Google plus twitter facebook RSS feed Berlangganan
Bahtsul Masail mudi mesra

Hukum Menyewa baca zikir

Sekarang sudah menjadi tradisi dikalangan orang-orang yang dekat dengan Ulama, pada saat pesta perkawinan mengadakan pembacaan Dalail Khairat. Biasanya para pembaca Dalail tersebut diundang dari dayah terdekat. Salah satu grup Dalail yang sering diundang untung resepsi pernikahan adalah grup dalail dari Dayah MUDI MESRA. Karena hal tersebut menyita waktu dan tenaga maka ditetapkanlah ujrah kepada siapa saja yang berkeinginan memanggil grup Dalail.

Sehingga timbul pertanyaan, Bolehkah menyewa orang untuk melakukan pembacaan Dalail atau zikir yang lain?
Jawabannya Boleh

Referensi:
حاشيتا قليوبي – وعميرة
فرع : تصح الإجارة لقراءة القرآن لحي أو ميت ويحصل له الثواب إن قرأ بحضرته أو نواه بها أو أهدى له الثواب بعدها ، كأن يقول اللهم اجعل ثواب ذلك أو مثل ثوابه لفلان…………..
فرع : تجوز الإجارة على كل مسنون كالأذان والإقامة والأجرة عليهما بصفاتهما وعلى أذكار الله تعالى من غير القرآن حيث كان فيها كلفة لا على رفع صوت في ذلك ، ولا على رعاية الوقت ولا على الحيطتين كما قيل به .

حاشية الجمل كتاب التجارة
( قوله وتعليم قرآن ) وتجوز الإجارة لقراءة القرآن عند القبر أو مع الدعاء بمثل ما حصل من الأجرة له أو لغيره عقبها عين مكانا أو زمانا أو لا للميت أو المستأجر أو بحضرة المستأجر ومع ذكره في القلب حالتها كما أفاده السبكي لأن موضعها موضع بركة ونزول رحمة والدعاء بعدها أقرب إجابة وإحضار المستأجر في القلب سبب لشمول الرحمة إذا نزلت على قلب القارئ وألحق بها الاستئجار لمحض الذكر والدعاء عقبه

Share artikel ini :
Dapatkan update topik terbaru via email dengan mendaftarkan alamat email anda di form di bawah ini:

Setelah memasukkan email dan klik subscribe, cek email lalu ikuti link verifikasi.

belum ada komentar untuk Hukum Menyewa baca zikir