Pentingnya Bermazhab dalam Agama Islam

 

Dari beberapa pemakaian kata Mazhab, salah satunya di peruntukan untuk hal yang menjadi rujukan amaliyah seseorang berlandaskan apa yang telah di kemukakan Mujtahid melalui ijtihad nya. Legalitas bermazhab sendiri pun di dalam jantung islam tak perlu di tanyakan lagi ke absahannya. Namun mengherankan, masih ada segelintir orang dengan pikiran bid'ahnya menganggap bahkan sampai mengkampanyekan bahwa bermazhab adalah jalan terbesar perpecahan dalam islam sendiri. Seolah Mazhab adalah noda hitam yang masih terbengkalai dan tak di bersihkan di dalam islam .

Intinya pungkas mereka "bermazhab adalah wasail perpecahan". Tak sampai di sini, bahkan dengan gagahnya mereka menukil serampangan ayat Alqur'an sebagai pembenaran jua tirai atas kesalahan yang mereka tampakkan : 

Dan sesungguhnya merekalah orang yang memecah-belah agama dan mereka menjadi (terpecah) dalam golongan-golongan..... (Qs :al-an'am 159)

Jelas-jelas nukilan ayat ini salah kaprah dan seenaknya saja, serta buta konteks ayat . 

Pada ayat 159 surah al-an'am tersebut Allah memaksudkan  lakon-lakon bid'ah dalalah,  yang tafsiran ini di sokong oleh hadist riwayat imam Thabrani dari saidah Aisyah . Bahwasanya pernah seketika nabi berkata kepada Saidah Aisyah "wahai Aisyah , sesungguhnya kelompok yang memecah-belah agama mereka dan mereka (terpecah) dalam beberapa golongan adalah para lakon bid'ah dan pengikut hawa' (keinginan semata)..."

Maka pertanyaannya disaat Mazhab bukan wasail pemecahan keutuhan dan kesatuan islam, lantas apakah Mazhab dalam diri islam? Sebenarnya di saat rentetan uraian di atas rampung di baca, jelas sudah jawabannya . Bahwa "bermazhab itu adalah Rahmat ", seperti isyarat baginda dalam sabdanya " perbedaan ummatku adalah Rahmat ".

Alhasil mazhab imam yang empat nan jua yang bermazhab dengannya bukanlah pemecah melainkan "tawassu' fiddin" seperti kata ulama . Ranah yang diberi keluasan oleh syariat. Kerasnya lagi dalam menyikapi hal ini, imam sufyan ats-saury menegaskan " janganlah kalian berkata ulama telah bersilang pikir pada hal itu, melainkan ulama telah membentuk keluasan terhadap ummat pada hal tersebut". Hal itu guna tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi kaum awam bahwa seolah-olah perbedaan antar mujtahid itu berbeda tujuan dan esensi. Maka Layaklah sang imam menyikapinya dengan agak keras yang inti tujuannya adalah maslahah. Maka bermazhab adalah rahmat seperti yang telah di kemukakan, cipratan kasih tuhan kepada hambanya . Di sini tersirat bahwa agama adalah garda terdepan menyuarakan teloransi antar pemahaman. Toh memang mazhab yang ranahnya furu' syariah merupakan lumbung perbedaan dan perdebatan.

Dan intinya bermazhab lah , karna itulah Rahmat . Tentang Suara bising tetangga " tak usah bermazhab, ayolah kembali kepada kemurnian agama . Kembali kepada Al-Qur'an dan sunnah ", bolehlah tak di openi karna itulah sumbu pemicu perpecahan dalam agama yang tak di sadari . Tai berbalut plastik emas . Maka bermazhablah !!!


Referensi : 

سبب اختلاف الأقوال والأوجه

وزعم بعض من لا بضاعة عنده في الدين ولا معرفة لديه بسعته، وأنكر الأئمة ومذاهبهم أن مذاهب الأئمة تفرق دين الله تعالى تفريقا بحسب آرائهم وسبب أهوائهم، ودين الله المنزل على نبيه المرسل واحد لا تفريق فيه والله سبحانه وتعالى

يقول : إِنَّ الَّذِينَ فَرَّقُوا دِينَهُمْ وَكَانُوا شِيَعًا لَّسْتَ مِنْهُمْ فِي شَيْءٍ إِنَّمَا أَمْرُهُمْ إِلَى اللَّهِ ) . والحق أن مذاهب الأئمة ليست بتفريق بل هي توسعة في الدين وهي رحمة

للأمة، كما أشار إليه صلى الله عليه وسلم "اختلاف أمتي رحمة". قال الإمام النووي رحمه الله في شرح مسلم قال الخطابي): والاختلاف في الدين ثلاثة أقسام أحدها في إثبات الصانع ووحدانيته وإنكار ذلك كفر، والثاني: في صفاته ومشيئته وإنكارها بدعة، والثالث: في أحكام الفروع المحتملة وجوها، فهذا جعله الله تعالى رحمة وكرامة للعلماء وهو المراد بحديث "اختلاف أمتي رحمة" اهـ ).

وقال الشيخ أبو عبد الله الدمشقي رحمه الله والخلاف بين الأئمة الأعلام رحمة لهذه الأمة التي ما جعل الله عليها في الدين من حرج بل اللطف والإكرام اهـ). وقد أخرج الدارمي رحمه الله ) عن عون بن عبد الله رضي الله عنه قال: ما أحب

أن أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم لم يختلفوا، فإنهم لو اجتمعوا على شيء فتركه رجل ترك السنة، ولو اختلفوا فأخذ رجل بقول أحد أخذ بالسنة اهر (۱).

وقال الإمام الشعراني رحمه الله : إن السلف كانوا يكرهون لفظ الاختلاف ويقولون إنما ذلك توسعة خوفا أن يفهم أحد من العوام من الاختلاف خلاف المراد، وقد كان الله ) يقول: لا تقولوا اختلف العلماء في كذا سفيان الثوري رحمه

وقولوا وقد وسع العلماء على الأمة بكذا اهـ

Referensi Kitab  سبب اختلاف الأقوال والأوجه /٢٣-٢٤  


Post a Comment

0 Comments