu." Dan laki itu melanjutkan: "Rasulullah SAW Memanggilmu."

 

Seketika, beliau bangun dengan segera dan tidak sempat memakai sandal, beliau pergi dengan telanjang kaki sehingga sampai di satu tempat di luar balad  yang di tempat itu ada pepohonan kecil. Kemudian beliau melihat Rasulullah  dan para sahabatnya berada di bawah pepohonan kecil tadi. Rasulullah pun tersenyum melihat imam Sa'ad. Dan rasul berkata, "Aku telah mengirim utusan kepada kamu berkali-kali, mengapa kamu tidak datang?"

 

Beliau menjawab: "Wahai Rasulullah aku tidak mengetahui bahwa laki-laki itu adalah utusanmu. Dan engkau mengetahui bahwa aku adalah orang yang buruk pemahaman, hafalanku sedikit. Maka sekarang aku mengadu kepadamu, Ya Rasul.”

 

Kemudian Rasul Berkata, "Bukalah Mulutmu." Kemudian rasul meludah ke dalam mulut imam Sa'ad dan berdoa kepadanya. Lantas rasul memerintahkannya saat untuk kembali ke tempatnya, Dan rasul memberi kabar gembira dengan terbukanya ilmu agama di dalam jiwa imam Sa'ad.

 

Maka, beliau pun pulang dan telah menjadi orang yg penuh ilmu agama dan penuh dengan cahaya. Kemudian, keesokan harinya beliau pergi ke majlis imam 'Adhud dan beliau duduk di tempat biasanya. Dan Tiba-tiba di tengah belajar beliau menyampaikan beberapa pendapat yang kawan-kawan beliau menyangka apa yang disampaikan imam Sa'ad tidak ada maknanya, yang padahal mereka yang tidak mengerti maksud dari ungkapan imam Sa'ad.

 

Disaat Imam 'Adhud Mendengar ungkapan dari Imam Sa'ad Beliau Menangis dan berkata: "Wahai Sa'ad, kamu hari ini bukanlah dirimu yang kemarin."  Dan Imam Adhud berdiri dari majelisnya dan mendudukkan Imam Sa'ad pada tempat duduk beliau.

 

Maka setelah kejadian itu masyhurlah nama Imam Sa'ad At-taftazani yang dikenal penuh dengan ilmu agama.

 

نقل المؤرخ ابن العماد الحنبلي في ( شذرات الذهب ) حكاية عن ابتداء طلب السعد للعلم على يد العلامة العضد ، قال : ( وحكى بعضُ الأفاضل : أنَّ الشيخ سعد الدين كان في ابتداء طلبه بعيد الفهم جداً ، ولم يكن في جماعة العضد أبلد منه ، ومع ذلك فكان كثير الاجتهاد ، ولم يؤيسه جمود فهمه من الطلب ، وكان العضد يضرِبُ به المثل بين جماعته في البلادة  فاتفق أن أتاه إلى خلوته رجلٌ لا يعرفُهُ ، فقال له : قم  يا سعد الدين لنذهب إلى السير  ، فقال : ما للسير خلقتُ ، أنا لا أفهم شيئاً مع المطالعة ، فكيف إذا ذهبت إلى السير ولم أطالع ؟! فذهب وعاد ، وقال له : قم بنا إلى السير ، فأجابَهُ بالجواب الأول ، ولم يذهب معه ، فذهب الرجل وعاد ، وقال له مثلما قال أولاً فقال : ما رأيتُ أبلدَ منك ! ألم أقل لك : ما للسير خلقتُ؟ فقال له : رسول الله صلى الله عليه وسلم يدعوكَ ، فقام منزعجاً ولم ينتعل ، بل خرج حافياً حتى وصل به إلى مكان خارج البلد به شُجَيراتٌ ، فرأى النبيَّ صلى الله عليه وسلم في نفر من أصحابه تحت تلك الشُّجَيراتِ ، فتبسم له وقال : نرسل إليك المرة بعد المرة ولم تأتِ ؟ فقال : يا رسول الله ؛ ما علمتُ أنَّك المرسِلُ ، وأنت أعلم بما اعتذرتُ به من سوء فهمي وقلة حفظي ، وأشكو إليك ذلك

فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم افتح فمَكَ ، وتفل له فيه ، ودعا له ، ثم أمره بالعود إلى منزلِهِ ، وبشَّرَهُ بالفتح ، فعاد وقد تضلَّعَ علماً ونوراً فلما كان من الغد أتى إلى مجلس العضد وجلس مكانه ، فأورد في أثناء جلوسِهِ أشياء ظنَّ رفقتُهُ من الطلبة أنَّها لا معنى لها ؛ لما يعهدون منه ، فلما سمعها العضد بكى ، وقال : أمرك يا سعد الدين ، إليَّ ؛ فإنَّكَ اليومَ غيرُك فيما مضى ! ثم قام مِنْ مجلسه وأجلسه فيه ، وفخم أمره من يومئذ

Posting Komentar

2 Komentar