Zakat Sarang Walet

zakat sarang walet Salah satu usaha yang membuahkan hasil yang menggiurkan adalah usaha walet, walaupun saat ini harga sarang burung ini menurun drastis. Dengan walet, Allah telah banyak memberikan kekayaan bagi pengusaha walet. Maka salah satu topik yang sering di tanyakan adalah kewajiban membayar zakat pada hasil walet tersebut. Maka kali ini kami akan memposting hukum tentang kewajiban zakat pada sarang burung walet.

Pada masa Rasulullah SAW memang belum di temukan pemanfaatan sarang wallet, sehingga tidak akan ada hadits atau atsar shahabat yang menerangkan kewajiban zakat pada sarang wallet ataupun menafikannya. Maka untuk mengetahui wajib atau tidaknya sarang burung wallet kita harus melihat kepada beberapa komoditi lain yang juga hasil dari hewan yang telah ada pada masa Rasulullah SAW di jazirah Arab, misalnya wol, madu dan susu yang banyak di perdapatkan pada masa Nabi.
Namun tidak di temukan satu riwayatpun baik berupa perbuatan maupun perkataan Nabi yang mengisyaratkan kepada wajibnya zakat pada susu dan telur, kalau seandainya wajib pasti akan ada riwayat yang menyebutkannya sebagaimana ada riwayat Nabi yang menerangkan kewajiban zakat pada tanaman kurma dan anggur.

Kewajiban zakat hanya berlaku kepada komoditi yang memang ada nashnya dari Rasulullah SAW secara shareh atau atau isyarah. Maka kewajiban zakat tidak dapat di berlakukan secara umum kepada seluruh komoditi yang memiliki nilai produktif.

Karena ada dugaan ada hadist dan karena berpegang kepada pendapat shahabat Abu Bakar, maka Imam Syafii dalam satu riwayat dalam qaul qadim beliau berpendapat wajib zakat pada madu. Hal ini berdasarkan hadits yang menceritakan Bani Syababah memberikan madu kepada Rasulullah SAW.

عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ بَنِي شَبَابَةَ بَطْنٌ مِنْ فَهْمٍ كَانُوا يُؤَدُّونَ إِلَى رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ نَحْلٍ كَانَ عَلَيْهِمُ الْعُشْرَ مِنْ كُلِّ عَشْرِ قِرَبٍ قِرْبَةً…

Di riwayatkan dari Amr bin Syu`aib dari bapak beliau dari kakek beliau; sesungguhnya Bani Syababah – satu marga dari faham (yang menempati daerah Thaif) memberikan kepada Rasulullah SAW madu sebanyak satu qirbah dari sepuluh qirbah yang mereka miliki. (H.R. Abu Daud dan Baihaqi)

Namun hadits ini di anggap dhaif oleh para ulama, kalaupun di anggap shahih, pemberian tersebut bukanlah atas nama zakat tetapi hanyalah pemberian shadaqah tathawu`, atau pemberian sebagai imbalan karena Rasulullah SAW memberikan hak khusus untuk mengelola wadi Salbah. Pada masa Saidina Umar, mereka tidak lagi menyerahkan madu kepada Saidina Umar karena hak pengelolan lembah tersebut beliau cabut dari mereka. Ini membuktikan bahwa pemberian madu oleh Bani Syababah kepada Nabi merupakan imbalan atas hak pengelolaan lembah tersebut. Karena kalau seandainya wajib zakat pada madu pasti Saidina Umar akan memerintahkan untuk mengambilnya walaupun mereka tidak lagi mengelola lembah salabah.

Namun dalam qaul Jadid nya, Imam Syafii merujuk pendapat beliau tentang kewajiban zakat pada madu, karena semua hadits dan atsar shahabat yang mengisyaratkan kewajiban zakat pada madu adalah hadits dhaif. Selain itu dalam qaul jadid, mazhab Shahabat tidak dapat di jadikan hujjah. Maka hal ini di kembalikan kepada asal yaitu tidak di wajibkan zakat kecuali pada barang yang ada tersebut dalam nash.

Kesimpulannya, sarang wallet tidak di kenakan kewajiban zakat

karena tidak ada nash yang menerangkan kewajibannya baik secara shareh maupun secara qiyas, karena kewajiban zakat hanya berlaku pada komoditi yang tersebut dalam nash atau kepada komoditi lain yang dapat di qiyaskan kepada komoditi yang ada dalam nash.

Referensi:
1. Abu Ishaq asy-Syirazi- Muhazzab jld 1 hl 214 Dar Fikr

 واختلف قوله في العسل (فقال في القديم) يحتمل ان تجب فيه ووجهه ما روي أن بني شبابة - بطن من فهم - كانوا يؤدون إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم من نحل كان عندهم العشر من عشر قرب قربة
 (وقال في الجديد) لا تجب لأنه ليس بقوت فلا يجب فيه العشر كالبيض

2. Imam Nawawi-Majmuk Syarah Muhazzab jld7 hl 7 Dar Kutub Ilmiyah

 قال البيهقي وحديث معاذ ابن جبل وأبي موسى الأشعري رضي الله عنهما أعلى وأولى أن يؤخذ به يعني روايتهما إن النبي صلى الله عليه وسلم قال لما لما بعثهما إلى اليمن " لا تأخذا في الصدقة إلا من هذه الأصناف الأربعة الشعير والحنطة والتمر والزبيب " (وأما) المذكور عن ابن عباس فضعيف أيضا والأثر المذكور عن أبي بكر الصديق رضي الله عنه ضعيف أيضا ذكره الشافعي وضعفه هو وغيره واتفق الحفاظ على ضعفه واتفق أصحابنا في كتب المذهب على ضعفه
 قال البيهقي ولم يثبت في هذا إسناد تقوم به حجة قال والأصل عدم الوجوب فلا زكاة فيما لم يرد فيه حديث صحيح أو كان في معنى ما ورد به حديث صحيح
(وأما) حديث بني شبابة في العسل فرواه أبو داود والبيهقي وغيرهما من رواية عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده بإسناد ضعيف قال الترمذي في جامعه لا يصح عن النبي صلى الله عليه وسلم في هذا كبير شئ فقال البيهقي قال الترمذي في كتاب العلل قال البخاري ليس في زكاة العسل شئ يصح فالحاصل أن جميع الآثار والأحاديث التي في هذا الفصل ضعيفة

3. Imam Nawawi-Majmuk Syarah Muhazzab jld7 hl 7 Dar Kutub Ilmiyah

(وأما) العسل ففيه طريقان (أشهرهما) وبه قال المصنف والا كثرون فيه القولان (الصحيح) الجديد لا زكاة (والقديم) وجهان (والثاني) القطع بأن لا زكاة فيه وبه قطع الشيخ أبو حامد والبندنيجي وآخرون ومن الأصحاب من قال لا تجب في الجديد وفي القديم قولان والمذهب لا تجب لعدم الدليل على الوجوب قال أصحابنا والحديث المذكور ضعيف كما سبق قالوا ولو صح لكان متأولا ثم اختلفوا في تأويله فقيل يحمل على تطوعهم به وقيل إنما دفعوه مقابلة لما حصل لهم من الاختصاص بالحمى ولهذا امتنعوا من دفعه إلى عمر رضي الله عنه حين طالبهم بتخلية الحمى لسائر الناس


Post a Comment

0 Comments