Kamus arab indonesia mutarjim dan al munawwir untuk android

Kamus arab indonesia mutarjim dan al munawwir
Salah satu aplikasi yang mendukung kegiatan kami  membangun weblog Bahtsul Masail ini adalah kamus arab indonesia, karena semua tulisan tentang hukum yang kami muat disini bersumber dari kitab-kitab muktabarah yang maksudnya tidak kita pahami melainkan mengerti arti kosa kata arab terlebih dahulu.
Nah kali ini kami akan berbagi dua kamus arab indonesia yang biasa kami gunakan di android untuk anda yang mengunakan smartfon maupun tablet android, yaitu:

1. al munawwir arab indonesia
Kamus Al-Munawwir merupakan sebuah kamus bahasa Arab-Indonesia yang merupakan kamus bahasa Arab terlengkap, paling tebal dan legendaris di Indonesia. Kamus ini telah banyak digunakan oleh para penuntut ilmu (thullabul Ilmi) untuk mengetahui arti kosakata Arab ke dalam bahasa Indonesia juga sebagai acuan pada bendahara kosakata terjemahan kitab kuning. Kamus ini termasuk kategori best seller, karena telah dicetak berulangkali dan dicetak sekitar 10 ribu-15 ribu eksemplar pertahun.
Untuk melengkapinya kamus ini kemudian diikuti edisi Indonesia-Arab-nya.

KH. Ahmad Warson MunawwirKamus setebal 1634 halaman ini disusun oleh KH. Ahmad Warson Munawwir (w. 2013 M), pengasuh Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kamus ini merupakan di antara peninggalan keilmuan KH Ahmad Warson yang juga murid dari KH Ali Maksum pengasuh awal Ponpes Krapyak setelah ditinggal pendirinya KH M Moenawir pada bulan Juli 1942.

Sejak kecil KH Ahmad Warson dididik oleh KH Ali Maksum, dan di antara beberapa muridnya, KH Ahmad Warson memiliki kelebihan tentang perbendaharaan bahasa, sehingga dia didorong gurunya untuk mewujudkan kamus ini. Berkat dorongan dari Kyai Bisri Mustofa dari Rembang, karya kamus pun akhirnya selesai. (id.wikipedia.org)

sebelumnya kami pernah memposting tentang kamus Arab-Indonesia ini ditulisan kami Donwload Gratis Kamus Arab-Indonesia Al Munawir Digital, namun kamus tersebut bukan untuk android, melainkan untuk pc,
pada kali ini kami akan menshare kamus al munawwir yang bisa  digunakan di perangkat android, atau lebih tepatnya ingin berbagi bagaimana cara menggunakan kamus al munawwir di android, karena sebenarnya sama saja dengan al munawwir yang kita gunakan untuk pc, hanya saja kalau dipc kita mengunakan WinDjvu untuk bisa membuka file al-munawwir.djvu, sedangkan di android kita juga menggunakan file yang sama, hanya saja kita membutuh aplikasi lain yang bisa membuka file djvu di android, jadi kalau sebelumnya pernah mendownload file al-munawwir.djvu, kita tak perlu lagi mendownlodnya, kalo belum silahkan download dulu pada postingan kami sebelumnya.

EBookDroidsetelah file al-munawwir.djvu berada di perangkat android, kunjungi play store untuk mendownload aplikasi yang bisa membuka file djvu, kami lihat ada banyak aplikasi yang tersedia , anda bisa mecarinya dengan kata kunci seperti djvu reader, salah satunya EBookDroid - PDF & DJVU Reader, aplikasi ini bisa membuka berbagai macam format ebook termasuk djvu, klik disini untuk mendownload EBookDroid, setelah download, buka aplikasinya dan langsung akan menscan semua direktori memori android dan akan menemukan file al-munawwir.djvu bila sebelumnya telah menyimpannya didirektori memori android anda.
kekuranganya setelah kami coba adalah hanya bisa mencari kosa kata indonesia dan tidak bisa mencari kosa kata arab, namun kita bisa mencari secara manual seperti menggunakan kamus cetakan dengan cara  melompat ke huruf awal kata yang ingin dicari terlebih dahulu dengan cara memilih menu yang ada di sudut atas kanan lalu memilih go to.
berikut screenshotnya:

screenshot al munawwir di android    screenshot al munawwir di android    screenshot al munawwir di android



Kamus arab indonesia mutarjim
screenshot Kamus arab indonesia mutarjim2. Kamus mutarjim
kamus yang sebelumnya bernama "Ali Kamus Arab Indonesia" ini memiliki database 15973 kata dan sangat user-friendly, kita bisa mencari kosa kata arab dan indonesia, dan pencariannyapun sangat mudah, kita bisa mencari apapun kosa kata bahasa arab tampa perlu mengetahui dasar fi'il madhi, untuk mendownload aplikasi Kamus arab indonesia mutarjim ini, klik disini.
atau langung kunjungi blog pembuatnya blog.ali-software.com untuk melihat video bagaimana cara menginstal dan menggunakanya di android.

Post a Comment

12 Comments

  1. syukron...sungguh bermanfaat sekali..semoga berkah

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak
    Saya memang sudah lama cari kamus arab indo untuk android, dan alhamdulillah skrg saya sudah bisa memasang kamus itu d android saya berkat postingannya
    Sekali lagi terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, syukran atas kunjungannnya,,semoga bermanfaat

      Delete
  3. Ass bgaimna cara mendownload kamus bahasa arabnya?

    ReplyDelete
  4. terima kasih... sangat membantu saya sebagai seorang pelajar yang ingin mendalami ilmu bahasa arab..

    ReplyDelete
  5. Ustadz, kalo kamus yang di dalamnya terdapat perubahan kata dari tunggal ke ganda dan jamak apa yang terbaik? syukron..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk yang terbaik belum bisa kami jawab dengan pasti juga

      Delete