Adab Membaca Al-quran sesuai Tuntunan Nabi



 Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa membaca Al-qur’an merupakan salah satu ibadah yang sangat besar ganjarannya. Namun disamping kita membaca Al-qur’an untuk mendapat pahala kita juga mesti memenuhi adab-adab dalam membaca al-qur’an guna kita dapat mengikuti sebagaimana cara baginda Rasulullah dalam membaca Al-qur’an sehingga disamping kita mendapat pahala membaca Al-qur’an kita juga mendapatkan pahala mengikuti sunnah Rasulullah SAW dalam membaca Al-qur’an.  

Adapun adab-adab yang harus diperhatikan bagi orang yang membaca Al-Qur'an ialah sebagai berikut:

1.Disunatkan berwudhuk sebelum membaca Al-Qur'an, karena Al-Qur'an lebih utama dari pada segala zikir. Dalam satu hadis Nabi membenci orang yang baca Al-Qur'an tidak dalam keadaan suci.


2.Disunatkan membaca Al-Qur'an ditempat yang bersih,dan yang paling utama dimesjid.Menurut satu pendapat kelompok ulama makruh hukumnya membaca Al-Qur'an dalam kamar sauna dan dijalan.


3.Disunatkan membaca Al-Qur'an membaca Al-Qur'an dalam menghadap qiblat,dengan hati yang khusy'u,tenang dan tetap anggota serta menundukkan kepala.


4.Disunatkan bersiwak sebelum membaca Al-Qur'an karena sebagai bentuk mengagungkan dan menyucikan Al-Qur'an,dalam suatu Hadis yang diriwayatkan oleh ibnu majah yang diambilkan dari Ali radhiyallahu 'anhu dan al-bazar dengan sanad yang sahih bunyinya:

إن أفواكم طرف للقران،فطيبواها بالسواك  

 artinya: Bahwa sesungguh mulut kalian itu jalan bagi Al-Qur'an,maka wangikanlah mulut kalian dengan siwak.


4.Disunatkan mendengar bacaan Al-Qur'an,tidak bersuara,maupun berbicara disaat ada yang membaca Al-Qur'an.Karena dalam Al-Qur'an Allah ta'ala berfirman:

وإذا قرئ القرأن فاستمعوا له وأنصتوا لعلكم ترحمون

Artinya: Dan apabila dibacakan Al-Qur'an,maka dengar olehmu dan diam olehmu pasti kalian mendapatkan rahmat.


5.Disunatkan sujud tilawah saat ada bacaan ayat sajadah. Adapun waktu pilihan membaca Al-Qur'an ialah dalam shalat kemudian waktu malam kemudian setengah malam yang terakhir.Adapun waktu diantara maghrib dan 'isya sangat dianjurkan,sedangkan permulan bacaan pagi hari ialah sesudah waktu subuh.


6.Waktu pilihan permulaan bacaan Al-Qur'an ialah malam jum'at,dan sepatutnya dikhatam malam jum'at.Disunatkan puasa pada khatam Al-Qur'an.Kemudian apabila selesai menamatkan Al-Qur'an hendaknya memulai dengan kembali kepada permulaan.



يستحب الوضوء لقراءة القرآن لأنه أفضل الأذكار، وقد كان الله يكره أن يذكر الله إلا على طهر، كما ثبت في الحديث، وتسن القراءة في مكان نظيف، وأفضله المسجد، وكره قوم القراءة في الحمام والطريق 

ويستحب أن يجلس مستقبلاً متخشعاً بسكينة ووقار مطرقاً رأسه ويسن أن يستاك تعظيماً وتطهيراً، وقد روى ابن ماجه عن علي رضي الله عنه موقوفاً، والبزار بسند جيد عنه مرفوعاً: إن أفواهكم طرق للقرآن، فطيبوها بالسواك .

بقية الآداب :

ويسن الاستماع لقراءة القرآن، وترك اللغط والحديث بحضور القراءة، قال تعالى: وإذا قرئ القرآن فاستمعوا له وأنصتوا لعلكم ترحمون .

ويسن السجود عند قراءة آية السجدة

قال النووي: الأوقات المختارة للقراءة، أفضلها ما كان في الصلاة، ثم الليل، ثم نصفه الأخير، وهي بين المغرب والعشاء محبوبة، وأفضل النهار بعد الصبح. ويختار لإبتدائه ليلة الجمعة، ولختمه ليلة الخميس، فقد روى ابن أبي داود عن عثمان بن عفان رضي الله عنه أنه كان يفعل ذلك، والأفضل الختم أول النهار ، أو أول الليل . 

ويسن صوم يوم الختم، أخرجه ابن أبي داود عن جماعة من التابعين، وأن يحضر أهله وأصدقاءه، أخرج الطبراني عن أنس رضي الله عنه أنه كان إذا ختم القرآن جمع أهله ودعا .

Referensi: kitab Qawa'dul asasiah hal:35-37.

Posting Komentar

0 Komentar